Begini Ramahnya Borobudur untuk Wisata Ibu dan Anak, Anti Rewel

Liburan sendiri itu sangat berbeda dengan berangkat bersama dengan keluarga. Apalagi jika kamu adalah seorang ibu yang memiliki balita. Jiwa petualangmu mungkin akan terkekang dan kamu jadi berpikir dua kali untuk liburan. Takut jika nanti si anak akan rewel dan malah merepotkan. Jika yang kamu tuju adalah destinasi ramah ibu dan anak seperti Candi Borobudur, kamu tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa hal berikut ini.

1. Tersedia Persewaan Stroller

Stroller di Candi Borobudur
Stroller di Candi Borobudur Via Kompas

Area Borobudur itu luas dan terbagi menjadi beberapa kawasan. Jika kamu harus menggendong bayi keliling candi buatan dinasti Sailendra tersebut jelas akan melelahkan. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan persewaan stroller yang harganya Rp50.000 untuk sekali sewa. Kamu bisa jalan-jalan dengan lebih santai ditemani suami. Manis sekali bukan?

2. Area yang Luas dan Sejuk

Area Candi Borobudur
Area Candi Borobudur Via Pojoksatu.id

Anak kecil tentu senang sekali bermain di taman yang luas dan sejuk. Dan Borobudur punya semua itu. Si kecil bisa bebas berlarian menikmati segarnya hembusan alam. Kamu pun akan lebih mudah mengawasinya bahkan juga ikut bermain sambil mengajarkan tentang budaya dan lingkungan.

3. Terdapat Museum Sebagai Sarana  Belajar

Museum Kapal
Museum Kapal via Magelang Online

Candi Borobudur adalah destinasi wisata yang memesona dan lengkap. Jika kamu ke sini bersama si kecil, ajak juga dia ke Museum Kapal yang letaknya masih dalam satu kawasan dengan candi Budha tersebut. Di dalamnya ada replika-replika kapal yang pernah digunakan di Nusantara, peninggalan kerajaan-kerajaan kuno Jogja, dan informasi untuk mempelajari sejarah Indonesia.

4. Ajak Si Kecil Nonton Film 4 Dimensi

Simulator 4D
Simulator 4D Via sejongbio.info

Borobudur semakin keren dengan fasilitas seperti bioskop mini empat dimensi. Pengunjung dari anak-anak hingga dewasa bisa memanfaatkan simulator tersebut untuk melihat film-film berdurasi pendek. Efek-efek 4D membuat pengunjung seolah-olah ikut mengalami kejadian di film tersebut.

Borobudur adalah kebanggaan yang dimiliki Indonesia. Sebuah bukti bahwa bangsa ini sangat berbudaya dan ramah untuk segala kalangan wisatawan. Termasuk untuk para ibu yang liburan dengan buah hatinya.

Tags
Candi Borobudur Indonesia Jawa Tengah Magelang
Share