Batutumonga, Destinasi Wisata Indah di Toraja Utara

yaumil

yaumil

On Indonesia

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi selama berada di Toraja Utara. Hampir semuanya memiliki pemandangan unik dan memukau. Namun, liburanmu tak akan lengkap jika tak mengunjungi Batutumonga di kaki Gunung Sesean. Kota ini bahkan sering mendapat predikat sebagai tempat terindah di kabupaten ini. Mau tahu seperti apa? Baca ulasannya di bawah ini ya.

Memiliki Panorama yang Memukau

Batutumonga [image source]
Seperti objek wisata lain di Toraja, Batutumonga juga merupakan kota yang berada di ketinggian. Tempat ini berjarak sekitar 24 kilometer dari Rantepao. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang memukau selama perjalanan. Setibanya di lokasi, hamparan awan putih menjadi sajian utamanya. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung Desa Baik dengan deretan rumah adat tongkonan di atas bukit.

Hamparan awan putih [image source]

Keindahan Sunrise dan Cahaya Lampu Kota

Menikmati pemandangan matahari [image source]
Pemandangan Kota Rantepao bisa tampak jelas dari tempat ini. Saat malam, cahaya lampu perkotaan terlihat eksotis dari sini. Selain itu, suguhan sunrise di pagi hari pun patut dinikmati. Kemunculan matahari dari balik hamparan awan akan menjadi panorama yang tak boleh dilewatkan. Cocok untuk menambah koleksi foto kamu di sosial media.

Panoramanya memukau [image source]

Pertunjukkan Budaya dan Objek Wisata Keren Ada di Sini

Lo’ko Mata [image source]
Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi selama di Batutumonga. Di Lempo, kamu bisa bertemu dengan banyak ahli pemahat kuburan batu sambil melihat proses pembuatannya. Selain itu, ada juga makam di Lo’ko Mata. Penduduk setempat membuat tebing sebagai lubang untuk mayat. Di kawasan ini sering juga diadakan upacara pemakaman dalam skala besar.

Tradisi Ma’nene [image source]

Sajian Kopi dan Makanan di Ketinggian

Makan di Mentirotiku [image source]
Bukan rahasia lagi kalo Toraja terkenal dengan produksi kopinya. Menikmatinya di atas ketinggian tentu akan semakin spesial. Di Batutumonga terdapat banyak kedai yang terletak di pinggir bukit, seperti Tinimbayo Coffee Shop. Suguhan pemandangannya dijamin memukau. Jika ingin mengisi perut, ada juga Restoran Mentirotiku dengan sajian makanan tradisionalnya. Pokoknya lengkap!

Minum kopi di Tinimbayo [image source]
Jalan menuju Batumomonga bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor. Sayangnya, belum ada transportasi umum yang sampai ke sini. Namun hal ini tidak mengurangi alasan untuk berkunjung ke Toraja, bukan? Yuk berangkat!