Sajian Sunset Menawan di Bukit Makatete, Destinasi Populer Tanah Minahasa

Advertisement

Tidak perlu dikhawatirkan akan keindahan alam Sulawesi yang begitu menawan. Bisa dipastikan bakal menghipnotis siapa saja yang melihatnya, terlebih ketika kamu berlibur ke Manado Sulawesi Utara. Meski sebagai kota besar di ujung Utara Sulawesi namun menyimpan ribuan nuansa alam yang indah. Tak jauh dari pusat kota, tanah Minahasa menyuguhkan panorama sunset dan landscape kota Manado dari atas bukit. Bukit ini bernama Bukit Makatete, salah satu wisata kota Manado yang super hits dikalangan muda-mudi.

Bukit Makatete dengan keindahan salib raksasa
Bukit Makatete dengan keindahan salib raksasa. Foto via instagram @makatete_hills

Berbagai pengalaman dan keindahan dapat kamu nikmati yang tak bisa kamu temukan didaerah lain. Puncak Makatete ini berlokasi di Desa Warembungan Kabupaten Minahasa dimana berawal dari bekas perkebunan kelapa dan cengkeh milik warga, kemudian disulap menjadi destinasi wisata tujuan banyak traveler. Alih-alih sekarang menjadi wisata yang ramai, banyak sopt-spot menarik cocok untuk dijadikan latar belakang berselfie.

Alamat dan Akses Lokasi

Lokasi bukit Makatete ini sangat dekat dari pusat kota Manado hanya sekitar 14 kilometer cukup 30 menit perjalanan menuju atas bukit. Namun akses jalur menuju atas bukit lumayan sulit lantaran jalanan masih kurang begitu sempurna. Ada beberapa titik jalanan belum teraspal menjadikan perjalanan harus lebih hati-hati ketika kamu melewatinya.

Keindahan kota Manado dari atas bukit Makatete
Keindahan kota Manado dari atas bukit Makatete. Foto via instagram @indahvs

Apalagi setelah melewati Desa Warembungan, jalanan mulai menanjak dan hindari ketika musim hujan. Ketika turun, jalanan ini biasanya sangat licin. Jadi pastikan kendaraanmu tetap prima dan jaga keseimbangan mu sebaik mungkin. Lokasi Bukit Makatete ini tepat di Desa Warembungan, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Tarif Tiket Masuk

Nah, sebelum sampai dilokasi destinasi, kamu wajib menyiapkan uang untuk membeli tiket masuk dengan harga Rp. 10.000 per orang. Kamu bisa menikmati keindahan bukit ini ketika cuaca bagus dengan waktu terbaik sekitar sore hari menjelang matahari terbenam dan saat malam hari. Selain tiket masuk, kamu harus membayar tiket parkir sebesar Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat. Untuk jam operasional Bukit Makatete ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

Gemerlap cahaya perkotaan Manado terlihat indah dari atas bukit Makatete
Gemerlap cahaya perkotaan Manado terlihat indah dari atas bukit Makatete. Foto via instagram @makatete_hills

Sajian wahana didalam destinasi Bukit Makatete ini adalah Flying Fox. Salah satu sajian wahana untuk memicu adrenalin ini kamu cukup membayar Rp. 20.000 untuk sekali naik. Selain itu tersedia sepeda gantung dan skytree cocok untuk kamu jadikan spot foto terunik. Jagan khawatir, tingkat keamanan wahana-wahana ini cukup aman. Jadi keluarkan saja beban-beban mu dengan teriak lebih kencang hingga kamu merasa lebih damai.

Keindahan Bukit Makatete

Salah satu wahana pemicu adrenalin siap membuat berteriak
Salah satu wahana pemicu adrenalin siap membuat berteriak. Foto via instagram @makatete_hills

Selama berada di puncak Bukit Makalele kamu akan disuguhkan keindahan pulau Manadotuo salah satu pulau Manado purba dan beberapa pulau-pulau kawasan Bunaken. Keindahan yang menjadi sorotan utama adalah gagahnya Gunung Klabat yang menjulang tinggi dan menjadi gunung tertinggi dikawasan Sulawesi Utara. Selain itu, kamu akan disuguhkan panorama kota terbesar di Sulawesi Utara yaitu Manado. Terlebih ketika suasana malam hari, gemerlap lampu kota akan terlihat sangat menakjubkan.

Pantas saja banyak wisatawan lokal hingga mancanegara selalu datang ke puncak Makatete hanya untuk melihat keindahan alam dan kota Manado dari atas bukit. Selain itu sajian utama ketika diatas bukit Makatete adalah menikmati suasana sunset atau matahari tenggelam. Keindahan ini patutunya menjadi incaran semua pengunjung.

Menikmati sajian makan malam dengan sajian panorama keindahan alam Manado
Menikmati sajian makan malam dengan sajian panorama keindahan alam Manado. Foto via instagram @makatete_hills

Selama berada di Bukti Makatete ini tersedia tempat seperti cafe dan resto dengan sajian keindahan alam kawasan Manado serta lautan luas Sulawesi. Nama resto ini adalah Makatete Hills Warembungan biasa digunakan sebagai tempat acara resepsi pernikahan, acara kantor dan lain sebagainya.

Salib Raksasa, Spot Utama Bukit Makatete

Bukit Makatete dengan ketinggian hingga 200 meter diatas permukaan laut ini memiliki sebuah bangunan unik yaitu Salib Raksasa. Saking besarnya, salib ini bisa kamu lihat dari kota Manado, hingga daerah pesisir pantai. Keberadaan salib ini menjadikan bukit Makatete disebut juga sebagai Bukit Warembungan atau puncak Salib.

Sajian panorama Sunset Indah di Puncak Makatete Manado
Sajian panorama Sunset Indah di Puncak Makatete Manado. Foto via itrip.com

Keindahan salib ini dipercantik dengan sajian panorama pegunungan Warembungan begitu juga sajian laat Sulawesi yang begitu luas. Selama diatas bukit Makatete ini kamu dapat menikmati berbagai fasilitas untuk kenyamana pengunjung seperti lahan parkir yang luas, toilet, taman bunga, dan beberapa wahana menarik. Bila perut kamu terasa mulai lapar, dibawah bukit Makatete ini tersedia beberapa warung dan resto yang menyajikan suasana pemandangan gunung-gunung yang indah.

Advertisement
Tags
wisata alam Indonesia wisata manado wisata minahasa wisata nusantara wisata sulawesi utara
Share