Museum Wr. Soepratman, Mengenan Pencipta Lagu Indonesia Raya

Wr. Soepratman merupakan sosok yang tak pernah terlupakan dari ingatan Indonesia. Berkatnya, masyarakat tanah air mempunyai lagu kebangsaan indah nan menggetarkan hati. Nah, untuk mengenang jasa-jasanya tersebut, Teman Traveler bisa bertandang ke Museum Wr. Soepratman yang ada di Surabaya. Kalau kalian penasaran dengan tempat ini, yuk deh kita jelajah.

1. Lokasi Museum WR. Soepratman

wr. soepratman
Bagian depan museum (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Lokasi museum ini berada di Jl. Mangga No. 21 Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Museum ini dulunya merupakan rumah dari sosok berkacamata ini. Nah, seiring berjalannya waktu, rumah ini pun akhirnya diabadikan menjadi sebuah museum agar masyarakat tetap bisa mengenang jasa pencipta lagu Indonesia Raya ini.

2. Ada Koleksi Benda Pribadi Milik WR. Soepratman

wr. soepratman
Pakaian dari Wr. Soepratman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam rumah mungil ini, terdapat beberapa benda milik pria yang suka mengenakan peci tersebut. Seperti di ruang depan yang terdapat sebuah baju kebesaran Wr. Soepratman berupa setelan celana, kemeja dan juga jas berwarna putih dengan dasi yang menghiasinya.

wr. soepratman
Biola kesayangan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada juga biola kesayangannya yang diletakkan dalam sebuah kotak kaca. Lalu di bagian sampingnya terdapat foto Wr. Soepratman saat menghadiri sebuah acara. Selain itu, ada juga beberapa tulisan yang berisikan sejarah tentang Wr. Soepratman dengan alat musik kesayangannya.

3. Terdapat Beberapa Foto dan Cerita di Baliknya

wr. soepratman
Fase belajar bermain alat musik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Dari ruangan depan ke belakang terpajang beberapa foto kenangan yang menceritakan jalan kehidupan sosok bersejarah satu ini. Di ruangan depan ada foto-foto perjalanan hidup Wr. Soepratman di masa mudanya antara tahun 1910 sampai 1921, di mana saat itu ia mulai belajar hingga mahir memainkan musik bersama saudaranya.

lrm_export_20190811_214008_iLw.jpg
Fase sudah fasih menjadi musisi (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berlanjut ke ruangan selanjutnya menerangkan masa-masa muda Wr. Soepratman yang mulai menjadi seorang musisi  berbakat di tahun 1925 dan 1926. Semua keterangan singkat perjalanan hidup itu ada di setiap sisi masing-masing foto lengkap dengan tahun yang tertulis.

lrm_export_20190811_214030_SSW.jpg

Hingga puncaknya terdapat di salah satu dinding ruangan museum mungil ini. Di tahun 1928 Wr. Soepratman berkesempatan memperdengarkan langsung untuk pertama kalinya Lagu Indonesia Raya pada acara Sumpah Pemuda, yang selanjutnya lagu ini menjadi lagu kebangsaan negara kita.

4. Ada Benda Peninggalan Zaman Dulu

lrm_export_20190811_214111_NmW.jpg
Benda peninggalan masa lalu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ternyata tidak hanya barang atau cerita tentang Wr. Soepratman yang ada di dalam museum ini. Di satu kamar atau ruangan belakang museum juga ada benerapa koleksi benda peninggalan zaman perang perjuangan kemerdekaan. Barang-barang yang bisa dilihat di antaranya adalah beberapa koleksi mata uang kuno dan juga peta Indonesia.

5. Terdapat Kata Penuh Makna di Salah Satu Sudut

lrm_export_20190811_213820_LpU.jpg
Sudut yang penuh kata bermakna (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Ada lagi tempat menarik di museum ini. Yaitu di bagian belakang museum yang di sana terdapat beberapa kata inspiratif dari Wr. Soepratman. Kemudian ada juga lukisan wajah Wr. Soepratman dengan biola kesayangannya.

Itulah sekelumit info tentang Museum Wr. Soepratman. Teman Traveler tidak akan rugi berkunjung ke sana, karena museum ini mempunyai info lengkap tentang pencipta lagu kebangsaan tersebut. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke sini saat berada di Surabaya, ya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Museum Wr. Soepratman Surabaya Wisata Wr. Soepratman
Share