Segarnya Es Ayong, Kuliner 70-an Bangka yang Hits Hingga Kini

Advertisement
Advertisement

Bangka dikenal sebagai pulau yang memiliki keindahan alam menakjubkan. Bebatuan kece makin menawan dengan deburan ombak di lautan. Tak hanya itu, ada satu lagi yang wajib kamu tahu sebelum liburan ke pulau eksotis ini. Apalagi kalau bukan Es Ayong, kuliner wajib untuk mendinginkan cuaca panas. Penasaran dengan bentuk dari es satu ini?

Es Kacang Merah Segar Racikan Ayong

Es Ayong, Minuman menyegarkan di Bangka
Es Ayong, Minuman menyegarkan di Bangka [image source]
Ayong berasal dari nama pemilik kedai di Jalan Jelutung, Pangkal Pinang, Pasar Lama. Menu utama yang ditawarkan oleh warung ini sendiri adalah es kacang merah yang pas banget disantap saat siang hari. Berbeda dengan lainnya, kuliner menyegarkan satu ini diracik tanpa menggunakan sirup. Namun, tetap manis dengan siraman susu kental di atasnya.

Es kacang merah yang melegenda
Es kacang merah yang melegenda [image source]

Serutan Es Batu yang Lembut di Lidah

Serutan es batu yang lembut
Serutan es batu yang lembut [image source]
Satu porsi es ayong memiliki isian beragam. Ada cincau, cendol, kolang-kalong, kacang merah, tape singkong dan kelapa muda yang tersaji di dalam mangkok kecil. Menariknya, serutan es batunya begitu lembut ketika sampai di lidah. Sementara kacang merah dimasak sempurna lalu ditambah susu kental dan sedikit santan. Rasa manis dan menyegarkan dari minuman ini patut dicoba.

Serutan es di Es Ayong
Serutan es di Es Ayong[image source]

Kuliner Istimewa Sejak Era 70an

Kuliner legendaris di Bangka
Kuliner legendaris di Bangka [image source]
Kepopuleran dari dari es ayong ini tidak hanya karena cita rasanya. Namun juga lamanya es ini memanjakan penikmat jajanan khas Bangka. Kuliner yang menjadi obat mujarab untuk mendinginkan udara panas ini sudah ada sejak tahun 1974. Meski usianya hampir setengah abad, rasa yang tersaji tak pernah berubah.

Lezatnya es ayong, bangka
Lezatnya es ayong, bangka [image source]

Menu Pas Bersanding Es yang Menyegarkan

Mie Ikan di Warung Es Ayong
Mie Ikan di Warung Es Ayong [image source]
Bukan hanya es ayong, warung sederhana yang bisa menampung 30 orang ini juga menawarkan beberapa menu menggiurkan lainnya. Ada es kelapa, es alpukat dan es campur yang nikmatnya tiada tara. Di sini, kamu juga bisa sekalian memesan menu lain dari warung sebelah seperti pempek, mie kuah hingga tahu campur. Tak perlu khawatir, harga tak bikin kantong bolong.

Mie Kuah di Warung Es Ayong
Mie Kuah di Warung Es Ayong [image source]
Bangka tak hanya menarik dengan keindahan pantainya saja kan? Kulinernya pun wajib kamu coba. Yuk, buruan liburan ke pulau eksotis satu ini.

Advertisement
Tags
Bangka bangka belitung Indonesia kuliner Pangkal Pinang
Share