Burayot Garut, Camilan Bercita Rasa Manis Nan Legit Wajib Bawa Pulang Untuk Oleh-Oleh

Advertisement

Rasanya tak lengkap bila menikmati kota lain namun tidak membawa oleh-oleh. Nah, kaum traveler pastinya sudah tahu dong apa yang harus dibawa ketika berkunjung ke Kota Garut? Dari sekian banyak oleh-oleh khas Garut diantaranya dodol juga tersedia Burayot. Makanan satu ini memiliki sajian unik dan nikmat dari tanah Garut berasa manis dan legit. Apalagi disajikan dengan segelas teh hangat sembari menikmati santainya sore hari.

Burayot adalah camilan yang buming di tanah Garut Jawa Barat
Burayot adalah camilan yang buming di tanah Garut Jawa Barat. Foto via foodnesia.com

Burayot adalah camilan berbahan dasar dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah, minyak kelapa, dan kacang tanah. Untuk kacang tanah diproses dengan cara disangrai kemudian ditumbuk hingga halus. beberapa bahan yang sudah halus ini kemudian dicampurkan dengan gula merah yang sudah dicairkan. Bila sudah adonan merata maka waktunya untuk dicetak sesuai selera, dilanjutkan dengan menggoreng adonan hingga bewarna kuning kecoklatan tanda sudah mulai diangkat dan ditiriskan.

Paling nikmat burayot ini disajikan dengan segelas teh hangat atau kopi panas
Paling nikmat burayot ini disajikan dengan segelas teh hangat atau kopi panas. Foto via burayotsimadu.com

Sejarah camilan satu ini memang tergolong unik. Lantaran bentuknya mirip dengan seblak dimana sudah biasa dibuat oleh warga pribumi ketika masa penjajahan Belanda. Ada juga yang berpendapat bahwa nama Burayot didapatkan dari proses pembuatannya dimana ketika menggoreng dan mulai meniriskan menggunakan tusukan bambu. Karena kue ini terlihat lembek, jadi ketika diangkat menggunakan penusuk bambu, badan kue akan terlihat ngaburayot. Dari sinilah nama Burayot selalu terdengar populer.

Burayot dikemas dengan cantik didalam besek
Burayot dikemas dengan cantik didalam besek . Foto via khatulistiwaupdate.com

Biasanya camilan satu ini sering didapatkan ketika ada acara resepsi pernikahan atau acara perkumpulan lainnya. Burayot juga terbentuk dari nama bahasa Sunda “bergelantungan”. Sesuai namanya membuat bentuk dari camilan ini sangat unik. kue Buroyat ini berbentuk lonjong membulat pada bagian bawahnya.

tentang kue atau camilan Burayot dari Garut
tentang kue atau camilan Burayot dari Garut. Foto via twitter.com

Nah, penasaran kan dengan sajian kue burayot ini? Makanan asli Kabupaten Garut dan lebih tepatnya di Kecamatan Kadungora, Garut ini menyajikan dibeberapa toko seperti Toko Burayot The Legendary Cookis From Garut yang berlokasi di Jalan Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Garut. Ada lagi resto yang menyajikan Burayot ini adalah Burayot Simadu Rancabango yang beralamat di Jalan Otista No. 182 Tarogong, Garut.

proses penggorengan Burayot dengan minyak goreng dan ditiriskan dengan cara diganrtung
proses penggorengan Burayot dengan minyak goreng dan ditiriskan dengan cara diganrtung. Foto via statusjabar.com

Nah untuk harganya kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera. Untuk harganya kisaran mulai dari Rp. 10.000 hingga prosi besar seharga Rp. 20.000 saja.

Advertisement
Tags
Kuliner Nusantara Oleh-oleh Wisata Kuliner
Share