Panbil Nature Reserve, Liburan Kembali ke Alam di Batam yang Dipadukan dengan Wisata Edukasi

Advertisement

Bosan melihat gedung pencakar langit dan ratusan kendaraan yang terjebak macet? Berwisata di alam melihat pepohonan dan hewan mungkin bisa menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran dan melupakan sejenak rutinitas di perkotaan. Salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam adalah Panbil Nature Reserve.

Wisata alam yang berada di Batam, Kepulauan Riau, ini sedang naik daun lantaran menggabungkan wisata alam dan edukasi. Ada banyak aktivitas dan fasilitas yang bisa kamu nikmati bersama keluarga tercinta. Yuk simak ulasan lengkap Panbil Nature Reserve berikut ini!

Berinteraksi dengan Fauna di Panbil Nature Reserve

Wisata di Batam
Foto via Instagram

Setelah pintu masuk, kamu akan disambut dengan beberapa koleksi hewan di kebun binatang. Wisata seluas 200 hektar ini memiliki taman kelinci, kubah merak albino, paviliun burung, dan kolam ikan koi terbesar di Batam. Kamu bisa memberi makan kelinci, burung dan reptil dengan membayar paket Rp150.000 untuk berinteraksi dan memberi makan semua hewan di kebun binatang.

Panbil Nature Reserve
Foto via Instagram

Taman wisata ini juga kerap menjadi pilihan untuk foto prewedding. Di hari biasa, paket foto prewedding dibanderol seharga Rp750.000 dan di hari libur senilai Rp1 juta. Dengan membayar paket tersebut, kamu bisa mengakses selulruh wahana di Panbil Nature Reserve dan mendapatkan pemandu untuk menuju ke hutan. Paket tersebut berlaku untuk empat orang.

Trekking menuju mata air hingga penangkaran rusa

Panbil Nature Reserve
Foto via Instagram

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajah hutan dan melihat keberagaman flora dan fauna dengan mengikuti paket trekking yang disediakan oleh pengelola. Saat menjelajah, kamu akan dipandu oleh pemandu yang akan menjelaskan flora endemik dan fauna yang ada di kawasan hutan. Di dalam hutan, kamu akan menemukan mata air yang sejuk. Suara burung dan desiran angin akan membuat kamu seakan menyatu dengan alam.

Panbil Nature Reserve
Foto via Instagram

Ada Premium Trekking seharga Rp200.000 dengan durasi tiga hingga empat jam. Kamu juga bisa memilih Soft Trekking seharga Rp150.000. Setelah puas menyusuri hutan, pemandu akan mengajakmu ke penangkaran rusa. Kamu bisa memberi makan dan berfoto bersama rusa-rusa yang menggemaskan.

Menikmati kuliner nusantara di Zona Artrium

Wisata di Batam
Foto via PanbilNatureReserve

Seharian bermain bersama satwa dan menjelajah hutan, pasti membuat kamu lapar. Namun tak perlu khawatir, Panbil Nature Reserve memiliki The Atrium yang menyediakan kuliner nusantara yang lezat, seperti Plaza Soto, Amati Coffee, Meat House, Pempek, dan Pempek Kolecta. Tak hanya makanan berat, ada Edelweiss Fine Bakery yang menyajikan roti hangat.

Wisata di Batam
Foto via PanbilNatureReserve

Duduk melihat taman hijau sambil menikmati roti dan secangkir kopi di The Atrium adalah aktivitas favorit para wisatawan. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh, Edelweiss Supermarket menyediakan berbagai produk camilan lokal dan impor. Jam buka supermarket ini mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Lokasi, jam operasional, HTM, dan rute Panbil Nature Reserve

Wisata di Batam
Foto via PanbilNatureReserve

Panbil Nature Reserve berada di Jalan Ahmad Yani, Muka Kuning, Batam. Hari Senin –-Jumat, tempat wisata ini dibuka pukul 10.00 – 18.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu – Minggu atau hari libur, dibuka pukul 09.00 – 18.00 WIB. Wisatawan yang berkunjung di hari biasa dikenakan tiket masuk seharga Rp5.000 per orang dan di hari libur, wisatawan harus membayar Rp 10.000.

Wisata di Batam
Foto via TheSmartLocal

Jarak Panbil Nature Reserve hanya 5,8 km dari Halte Trans Batam. Dari halte tersebut, langsung ke arah barat menuju Jalan Engku Putri Utara. Saat tiba di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jalan Ahmad Yani. Kemudian lurus dan kamu akan menemukan petunjuk arah menuju Panbil Nature Reserve.

Kehadiran Panbil Nature Reserve adalah inovasi baru bagi Batam yang selama ini didominasi oleh pusat perbelanjaan dan wisata pantai. Wisata lokal mapun asing memiliki pilihan tempat wisata baru bernuansa hutan saat berkunjung ke Batam. Saat ini pihak pengelola sedang menambah zona wisata baru seperti area glamping dan peternakan kuda.

Advertisement
Tags
batam Panbil Nature Reserve Panbil Nature Reserve Eco Edu Park Wisata alam edukasi
Share