Cantiknya Bukit Holbung, Sumbawa-nya Sumatera

elizabeth situmorang

elizabeth situmorang

On Indonesia
Panorama indah di Bukit Holbung Panorama indah di Bukit Holbung

Hai Teman Traveler, jika sedang liburan di Pulau Samosir, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Bukit Holbung. Namanya mungkin tak asing bagi sebagian besar kalian, lantaran sering jadi tempat favorit untuk habiskan akhir pekan.

Sumbawa-nya Sumatera

Bukit Holbung (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Pemandangan di Bukit Holbung sangat memukau. Ada banyak spot foto keren yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk hasilkan gambar apik. Tak heran jika tempat ini sering dijuluki ‘Sumbawa-nya Sumatera’.

Pemandangan di Bukit Holbung sungguh memanjakan mata. Dari sini Teman Traveler bisa melihat dengan jelas Gunung Pusuk Buhit. Di kejauhan, nampak Desa Simbolon, Palipi, dan Sihotang yang dikelilingi perbukitan. Benar-benar cantik.

Sering Jadi Tempat Pre-Wedding

Pemandangan dari Bukit Holbung (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Tak heran jika banyak orang sering memilih tempat ini untuk melakukan foto pre-wedding lantaran panoramanya sungguh memukau. Teman Traveler juga bisa melakukan hal serupa lantaran kawasan ini sungguh keren dan kece.

Mudah Dijangkau dari Medan

Menikmati pemandangan bersama teman (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Bukit Holbung berada di Desa Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir. Jika berangkat dari Medan, Teman Traveler bisa memilih jalur Merak-Tele, Medan-Tigaras, atau Medan-Parapat. Bagi yang berasal dari luar daerah, bisa mendarat di Bandara Internasional Sibolangit, Siborong-borong. Perjalanan dari sana bakal memakan waktu kurang lebih tiga jam 45 menit.

Jalan menuju sini tidak terlalu sulit. Jika Teman Traveler tak familiar dengan rutenya, bisa coba mengaktifkan Google Maps. Bicara soal kualitas jalan, sudah cukup bagus dan tak terlalu buruk kok.

Begitu sampai sini, Teman Traveler cukup bayar parkir. Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp20.000 untuk roda empat. Setelah itu kalian harus melakukan sedikit trekking sebelum bisa sampai di puncak bukit.

Makin Asyik Sambil Kemping

Asyiknya bertualang di sekitar bukit (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Sebaiknya Teman Traveler mengunjungi tempat ini antara pukul 08.00 hingga 11.00. Selama kurun waktu tersebut pemandangan akan terlihat lebih maksimal dan tak ada kabut sama sekali. Jika dirasa terlalu pagi, kalian juga bisa kok menyambangi bukit ini mulai pukul 14.00 hingga 17.00.

Teman Traveler juga bisa lho kemping di sini. Suasana tentu bakal lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman, keluarga, maupun pacar. Pastinya akan seru banget.

Menyambut sunrise (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Begitu bangun, Teman Traveler bakal disambut sunrise indah dari sela-sela perbukitan. Tentunya akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jangan sampai dilewatkan ya.

Bukit Rohuk Jangan Dilewatkan

Berpose di Bukit Rohuk (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Tak jauh dari Bukit Holbung, Teman Traveler dapat mengunjungi destinasi lain yang tak kalah indah. Namanya Bukit Rohuk, berlokasi di Desa Siparmahan, Samosir, Sumatra Utara. Di sini kalian bisa melihat hamparan bukit hijau yang begitu indah. Bikin betah berlama-lama untuk nikmati pemandangan.

Masyarakat sekitar juga begitu ramah, membuat pengalaman liburan Teman Traveler semakin komplet. Ditambah lagi kalian tak perlu membayar tiket masuk sepeser pun. Asyik kan?

Menikmati hamparan hijau (c) Elizabeth Situmorang/Travelingyuk

Jarak Bukit Rohuk dari Holbung sekitar 10-15 menit perjalanan. Akses jalan menuju sini sedikit rusak, namun semua bakal terbayar dengan suasana sekitar yang masih asri dan bersih. Jika berkunjung ke sini, Teman Traveler jangan lupa ikut menjaga kebersihan dan keindahannya ya.

Itulah sedikit pengalaman saya berkunjung ke Bukit Holbung dan Rohuk. Semoga bisa jadi alternatif saat Teman Traveler menjelajah wisata Medan. Salam lestari.