Bukit B29 Lumajang, Negeri di Atas Awan yang Sebenarnya

Lumajang kian gencar menggaungkan keindahan wisata alamnya. Kota di lereng Semeru ini punya Bukit B29 sebagai salah satu andalan. Destinasi satu ini menawarkan asrinya pemandangan agroforestri khas pendesaan dari ketinggian 2900 mdpl.

Bukit B29 Lumajang mulai populer sebagai tempat wisata sejak 2015. Dengan kata lain, destinasi ini baru berusia kurang lebih tiga tahun. Cukup muda untuk sebuah lokasi yang tengah digandrungi wisatawan. Yuk, Teman Traveler, kita simak bersama apa saja hal menarik yang bisa kalian temui di sana.

Akses Jalan Menuju Bukit B29 Lumajang

Pemandangan negeri di atas awan (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Berada cukup jauh dari kota, medan di sekitar Bukit B29 memiliki kontur berbukit-bukit. Destinasi wisata Lumajang satu ini masuk dalam wilayah Kecamatan Senturo, tepat di lereng Gunung Semeru. Dari pusat kota, Teman Traveler bisa mencapai lokasi ini dengan berkendara sepeda motor selama kurang lebih 90 menit.

Tiket Masuk Terjangkau

Pintu masuk kawasan B29 Lumajang (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Tiket masuk menuju kawasan Bukit B29 Lumajang hanya dibandrol sebesar Rp5.000 rupiah. Sangat terjangkau untuk ukuran destinasi wisata yang dikelola masyarakat setempat. Dinas Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten setempat juga sesekali memberi dukungan dengan ikut membantu menyediakan beberapa sarana penunjang.

Menuju Puncak Naik Ojek

Tempat parkir tukang ojek di B29 Luumajang (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Pemandangan dari puncak Bukit B29 Lumajang sungguh luar biasa. Asyiknya lagi, Teman Traveler tak perlu capek-capek mendaki jika memang tidak kuat. Ya, pengelola setempat sudah menyediakan jasa ojek untuk mengantar langsung pengunjung ke puncak.

Tarifnya cukup relatif, tergantung tingkat keramaian dan kepandaian Teman Traveler dalam tawar-menawar. Namun biasanya berkisar antara Rp45.000 hingga Rp75.000. Sangat praktis, bisa jadi alternatif jika kalian tidak ingin tenaga terkuras karenajalan mendaki.

Pemandangan Menakjubkan

Kemping di area puncak (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Landscape yang disuguhkan di puncak Bukit B29 merupakan perpaduan antara empat objek alam nan indah indah. Selain hijaunya perbukitan lahan pertanian dan arak-arakan awan, Teman Traveler juga bisa memandang dengan jelas betapa gagahnya Gunung Bromo dan Semeru dari sini.

Lahan Pertanian Manjakan Mata

Lahan pertanian warga rapi dan teratur (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Kawasan wisata ini juga dikenal dengan pemandangan lahan pertaniannya yang teratur dan rapi. Terlihat sangat elok dari kejauhan. Lahan milik penduduk sekitar tersebut biasanya dimanfaatkan untuk membudidayakan aneka sayur. Mulai dari bawang daun, kubis, kentang, wortel, cabai, dan masih banyak lagi.

Bromo dari Sisi Berbeda

Melihat Bromo dari sisi berbeda (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Dari puncak B29 Teman Traveler bisa melihat Gunung Bromo sedang
mengeluarkan asap di pagi hari. Gunung yang konon jadi tempat tinggal para Dewa tersebut tampak begitu gagah, dikeliling deretan tebing tinggi di sekitarnya. Pemandangan seperti ini takkan kalian dapatkan kecuali berkunjung ke Kabupaten Lumajang.

Semeru Terlihat Makin Gagah

Lereng Gunung Semeru dari B29 (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Gunung Semeru juga terlihat sangat jelas dilihat dari B29. Garis-garis lerengnya nampak begitu tegas dan mengagumkan. Kemegahan puncak tertinggi Jawa tersebut juga bisa kita rasakan meski dari kejauhan. Benar-benar sebuah panorama luar biasa.

Negeri di Atas Awan

Menyibak cahaya matahari dari balik bukit (c) Travelingyuk/Muhammad Rahmatullah

Julukan Negeri di Atas Awan sangat tepat jika disematkan pada Bukit B29 Lumajang. Bukan sekedar bualan. Jika biasanya Teman Traveler harus mendongak untuk melihat awan, di puncak bukit ini deretan awan berada sejajar dengan pandangan mata. Bahkan tak jarang posisi kalian akan lebih tinggi, benar-benar seperti berada di negeri awan.

Itulah sedikit ulasan mengenai indahnya Bukit B29 Lumajang. Jadi bagaimana Teman Traveler, kapan kalian berencana jalan-jalan ke kota kecil di lereng Semeru ini. Pastikan ajak serta keluarga maupun kawan ya.

Tags
bukit b29 kontributor Lumajang Travelingyuk Wisata Lumajang
Share