Itinerari Surabaya-Banyuwangi Modal 300 Ribuan, Puas Jelajahi Desa Penari Plus Kulineran

Pesona Banyuwangi memang tidak pernah habis untuk dijelajahi. Bukan hanya alamnya seperti Kawah Ijen yang begitu magis, wisata budaya dan kulinernya pun patut masuk dalam itinerari liburan. Buat Teman Traveler di Surabaya yang hanya punya waktu liburan saat weekend, bisa mengikuti rancana perjalanan ke Banyuwangi dengan modal sekitar 300 ribuan. Yuk, simak dan catat, ya.

Hari 1

Nikmati Perjalanan dengan Kereta Surabaya-Banyuwangi PP Rp100.000an

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Ilustrasi Kereta Api via shutterstock

Terdapat beberapa pilihan kelas kereta api beserta harga tiketnya. Demi menghemat biaya, pilihlah yang paling terjangkau. Tenang saja, kereta kelas ekonomi pun mempunyai fasilitas memadai dan tentunya nyaman.

Salah satu yang dapat dipilih adalah Probowangi Ekonomi dengan harga sekitar Rp50.000an. Sehingga untuk perjalanan dan pulang, siapkan Rp100.00an. Kereta ini berangkat sekitar pukul 04.25 dengan jadwal tiba 11.40.

Mudahkan Menjelajahi Wisata Banyuwangi dengan Sewa Motor Rp100.000an

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Ilustrasi Sewa Motor via shutterstock

Berhubung menggunakan transportasi umum demi mencapai Banyuwangi, maka lebih nyaman menyewa motor untuk keliling Banyuwangi. Tidak jauh dari Stasiun Banyuwangi Baru terdapat tempat rental motor dengan harga sekitar Rp65.000an per hari.

Bisa juga minta sepeda motor untuk diantarkan ke stasiun dengan biaya tambahan. Sediakan juga biaya bensin mulai dari Rp50.000an. Tergantung seberapa seringnya motor digunakan.

Makan Siang Sego Tempong Mbok Wah yang Legendaris Rp25.000an

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Sego Tempong (c) Rosita/Travelingyuk

Berada di jalan selama berjam-jam tentu cukup menguras energi, oleh karena itu mampir dulu untuk makan siang sebelum menuju tempat menginap. Salah satu kuliner legendaris Banyuwangi yang harus dicoba adalah Sego Tempong Mbok Wah di Jalan Gembrung Nomor 220, Lingkungan Watu Ulo, Bakungan, Glagah. Tempat makan ini berjarak sekitar 25 menitan dari stasiun.

Di sini, cobalah Sego Tempong dengan harga Rp25.000an. Sudah bisa menjajal nasi putih, lauk yang bisa pilih sendiri, dan sayuran maupun lalapan. Bagi pecinta pedas, dijamin akan jatuh cinta pada penganan ini.

Hemat Budget Menginap di Gandrung City Hostel Rp50.000an

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Gandrung City Hostel (c) Rosita/Travelingyuk

Demi dapat liburan di Banyuwangi dengan modal 300 ribuan, Gandrung City Hostel dapat menjadi alternatif tempat menginap. Biaya menginap di sini mulai dari Rp40.000an per malam dengan fasilitas yang cukup memuaskan. Tipe kamar untuk biaya tersebut adalah dorm alias tempat tidur susun.

Gandrung City Hostel beralamat di Jalan S.Parman, Gg. Merpati no. 32, Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Selain sarana di hostel, tempat menginap ini juga menyediakan rental motor, loh. Jadi bila belum sempat menyewa sebelumnya, bisa pinjam di sini.

Nah, setelah menempuh perjalanan jauh dan makan siang. Saatnya Teman Traveler untuk beristirahat sejenak di hostel ini. Segarkan badan dengan mandi, setelah itu bersantai dulu sampai capek cukup hilang.

Makan Malam Menggoyang Lidah di Resto Jaran Goyang Rp25.000an

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Menu Lobster di Resto Jaran Goyang via Instagram @gluttonwanderers

Demi menghemat tenaga untuk jelajah wisata Banyuwangi keesokan harinya, pilihlah tempat makan yang tidak jauh dari hostel. Salah satunya adalah Resto Jaran Goyang di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 91, Tukangkayu, Kertosari. Dapat dicapai dengan motor selama 15 menitan.

Menu andalan di sini adalah olahan seafood seperti udang, kepiting, cumi-cumi, maupun lobster. Ada juga Ayam Sambel Tempong dan Ayam Bakar Lalapan. Rentang harga menu di Resto Jaran Goyang sekitar Rp25.000an.

Hari 2

Sarapan Sego Cawuk Mak Mantih yang Eksis Sejak 1972 Rp10.000an

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Sego Cawuk via Instagram @illirahotelbanyuwangi

Sudah puas beristirahat di hari kemarin, saatnya untuk menjelajahi wisata Banyuwangi. Namun sebelumnya sarapan kuliner khas Kota Gandrung yaitu sego cawuk. Teman Traveler dapat meluncur ke Sego Cawuk Mak Mantih di Dusun Prejengan, Desa Rogojampi, Kecamatan Rogojampi. Cukup naik motor selama 20 menitan.

