Kebun Teh Kaligua Peninggalan Belanda, Kesegaran Alaminya Cocok untuk Healing

Advertisement

Telur asin hingga bawang merah adalah dua hal yang mungkin mengingatkanmu dengan Brebes. Tapi bagaimana dengan wisata alamnya? Apakah di kota ini ada yang menarik bagi anak muda Brebes untuk aktivitas healing yang tengah populer?

Ternyata, ada satu kawasan yang cocok untuk healing di Brebes. Pemandangannya serba hijau menyejukkan mata, apalagi hawa dinginnya yang tak perlu diragukan lagi. Ini adalah Kebun Teh Kaligua. Pernah dengar sebelumnya?

Lokasi Kebun Teh Kaligua

Foto via Instagram @ryan_jr41

Kawasan wisata agro ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes. Dengan luas sekitar 600 hektar, kebun teh ini adalah milik PTPN IX. Cultur Onderneming dari Belanda mendirikan kawasan kebun teh ini sekitar tahun 1889. Kini tak hanya memproduksi teh, tapi juga jadi tempat wisata favorit di Brebes dan Tegal.

Aktivitas di Kebun Teh Kaligua

Foto via Instagram @fajarrrr.jee

Dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk, berjalan-jalan dan bersantai di Kebun Teh Kaligua jadi yang paling sering dilakukan oleh traveler. Selain itu, ada juga banyak spot foto yang menanti untuk dicoba. Nah, jangan lupa untuk melihat dari dekat proses pembuatan teh hitam khas di sini ya.

Tiket Masuk Kebun Teh Kaligua

Foto via Instagram @@yuliannaella

Untuk bisa menikmati beragam fasilitas yang ada di Kebun Teh Kaligua, kamu perlu membayar tiket sekitar Rp20.000 per orang. Selain itu, jika ingin menggunakan pemandu (maksimal untuk 20 orang) ada biayanya sekitar Rp25.000 dan Tea Walk per pemandu Rp50.000. Ada juga mobil sewaan yang bisa mengantarku berkeliling di kebun teh ini.

Di sekitaran kawasan Kebun Teh Kaligua ini juga tersedia vila-vila yang bisa disewa. Jika ingin bangun pagi dengan menghirup segarnya udara pegunungan serta melihat hamparan pemandangan hijau, jangan ragu untuk menginap ya!

Advertisement
Tags
Brebes kebun teh Kebun Teh di Indonesia wisata alam Indonesia wisata brebes wisata jawa tengah
Share