Buah Carica satu Dari Keistimewaan Kota Wonosobo

Advertisement

Carica atau buah pepaya gunung tumbuh populer di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Seperti yang banyak diketahui, Dataran Tinggi Dieng adalah dataran tinggi yang menyimpan banyak pesona Indonesia dari mulai telaga, pegunungan, situs bersejarah serta masih banyak lagi. Buah carica tumbuh subur di kawasan Dieng yang memiliki ketinggian 1500 hingga 3000 diatas permukaan laut. Buah ini sangat khas di daerah Dieng sehingga saat kamu mengunjungi Dieng maka akan banyak menemukan pohon carica ini.

Buah Carica menguning yang sudah matang. Foto via suara.com

Carica ini mirip dengan pepaya, hanya saja bentuknya lebih kecil dari pepaya. Carica awal mulanya dibawa dari Pegunungan Andes oleh penjajah Belanda pada masa PD II. Mereka memilih Dieng karena memiliki ketinggian yang cocok untuk membudidayakan buah ini. Sebenarnya ada satu lagi daerah yang juga ditumbuhi pohon carica yaitu di Bedugul Bali. Karena tidak diperhatikan sehingga tidak sepopuler yang ada di Dieng.

Pohon carica yang bergerombol di dahan. Foto via wikipedia.com

Pohon carica ini berbuah sepanjang tahun. Masa panen terbanyak ada di Maret – April. Hasil panennya dimanfaatkan warga setempat menjadi sebuah kuliner seperti manisan, keripik, minuman dan olahan buah carica lainnya. Cocok untuk menu berbuka puasa. Karena baik bagi perawatan tubuh saat berpuasa seperti akndungan vitamin B yang berguna untuk metabolisme tubuh. Aromanya khas dan harum serta rasanya yang manis membuat olahan carica jadi oleh oleh khas Wonosobo yang wajib untuk dibawa pulang.

Manisan buah carica yang manis dan asam. Foto via shopee.com

Salah satu toko penjual olahan buah carica adalah Toko Cendawan Mas II. Di toko ini Teman Traveler dapat menemukan berbagai macam olahan buah carica dalam berbagai olahan. Toko Cendawan Mas II tak pernah sepi pengunjung bila sedang libur panjang, biasanya toko ini didatangi oleh wisatawan luar kota yang penasaran akan olahan buah carica. Tepatnya berada di Jalan Bisma No. 110 & Jalan T. Soerjohadikoesumo, Wonosobo Timur, Wonosobo Timur.

Toko oleh oleh manisan carica. Foto via todayline.com

Harga produk di sini berkisar Rp. 5.000 hingga Rp. 50.000, cukup murah untuk sekadar belanja oleh-oleh. Toko Buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Teman traveler juga dapat mencoba di toko lainnya, dan bisa kamu dapatkan dengan harga yang sama.

Advertisement
Tags
Kuliner Nusantara kuliner wonosobo Oleh oleh wonosobo Wisata kuliner wonosobo
Share