Bingung Cara Booking Online Pendakian Semeru? Simak Faktanya Berikut Ini

Gunung Semeru adalah tempat wajib dikunjungi bagi para pecinta alam. Puncak tertinggi Pulau Jawa tersebut tawarkan pengalaman berpetualang dan melihat panorama alam yang luar biasa. Popularitasnya belakangan kian meningkat, usai sempat diangkat ke layar lebar. Demi menjaga ekosistem sekitar, pengelola lantas membatasi jumlah kunjungan. Sistem booking online pendakian Semeru pun diberlakukan.

Sayangnya, banyak yang belum familiar dengan sistem anyar ini. Tapi jangan khawatir, berikut adalah beberapa fakta terkait cara booking online pendakian Gunung Semeru yang perlu disimak.

Wajib Booking Online

Pemandangan TNBTS dari puncak Mahameru (sumber: rosita)
Pemandangan dari puncak Mahameru (c) Rosita/Travelingyuk

Pendakian Gunung Semeru sudah 100 persen menggunakan sistem online. Semua yang berniat mendaki puncak tertinggi Pulau Jawa wajib mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu. Jika sampai lupa melakukannya, jangan harap bakal diizinkan mendaki Semeru.

Tak perlu khawtir Teman Traveler, prosedurnya cukup praktis dan mudah. Formulir, informasi persyaratan, hingga tata cara pendaftaran dan pembayaran, semua bisa kalian dapatkan di laman resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

600 Pendaki per Hari

Puncak Mahameru dilihat dari kawasan Jambangan (sumber: rosita)
Puncak Mahameru dilihat dari kawasan Jambangan (c) Rosita/Travelingyuk

Balai Besar TNBTS telah menetapkan kuota untuk pendakian Gunung Semeru. Setiap hari hanya 600 pendaki diperbolehkan berangkat menuju Puncak Mahameru. Informasi soal ini bisa Teman Traveler pantau di laman resmi TNBTS. Apabila kuota sudah penuh, kalian bisa memilih jadwal pendakian di hari lain. 

Paling Lambat Tiga Hari Sebelum Pendakian

Panorama di sekitar Semeru (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler dapat melakukan booking online pendakian Gunung Semeru, paling lambat 3 (tiga) hari sebelum keberangkatan. Tentunya disesuaikan dengan kuota pendakian yang masih tersedia. Namun akan lebih baik jika kalian mendaftar sejak jauh-jauh hari agar tak kecewa.

Langsung saja akses laman resmi Balai Besar TNBTS. Teman Traveler bisa melakukan pendaftaran hingga maksimal 3 (tiga) bulan sebelum tanggal pelaksanaan pendakian.

Siapkan Kartu Identitas Rombongan

Sebelum melakukan pengisian formulir, Teman Traveler wajib menyiapkan kartu identitas seluruh anggota rombongan. Kumpulkan juga data pribadi masing-masing orang. Informasi ini nantinya akan diperlukan kala mengisi formulir booking online pendakian Gunung Semeru.

Tarif Karcis Pendakian

Puncak Mahameru dilihat dari kawasan Kalimati (sumber: rosita)
Puncak Mahameru dilihat dari kawasan Kalimati (c) Rosita/Travelingyuk

Saat melakukan pendaftaran online, total tarif karcis pendakian akan muncul secara otomatis. Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah anggota rombongan dan durasi pendakian. Jangan lupa membawa bukti pembayaran dari bank. Dokumen ini diperlukan untuk mengurus perizinan di Resort Ranu Pani, Kabupaten Lumajang, pintu gerbang pendakian Gunung Semeru. 

Tarif karcis masuk pendaki nusantara pada hari kerja adalah Rp17.500 /orang /hari. Sedangkan pada hari libur Rp22.500 /orang /hari. Sementara untuk pendaki mancanegara pada hari kerja yakni Rp210.000 /orang /hari. Sedangkan pada hari libur Rp310.000 /orang /hari.

Baca dengan Teliti

Informasi soal tata cara booking online pendakian Gunung Semeru di laman resmi TNBTS memang cukup panjang dan detail. Teman Traveler harus teliti dalam membacanya. Lakukan semua tahapan sesuai prosedur yang ada.

Bagi yang belum terbiasa dengan sistem pendaftaran online mungkin akan sedikit kerepotan. Namun perlu diketahui, sistem seperti ini efektif untuk memberi kepastian soal tanggal keberangkatan maupun kepulangan. Tentunya sangat menguntungkan bagi yang berdomisili jauh dari Semeru

Tags
Gunung Semeru kontributor Lumajang tips dan inspirasi Travelingyuk Wisata Lumajang
Share