Wisata Alam Eksotis di Pekanbaru, Pas Bagi Pelepas Penat!

Berwisata ke Pulau Sumatera belum lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Pekanbaru. Kota ini terkenal akan perkebunan sawit dan hasil minyak bumi yang melimpah. Namun, siapa sangka bahwa kota ini memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat menarik. Travelingyuk akan mengajak Teman Traveler menjelajahi wisata alam eksotis di Pekanbaru. Mau tahu? Ikuti terus yuk!

Sungai Kampar

Sungai Kampar di Pekanbaru
Sungai Kampar di Pekanbaru via Instagram/agunglaks

Wisata alam eksotis di pekanbaru yang patut untuk dikunjungi adalah Sungai Kampar. Sungai yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, ini terkenal memiliki ombak fenomenal yang dinamakan ombak Bono. Ombak Bono terjadi karena adanya tabrakan antara aliran laut yang masuk ke sungai dan aliran sungai yang mengarah ke laut sehingga mengakibatkan gelombang yang cukup tinggi dan bisa untuk berselancar. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini yaitu pada bulan November hingga Desember, karena dalam periode ini gelombang akan terlihat sangat besar.

Sungai Hijau Bangkinang

Sungai Hijau Bangkinang
Sungai Hijau Bangkinang via Instagram/yahya.msandra81

Selanjutnya ada Sungai Hijau yang berlokasi di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Dinamakan sungai hijau bukan karena warna airnya, melainkan karena dikelilingi oleh pepohonan dan terdapat lumut serta ganggang hijau di dalam air. Karena airnya yang jernih, batu-batu kecil yang ada di dasar sungai tampak terlihat dengan jelas. Untuk berkunjung ke wisata alam eksotis di Pekanbaru satu ini, para pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orangnya.

Air Terjun Batu Dinding

Air terjun batu dinding
Air terjun batu dinding via Instagram/dhaniramadhanputra

Jika Teman Traveler ingin mencari ketenangan dan mencari suasana yang asri, Air Terjun Batu Dinding patut untuk dikunjungi. Berada di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Provinsi Riau, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan air jernih, udara yang sejuk di sekitaran air terjun karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk menuju ke lokasi air terjun, Teman Traveler harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari Desa Tanjung Belit dan harus berhati-hati karena harus melewati jalanan yang cukup licin.

Kawah Biru

Kawah Biru di Pekanbaru
Kawah Biru di Pekanbaru via Instagram/darkz_herman

Wisata alam yang patut untuk dikunjungi adalah Kawah Biru yang berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Memiliki luas kawasan kawah sekitar 4 hektar, para pengujung dibuat terpesona dengan pemandangan bukit putih berbentuk kapur disertai dengan aliran air panas yang tampak seperti salju. Asal terbentuknya kawah biru ini karena bukit-bukit kecil yang ada di daerah tersebut.

Aliran panas yang mengalir lama kelamaan membentuk bebatuan kapur yang bertumpuk-tumpuk. Hal tersebut yang mejadikan bebatuan di sini berwarna putih seperti salju. Sayangnya, wisata alam ini masih belum tereksplorasi dengan baik, sehingga masih belum dikenal orang banyak karena berada di tengah-tengah kawasan hutan dengan pohon yang tinggi.

Itulah sekian wisata alam di Pekanbaru yang wajib Teman Traveler saksikan sendiri keindahannya. Jadi, kapan nih punya rencana mengunjungi tempat-tempat di atas?

Tags
Indonesia Pekanbaru Riau Wisata wisata pekanbaru
Share