4 Buah Raksasa Asli Indonesia, Bisa Pecahkan Rekor Nih!

Indonesia memiliki banyak sekali buah segar di beberapa daerah. Menariknya, ada beberapa buah unik yang menarik perhatian. Seperti ukurannya yang sangat di luar nalar alias jumbo. Lantas, apa saja buah raksasa asli Indonesia yang dimaksud? Simak ulasan di bawah ini. 

1. Durian Rosulin, Blitar  

buah raksasa indonesia
Durian Rosulin via faktualnews.co/Dwi Haryadi 

Pertama, ada Buah Durian Rosulin yang berada di Desa Ngenengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Durian Rosulin mempunyai daging yang tebal dan terasa manis dan gurih, dengan buah besar. Bahkan beratnya ada yang mencapai 10 kilogram.

Rosulin, pemilik kebun durian mengaku, awalnya ia menyilang durian lokal dan durian Thailand, sekitar 17 tahun lalu. Setelah besar, ternyata durian silangan Rosulin semakin bagus dan berukuran raksasa. Oleh karenanya, banyak orang yang mencarinya, mulai dari Jawa hingga Luar Jawa. 

2. Semangka 104,5 Kg, Aceh Utara 

buah raksasa indonesia
Semangka raksasa Aceh Utara via twitter/helmi_musakuta

Selanjutnya, ada Buah Semangka raksasa yang berasal dari Desa Baroh Kuta Batee, Kecamatan Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara. Semangka ini dipanen oleh seorang petani bernama Darwis. Ia mengaku bahwa bibit yang digunakan dibeli dari pasar, kemudian ditanam dan menunggu sampai berbuah.

Lalu dari buah tersebut kemudian dipilih bijinya yang bagus untuk dijadikan bibit. Selanjutnya ditanam lagi dan pilih lagi biji yang bagus. Nah, ketika tanam yang ketiga, barulah hasilnya menakjubkan. Setelah dipanen dan ditimbang beratnya ternyata mencapai 104,5 kilogram.  

3. Jeruk Pamelo Astano, Jambi 

buah raksasa indonesia
Jeruk Pamelo Astano via twitter/sudjiwotedjo

Beralih ke Jambi, ada Jeruk Pamelo Astano. Ukurannya sebesar bola basket yang membuat banyak orang tertarik untuk melihat dan membelinya. Buah ini memiliki dua jenis, Teman Traveler. Yakni isinya berwarna merah dan putih. Namun, yang paling sering dipanen oleh petani Jambi adalah yang berwarna putih, lantaran rasanya lebih manis. 

4. Pisang Musa Ingens, Papua 

Pohon Pisang Musa Ingens via twitter/marianamariaman

Terakhir, di ufuk timur, tepatnya Pegunungan Arfak, Papua Barat terdapat Buah Pisang berukuran raksasa. Memiliki nama ilmiah Musa Ingens, panjang Pisang dapat mencapai 18 cm dan berdiameter 3 – 4 cm. Sedangkan pohonnya sendiri, memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter dengan diameter 2 meter. Lalu untuk pelepah pisangnya, bisa sampai 5 meter dengan lebar daun 1 meter.  

Pisang Musa Ingens via twitter/marianamariaman

Itulah deretan buah raksasa yang bisa Teman Traveler temukan di Indonesia. Semuanya berukuran jumbo, sehingga bisa banget untuk kalian nikmati bersama banyak orang. Bagaimana, tertarik untuk mencicipi buah yang mana nih? 

Tags
aceh utara Blitar buah raksassa indonesia Indonesia Jambi Jawa Timur kuliner Papua pegunungan arfak
Share