Puaskan merasakan nikmatnya satu porsi sego cawuk yang terdiri dari nasi, lauk-pauk, kuah pindang, dan tentunya parutan kelapa muda serta serutan jagung bakar. Teman Traveler bebas memilih lauk; di antaranya beragam pepes, telur pindang, kikil, dan banyak lainnya. Harganya cukup terjangkau, kok. Mulai dari Rp10.00an per porsi, tergantung ikan yang dipilih.

Bersantai Sejenak di Pantai Boom yang Menjadi Lokasi Festival Tahunan Tari Gandrung Rp10.000an

Pengin menyaksikan beragam atraksi menarik di satu tempat? Nah, untuk itu setelah sarapan segera arahkan motor ke Pantai Marina Boom. Dapat dicapai selama kira-kira 30 menitan dari Sego Cawuk Mak Mantih.

Di sinilah Teman Traveler dapat menyaksikan lanskap pantai maupun memandang Pulau Bali di kejauhan sana. Atraksi terbaru adalah adanya jembatan lintas spiral nan instagenic di dermaga kapal pesiar. Jangan heran bila tempat ini dipenuhi pelancong demi berfoto.

Selain itu, ada pula rumah kuno zaman Belanda yang telah dipoles sedemikian rupa sehingga dapat menjadi latar belakang foto juga. Bila ingin lebih lama di sini, boleh juga singgah di restorannya.

Jelajahi Kekayaan Budaya Desa Penari Rp5.000an

Pesona Desa Penari via Instagram @desa_kemiren

Sudah puas berfoto di Pantai Boom, lanjutkan ke Desa Kemiren yang dapat dijangkau dengan berkendara selama 20 menitan. Tiket masuk ke sini adalah Rp5.000an. Inilah desa penari yang begitu melegenda dengan Tari Gandrungnya. Teman Traveler dapat menyaksikan kemagisan tarian tersebut di Sanggar Genjah Arum.

Pesona budaya lain adalah kehidupan Suku Osing yang tinggal di sini. Mereka mempertahankan beragam tradisi seperti bentuk rumah, ritual, maupun rangkaian kegiatan bercocok tanam sampai menumbuk padi secara tradisional.

Selanjutnya, bagi pecinta kopi tentunya harus menjajal minuman tersebut di Desa Kemiren. Namanya adalah Kopi Jaran Goyang yang punya cara khusus untuk menikmatinya. Dekatkanlah cangkir kopi ke hidup, hirup aromanya, lalu seruputlah dengan nikmat.

Santap Siang Pecel Pitik Khas Banyuwangi Rp15.000an

Pecel Pitik via Instagram @hobimakan.banyuwangi

Dalam rangka traveling hemat 300 ribuan di Banyuwangi, pilihlah tempat makan dengan harga menu terjangkau seperti Warung Pecel Pitik. Lokasinya masih di kawasan Desa Kemiren. Di sinilah Teman Traveler dapat menyantap nikmatnya penganan unik khas Kota Osing dengan modal Rp15.000an.

Pecel Pitik sendiri sebenarnya kuliner untuk pelengkap ritual adat Suku Osing. Terdiri dari nasi putih dan suwiran ayam bakar yang telah dicampur bumbu khas.

Kulineran Sekaligus Menikmati Performa Budaya di Waroeng Kemarang Rp20.000an

Waroeng Kemarang via Instagram @rafatourbanyuwangi

Untuk menikmati malam yang indah khas Banyuwangi, singgahlah di Waroeng Kemarang. Menyantap kuliner Kota Osing seperti sego tempong, rujak soto, pecel pitik, maupun kopi lethek. Siapkan saja budget sekitar Rp20.00an.

Selain itu, ada pula performa budaya yang akan menemani makan malam. Ada Tari Gandrung, angklung, barong, dan gamelan. Suasana semakin syahdu sebab bangunan Waroeng Kemarang mengusung konsep rumah khas Jawa.

Hari 3

Sarapan Jajan Pasar di Desa Kemiren

FI Itinerari Banyuwangi 300 Ribuan
Jajanan Tradisional via Instagram @desa_kemiren

Hari terakhir di Banyuwangi dapat ditutup dengan kulineran. Setelah berkemas dan check-out, langsung meluncur saja ke Desa Kemiren. Setiap Minggu pagi ada Pasar Jajanan di sini. Teman Traveler bebas memilih beragam kudapan tradisional dengan harga sekitar Rp5.000an.

Setelah puas, saatnya untuk pulang ke Surabaya. Jangan lupa kembalikan sepeda motor atau sekali lagi gunakan jasa jemput kendaraan dari si empunya tempat sewa.

Nah, dengan modal sekitar 300 ribuan bisa dong liburan seru di Banyuwangi. Puas kulineran dan jelajahi wisata budayanya. Bagaimana tertarik untuk mempraktikkannya?

Tags
Banyuwangi Banyuwangi 300 Ribuan Indonesia Itinerari kuliner banyuwangi LoMudaLoBisa wisata banyuwangi
Share