Camoi Aek Biru, Danau Eksotis di Bangka Bak Langit yang Jatuh ke Bumi

Meledaknya film Laskar Pelangi di tahun 2008 membuat Belitung dibanjiri oleh wisatawan. Selain pantai eksotisnya, tidak sedikit yang jatuh cinta dengan Danau Kaolin. Objek wisata yang dulunya merupakan bekas tambang. Tak hanya di Belitung, keindahan bak langit yang jatuh ke bumi tersebut juga dapat ditemui di Bangka. Penasaran dengan pesonanya kan? Simak yuk!

Si Cantik Bernama Camoi Aek Biru

Danau Koba Bangka
Danau Koba Bangka [image source]
Namanya Camoi Aek Biru atau juga dikenal dengan Danau Biru. Letaknya berada di Desa Air Bara, Koba. Seperti Kaolin, objek wisata satu ini memiliki air berwarna biru langit. Ketika cuaca tengah cerah, keindahannya makin menakjubkan. Baik langit atau pun air danau seakan bersatu dan tak bisa dibedakan.

Danau Biru Koba
Danau Biru Koba [image source]

Bekas Tambang yang Hits di Sosial Media

Keindahan Danau Koba
Keindahan Danau Koba [image source]
Bangka dan Belitung merupakan salah satu kawasan yang menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia. Tak heran jika banyak sekali area bekas tambang yang kini terbengkalai. Salah satunya Danau Biru yang kini menjelma menjadi permata cantik di tengah Pulau Bangka. Selain menawarkan air berwarna biru, kamu wajib melihat kokohnya batuan kapur yang eksotis.

Objek Wisata Bekas Tambang Timah
Objek Wisata Bekas Tambang Timah [image source]

Tempat Asyik untuk Bersantai Hingga Senja

Bebatuan kapur di sekitar danau biru
Bebatuan kapur di sekitar danau biru [image source]
Meski cukup populer di sosial media, bukan berarti objek wisata di Bangka ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas. Hingga artikel ini ditulis, belum ada sarana untuk menunjang aktivitas liburan di sini. Begitu pula dengan wahana yang ditawarkan. Namun, hanya duduk di batuan kapur saja kamu bakalan betah lama-lama liburan di sini.

Pesona danau biru yang menakjubkan
Pesona danau biru yang menakjubkan [image source]

Akses Lokasi yang Bikin Adrenalin Terpacu

Danau di Koba Bangka Tengah
Danau di Koba Bangka Tengah [image source]
Untuk sampai di danau ini cukuplah mudah. Dari Bandara, kamu hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Memang di beberapa titik terdapat jalanan terjal, namun kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan air biru berkilau ini. Apalagi, lokasinya juga dekat dengan pemukiman warga.

Camoe Aer Biru
Camoi Aek Biru [image source]
Bagaimana, liburan ke Bangka tak hanya berkunjung ke pantai-pantai eksotisnya saja kan? Danau biru atau Camoi Aek Biru juga bisa menjadi rekomendasi. Jangan lupa pula mencicipi jajanan khas kota ini seperti Es Ayong.

Tags
Bangka bangka belitung Indonesia
Share