Wisata Bukit Ongakan di Tubuh Gunung Kelud Kediri, Pesona Alam Surgawi

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Bukit Ongakan Kediri Bukit Ongakan Kediri

Alam Indonesia dikenal dunia memiliki panorama yang sangat cantik dan asri. Dan kecantikan alam ini hampir ada di setiap daerah. Tidak terkecuali dengan alam di Kediri yang menyimpan beragam keindahan. Salah satu keindahan alam di Kediri yang bisa bikin orang kembali lagi adalah wisata Bukit Ongakan. Merupakan wisata alam yang dipadukan dengan ragam spot Instagenic. Seindah apa? Yuk lihat lebih dekat.

Hasil Erupsi Gunung Kelud Tahun 2014

Wisata Bukit Ongakan, Via instagram/onnyiman
Wisata Bukit Ongakan, Via instagram/onnyiman

Bisa dibilang, Bukit Ongakan atau yang disebut juga dengan Bukit Kura-kura Ongakan ini muncul setelah erupsi Gunung Kelud yang terjadi pada pertengahan Februari 2014. Rupa-rupanya, erupsi ini menyisakan sejumlah keindahan alam yang begitu eksotis.

Wisata ini berada di ketinggian 860 meter di atas permukaan laut. Lokasinya begitu sejuk dan masih sangat alami. Tepatnya berada di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Secara geografis, jarak tempat wisata ini kurang lebih 37 kilometer dari pusat pusat pemerintahan Kabupaten Kediri.

Daya Tarik dari Bukit Ongakan di Kediri

Panorama yang begitu memikat, Via Instagram/yuanita_mazaya
Panorama yang begitu memikat, Via Instagram/yuanita_mazaya

Daya pikat utama Bukit Ongakan di Kediri ini adalah alamnya yang sangat istimewa. Areal pengunungan membuat lokasinya jadi asri dan sejuk. Ditambah lagi banyak spot Instagenic yang bisa dibidik. Ada gardu pandang, pohon cinta dan masih banyak lagi yang lainnya. Fasilitas di ini juga sudah cukup memadai, ada area parkir, gazebo, musholla, warung makan, toilet, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pemandangan Bukit Ongakan, Via Instagram/onnyiman
Pemandangan Bukit Ongakan, Via Instagram/onnyiman

Hal-hal lainnya yang ditawarkan adalah panorama Bukita Ongakan, Air Terjun Gajah Mungkur dan tak ketinggalan juga Tebing Parang Putih. Ada pula Hutan Pinus di Bukit Ongakan yang bisa untuk dibidik keindahannya. Lokasi ini memang jadi salah satu favorit para wisatawan atau pengunjung untuk foto-foto.

Harga Tiketnya

Alam sekitar yang asri, Via Instagram/whyborn__
Alam sekitar yang asri, Via Instagram/whyborn__

Buat Teman Traveler yang tertarik untuk bisa sepuasnya befoto di Bukit Ongakan, tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Biaya masuk ke dalamnya hanya Rp 5.000, lalu parkir motor Rp 3.000, dan mengabadikan foto di Pohon Cinta dibanderol Rp 2.500. Jika membawa kendaraan roda empat akan ditarik restribusi sebesar Rp 20.000 per September 2018 ini. Jam buka wisata ini jam 6 pagi hingga 5 sore.

Selain berkunjung ke Bukit Ongakan yang memiliki panorama menawan, Teman Traveler juga sangat perlu mencicipi beragam kuliner khas Kediri. Banyak sekali ragamnya, jadi jangan sampai melewatkan aktivitas yang sangat menyenangkan ini. Bagaimana, jadi kapan mau jelajah Kota Tahu Kuning ini?