Bukit Lhok Eumpe Aceh, Pesona Padang Rumput Yang Memukau

Advertisement

Bukit Lhok Eumpe adalah tempat wisata alam tersembunyi yang berada di daerah Lhoknga. Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar. Wilayah tersebut merupakan wilayah pegunungan yang sangat kompleks. Dengan tidak adanya lokasi yang menunjukkan letak dari bukit tersebut, berarti ada hal yang sangat istimewa. Hal tersebut adalah kondisi dari tempat wisata yang masih sangat asri dan natural.

Bukit Lhok Uempe yang mempesona. Foto via acehbesar.com

Bukit Lhok Eumpe sendiri merupakan bagian dari kawasan wisata Desa Gampong Nusa. Desa tersebut adalah salah satu desa wisata andalan di Banda Aceh. Sebagai desa wisata, penduduk setempat pun juga turut serta dalam penyambutan sekaligus menyediakan fasilitas untuk pengunjung.

Uniknya, untuk mengunjungi tempat wisata tersembunyi tersebut, tidak akan dikenakan tarif kontribusi apapun. Baik itu tarif tiket masuk ataupun parkir. Hanya saja setiap pengunjung yang berwisata di Bukit Lhok Eumpee, harus meminta izin terlebih dahulu pada petugas desa. Sebagian besar pengunjung sering menjadikan bukit sebagai area perkemahan. Bagi yang hendak menginap di area pemukiman warga, sebaiknya pandai untuk melakukan negosiasi. Supaya mendapat tarif inap yang cukup murah. Terkadang warga setempat juga melakukan perjamuan untuk para tamu.

Pesona Bukit Lhok Uempe dengan savana yang mengagumkan. Foto via wisato.id

Bukit Lhok Uempe ini diselimuti dengan hamparan padang savana yang cukup luas. Angin di sekitar bukit pun juga sangat terasa sejuk. Kondisi bukit yang penuh dengan padang savana mempunyai tingkat kemiringan yang tidak begitu ekstream, hanya sekitar ±45 derajat. Sehingga perjalanan menuju ke atas bukit tidak terlalu menyiksa dan terjal. Di sekitar bukit juga terdapat pepohonan yang sangat rindang. Sehingga menambah suasana bukit terasa lebih kompleks dan hijau seutuhnya.

Berkemag di puncak Bukit Lhok Uempe. Foto via wisataaceh.com

ukit Lhok Eumpe disebut juga dengan bukit Teletubies versi Banda Aceh. View bukit padang savana pun terasa menyerupai bukit yang merupakan latar dari serial anak Teletubies. Sehingga hampir setiap bukit padang savana sering disebut juga dengan bukit Teletubies.

Waktu yang diperlukan untuk menuju ke atas bukit Lhok Eumpe tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar ±15 menit. Perjalanan menuju ke atas bukit pun sama sekali tidak akan merasa kelelahan. Hembusan angin bukit dapat mengurangi rasa lelah dalam perjalanan.

kemiringan di Bukit Lhok Eumpe hingga 45 derajat. Foto via wisataaceh.com

Setiap perjalanan menuju ke atas bukit dapat dijadikan sebagai background photo yang eksotis. Pada puncak bukit merupakan area utama dalam camping. Selain pesona bukit yang menyerupai bukit Teletubies, di sekitar Bukit Lhok Eumpe terdapat sebuah danau. Kondisi air danau pun terasa sangat jernih. Kamu bisa menjadikan background foto selfie yang paling menarik.

Advertisement
Tags
Pesona alam indonesia wisata alam aceh wisata nusantara
Share