Bukit Balibe, Destinasi Tambang Eksotis di Lombok Tengah

Advertisement

Bicara soal wisata Lombok takkan ada habisnya. Bahkan belakangan muncul destinasi anyar seperti Bukit Balibe. Berada di Lombok Tengah, tepatnya di Desa Bonder, Kec. Praya, tempat ini suguhkan panorama eksotis yang menarik kedatangan banyak wisatawan. Yuk, simak ulasannya Teman Traveler.

Bekas Tambang Batu

2019_08_17_04_SL7.jpg
Pemandangan di sekitar bukit (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Sebutan Balibe berasal dari nama kampung tempat bukit berdiri. Berbeda dari perbukitan sejenis, di sini Teman Traveler bakal melihat lebih banyak bebatuan.

Perlu Teman Traveler ketahui, bukit ini sekaligus berfungsi sebagai tambang batu. Ketika datang ke sini, kalian bakal melihat sejumlah warga setempat sibuk memahat batu. Sesekali ada truk datang untuk mengangkut hasil kerja mereka. 

Oleh karena itu tak perlu heran jika suasana di Balibe cukup panas dan berdebu. Ada baiknya Teman Traveler mengenakan topi masker, dan kacamata agar liburan tetap nyaman.

Panorama Eksotisme

img20190817162524_QUV.jpg
Panorama di sekitar bukit (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Biaya parkir di Bukit Balibe cukup murah, hanya Rp2.000 per motor. Dengan modal segitu, Teman Traveler sudah bisa menikmati keindahan sepuasnya di sini. Ada banyak spot apik untuk berfoto, baik di atas maupun bawah bukit.

2019_08_17_04_ywZ.jpg
Panorama eksotis (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Di sisi atas Teman Traveler akan menemukan satu pohon tunggal alias ‘jomblo’. Tempat ini kerap jadi favorit para pengunjung yang datang. Hasil fotonya benar-benar keren.

Tak hanya itu, pemandangan sunset di sini begitu memanjakan mata. Teman Traveler bakal betah berlama-lama di sini. Namun untuk menggapai puncaknya, kalian harus mendaki medan bebatuan yang cukup ekstrem. Wajib hati-hati karena selain curam, permukaannya juga cukup licin.

Ramai Dipadati Wisatawan

img20190817161727_qFf.jpg
Perbukitan eksotis (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Meski terbilang baru, Bukit Balibe sudah disambangi banyak pengunjung. Mulai pagi hingga sore, wisatawan terus berdatangan, memasuki masa libur.

Fasilitas yang tersedia juga sudah cukup memadai. Terdapat beberapa warung kecil yang menyediakan beragam minuman dan jajanan ringan. Tidak perlu bingung membawa perbekalan jika hendak jalan-jalan ke sini.

Tangga Unik

img20190817165112_lVL.jpg
Berfoto di depan bukit (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Jika diperhatikan lebih jeli, bukit memiliki beberapa sudut tebing yang berbentuk mirip anak tangga. Jangan salah Teman Traveler, semuanya merupakan hasil karya pahatan masyarakat setempat. Hal ini menciptakan keunikan tersendiri yang lantas menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Itulah sekilas ulasan mengenai Bukit Balibe, sebuah destinasi wisata anyar yang bisa Teman Traveler kunjungi di Lombok Tengah. Jika kebetulan sedang liburan di Lombok, jangan lupa mampir ke sini ya.

Advertisement
Tags
kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share