Candi di Jogja yang Berukuran Kecil, Arsitektur Kerennya Tetap Mengagumkan

Advertisement

Jogja menyimpan sejuta keindahan baik budaya maupun pesona alamnya. Wisatawan yang berkunjung ke sini pasti meninggalkan jejak romantis di setiap langkah. Katanya, Kota Gudeg tercipta dari rindu. Sudut-sudutnya seakan membius siapapun yang datang. Termasuk keindahan candi berukuran mungil dengan arsitektur kerennya. Apa saja candi di Jogja berukuran mungil ini? Yuk, rangkuman dari Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah berikut.

Candi Gebang

Candi Gebang
Candi Gebang via instagram/@jogjainfo

Di utara Jogja, sekitar 11 kilometer dari pusat kota terdapat Candi Gebang. Bangunan bersejarah yang berlokasi di daerah Condongcatur, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman tersebut ditemukan pada tahun 1936. Ukuran Candi Gebang 5,25 m x 25,25 m dan tinggi 7,75. Tak terlalu besar tapi membuat siapapun terkesan saat melihatnya. Apalagi area sekitar candi yang masih begitu asli. Saat sore hari, area candi ini ramai dikunjungi warga setempat bahkan wisatawan dari luar kota. Sebagian besar melepas penat atau sekedar bermain bersama anak-anak. Untuk memasuki Candi Gebang cukup merogoh kocek Rp2.000.

Candi Sari

Candi Sari
Candi Sari via instagram/@wahwahid

Jika Teman Traveler melewati Jalan Solo-Jogja, singgahlah ke Candi Sari. Lokasinya tak jauh dari jalan raya, tepat di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Sleman. Ukuran candi ini tidak terlalu besar, yaitu sekitar 17,30 m x 10 m dengan tinggi mencapai 18 m. Objek wisata yang dibangun sejak abad ke-8 Masehi ini masih terawat dengan baik meskipun umurnya telah mencapau ratusan tahun.

Berniat melihat lebih Candi Sari lebih dekat? Teman Traveler bisa langsung mampir ke kawasan bangunan bersejarah ini. Selain untuk mencari tahu pengetahuan tentang candi, bisa juga berswafoto di kawasan ini. Tak perlu khawatir, harga tiket masuknya tak menguras isi dompet kok.

Candi Kalasan

Candi Kalasan
Candi Kalasan via instagram/@doyantravel44

Lokasi Candi Kalasan tak jauh dari Candi Sari. Hanya selemparan batu saja, karena lokasi dua candi mungil ini hanya dipisahkan jalan raya. Secara arsitektur kedua candi tersebut memang memiliki kemiripan. Namun secara ukuran agak besar Candi Kalasan. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pahatan Candi Kalasan cukup mengeluarkan biaya parkir saja. Di sekelilingnya, pengunjung akan dimanjakan rerumputan hijau serta rindangnya suasana sekitar candi.

Nah, meskipun candi di Jogja ini tak semegah Prambanan dan Borobudur, tapi tetap memikat pengunjung. Buktinya pengunjung lokal maupun mancanegara tetap antusias menikmati keindahan dengan menagabadikan momen lewat swafoto serta menambah ilmu sejarah dari candi-candi mungil tersebut. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja wisata jogja Yogyakarta
Share