5 Tips Hemat Saat Beli Oleh-Oleh Mudik Lebaran

Advertisement

Momen lebaran kerap kali beriringan dengan camilan oleh oleh. Tidak lengkap rasanya pergi mudik ke kampung halaman tanpa membawa buah tangan ketika kembali sampai di rumah nanti. Begitu juga sebaliknya, saat kembali ke daerah perantauan rasanya tak enak jika tidak membawa sedikit oleh oleh dari kampung. Beli oleh-oleh atau buah tangan untuk teman kantor, teman rumah, atau keluarga di kota saat pergi mudik Lebaran sudah jadi tradisi.

Pasar oleh oleh cocok untuk mudik. Foto via fajarbali.com

Untuk menekan jumlah pengeluaran, Anda bisa beli oleh-oleh murah saat mudik lebaran dengan menggunakan lima tips berikut ini:

Jangan takut menawar

Saat belanja di pasar, bazar atau toko grosiran Teman Traveler harus berani untuk menawar. Tidak perlu takut menawar ketika ingin berbelanja di kampung halaman. Namun jangan juga menawar secara sadis, karena para pedagang juga berjualan untuk mencari keuntungan. Cobalah menawar dengan harga yang masuk akal ya!

Transaksi tawar menawar dengan pedagang. Foto via herworldindonesia.com

Gunakan bahasa daerah

Salah satu cara mendapatkan oleh-oleh dengan harga miring ketika mudik Lebaran adalah menawar dengan bahasa daerah. Nah, untuk kamu yang asli daerah tersebut, pasti akan mengerti bahasa setempat. Maka dari itu, manfaatkan kemampuan bahasa daerah ketika belanja oleh-oleh. Kalau kamu tidak bisa berbahasa daerah mulai sekarang bisa mempelajarinya sebelum pergi mudik.

Jangan pakai baju bagus

Bisa dibilang ini merupakan hal yang sering diabaikan orang ketika belanja oleh-oleh di daerah. Banyak pedagang yang sering memberikan harga lebih mahal kepada para pendatang. Untuk itu, kamu harus berpenampilan layaknya orang sekitar. Jangan terlalu mencolok, hindari pakaian terlalu bagus yang menunjukkan bahwa kamu seorang pendatang.

Tawar menawar saat beli oleh oleh cobalah dengan pakaian yang tidak terlalu mencolok. Foto via hipwee.com

Jalan kaki tidak perlu bawa mobil

Kalau lokasi belanja oleh-oleh tidak jauh-jauh amat dari tempat menginap, sebaiknya kamu pergi tanpa menggunakan mobil. Naik angkutan umum atau bahkan berjalan kaki bisa lebih baik. Kenapa demikian? Karena tidak sedikit pedagang tradisional yang memberikan standar harga lebih mahal apabila melihat pembelinya datang menggunakan mobil bagus. 

Beli banyak sekaligus

Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk beli oleh-oleh dengan harga murah ketika mudik. Benar sekali, beli banyak barang belanjaan sekaligus bisa membuatmu mendapatkan harga jauh lebih murah dibandingkan dengan membelinya secara eceran. Bahkan, harga yang diberikan bisa lebih murah hingga 25-50 persen tergantung berapa banyak barang yang dibeli.

memborong atau membeli banyak oleh oleh membuat harga lebih murah. Foto via javatravel.com

Nah untuk teman traveler yang sedang berpergian atau mau mudik ke kampung halaman, cobalah memakai tips seperti ditas. Semoga perjalanan mudik mu selalu menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Advertisement
Tags
mudik lebaran 2022 Oleh oleh lebaran pasar oleh oleh Wisata Kuliner
Share