Belanja Barang Khas Turki di Tempat Ini, Santai Setelah Naik Balon Udara

Turki terkenal dengan salah satu daerahnya bernama Kapadokya. Di sana, pelancong menyusuri bangunan dan cerbong asap kuno. Plus menyaksikan keindahan kawasan ini dari atas, dengan naik balon udara. Kalau sudah puas, sempatkan belanja barang khas Turki di sekian tempat ini. Di mana saja? Yuk disimak ulasannya.

Chez Galip

Chez Galip via chezgalip.com
Chez Galip via chezgalip.com

Chez Galip merupakan tempat belanja barang khas Turki berupa tembikar tradisional. Terdapat beragam produk mulai dari mug sampai vas bunga. Pelancong pun bisa memilih aneka motif, tradisional maupun modern. Tidak hanya karya seninya saja yang terkenal, Chez Galip pun punya Hair Museum.

Koleksi Produk di Chez Galip via chezgalip.com
Koleksi Produk di Chez Galip via chezgalip.com

Berisi sekitar 16 ribuan potongan rambut dari pengunjung perempuan, dilengkapi dengan alamat dari si pemilik rambut. Alasan adanya koleksi tidak biasa ini adalah sang pemilik akan memilih 10 orang secara acak. Mereka akan diberi hadiah berupa liburan panjang di Kapadokya secara gratis.

Toko dan galeri ini berlokasi di dekat Red River, kurang lebih 20 menit berkendara dari pusat balon udara Kapadokya. Jika tertarik belanja misalnya mug, harus keluarkan uang sekitar Rp560 ribuan.

Kocaba? Winery Shop

Kocaba? Winery Shop via Instagram @emelvarol_
Kocaba? Winery Shop via Instagram @emelvarol_

Kalau ingin mencoba wine, Teman Traveler bisa melipir ke Kocaba? Winery Shop. Selain belanja barang khas Turki, pelancong pun dipersilahkan untuk mencicip wine secara gratis. Keunikan wine di sini adalah diproduksi dengan style Château. Di mana anggur dipanen langsung setelah matang, lalu diproses dengan metode gravitasi tanpa dipompa.

Icip Wine Gratis via Instagram @barkin_b
Icip Wine Gratis via Instagram @barkin_b

Kilang anggur Kocaba? merupakan salah satu yang cukup tua, berdiri mulai tahun 1972. Berawal dari usaha rumahan kecil-kecilan dengan kebun anggur sederhana. Kini telah menjadi usaha cukup besar sampai ekspor ke beberapa negara di Eropa.

Salah satu tokonya berada di jalanan utama alun-alun Uçhisar. Dapat dicapai dari pusat balon udara Kapadokya dengan kendaraan bermotor, selama sekitar 15 menit perjalanan. Kalau mau membelinya siapkan budget kurang lebih Rp200 ribuan per botol.

Naile Art Gallery

Naile Art Gallery via Instagram @naile_ebru_workshop_ipek
Naile Art Gallery via Instagram @naile_ebru_workshop_ipek

Naile Art Gallery merupakan sebuah galeri dan tempat workshop ebru yaitu seni kertas marmer khas Turki. Naile Bozkurt adalah seniman yang membuat produk tersebut, merangkap sebagai pemilik galeri. Uniknya, ebru bisa diaplikasikan pada ubin keramik dan syal sutra.

Ebru Khas Turki via Instagram @naile_ebru_workshop_ipek
Ebru Khas Turki via Instagram @naile_ebru_workshop_ipek

Tempat ini berlokasi di Orta Mahalle Gul Sokak No. 6 Zemin Kat, Goreme, Kapadokya. Pelancong bisa jalan kaki selama setidaknya 5 menit dari pusat balon udara Kapadokya. Tertarik membeli salah satu karya ebru? Siapkan uang kira-kira Rp900 ribuan untuk satu syal.

Sultan Carpets

Beragam Produk Karpet Premium via Instagram @sultan_carpets
Beragam Produk Karpet Premium via Instagram @sultan_carpets

Tertarik belanja barang khas Turki paling populer dan cukup mewah yaitu karpetnya? Teman Traveler bisa melipir ke Sultan Carpets. Menyediakan beragam produk karpet, sajadah, dan kilim alias permadani khas Asia Tengah.

Dipakai untuk Foto-foto via Instagram @sultan_carpets
Dipakai untuk Foto-foto via Instagram @sultan_carpets

Sampai di sini pelancong akan disambut sang pemilik, yang berbaik hati menjelaskan segala hal berhubungan dengan produk mereka. Bahkan pelancong pun bisa berfoto-foto di toko yang terlihat instagenic ini.

Sultan Carpets berlokasi diMuze caddesi, Goreme, Kapadokya. Kalau dari pusat balon udara, bisa ke sini berjalan kaki selama sekitar 5 sampai 10 menit. Puaskan memilih barang yang diinginkan. Setelah deal harga, pembeli akan diberi sertifikat keaslian resmi pemerintah Turki oleh sang pemilik. Persiapkan budget setidaknya Rp1 jutaan untuk satu karpet.

Itulah 4 tempat buat Teman Traveler yang ingin belanja barang khas Turki. Tinggal pilih mau membawa pulang yang mana. Jadi kapan mau liburan?

Tags
asia Belanja Luar negeri tips dan inspirasi Turki
Share