Manisnya Bulukat Kuah Tuhe, Kolak Asal Aceh yang Enaknya Tak Terelakkan

Isti

Isti

On Indonesia
Kolak Aceh Kolak Aceh

Sudah pernah liburan ke Aceh? Destinasi wisata di sini sangat mengagumkan, begitu pula kulinernya yang tak pernah gagal menggoyang lidah. Sebagian besar merupakan menu tradisional yang hingga kini masih dipertahankan. Salah satunya, Bulukat Kuah Tuhe yang merupakan kuliner khas Aceh dengan sejuta rasa. Penasaran apa keunikan dari kuliner di Aceh ini? Cari tahu yuk!

Jajanan Favorit Saat Ramadan

Kolak pisang di Aceh
Kolak pisang di Aceh via instagram/@rahmaniar.r

Bulukat Kuah Tuhe merupakan kuliner kuah enak yang tak jauh beda dengan kolak. Beberapa orang juga mengenalnya dengan kolak pisang Aceh. Sajian ini sebenarnya mudah ditemukan di pusat kota. Namun, kehadirannya melimpah saat masuk bulan Ramadan. Biasanya Bulukat Kuah Tuhe ini dijadikan menu takjil sebelum menyantap makanan utama.

Isian Kolak yang Menggiurkan

Menu Istimewa di Aceh
Menu Istimewa di Aceh via instagram/@alaikaabdullah

Menu takjil ini sebenarnya memiliki keunikan dibandingkan kolak pisang pada umumnya. Bulukat Kuah Tuhe terbuat dari santan, potongan pisang, potongan nangka, gula serta daun pandan. Pisang yang digunakan bukan sembarangan, melainkan klat barat atau sejenis pisang raja. Rasanya tentu saja nendang. Apalagi disajikan saat masih hangat.

Campuran Ketan Rasa Istimewa

Bulukat atau ketan di kolak pisang
Bulukat atau ketan di kolak pisang via instagram/@dapu_emka

Keunikan lain dari kolak pisang khas Aceh adalah campuran ketan di dalamnya. Tak dimasak menjadi satu, ketan tersebut diolah terpisah dengan menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya. Cita rasanya manis, gurih, dan legit. Sangat pas saat disantap dengan kuah tuhe hangat. Selain itu, beberapa juga menyajikan bersama putu mayam. Ketika disajikan, Bulukat Kuah Tuhe memiliki tekstur unik. Tidak terlalu encer dan memiliki warna putih yang pucat. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan tidak memakai gula merah.

Menu Wajib di Acara Adat

Kuah Tuhe
Kuah Tuhe via instagram/@tapetimpan

Kuliner di Aceh dengan kuah menyegarkan ini tak hanya ditemukan saat Ramadan. Hampir di setiap acara adat dan kenduri masyarakat Aceh, Bulukat Kuah Tuhe tak pernah terlupakan. Sebenarnya, kolak pisang khas tersebut memiliki makna simbolis yaitu, sebagai sajian makanan yang dapat mendatangkan berkah, mendatangkan berkat dan menghindari kemurkaan tokoh kharismatik pada masanya.

Nah, itulah sedikit cerita tentang Bulukat Kuah Tuhe, kuliner di Aceh yang enaknya tak terelakkan. Bagaimana, sudah ada rencana untuk liburan ke ujung barat Indonesia ini? Jangan lupa, sekalian menjelajah pantai-pantainya yang eksotis.