Indahnya Bangunan Tua di Indonesia, Tak Selalu Angker Namun Juga Memukau

Sebagai negara yang pernah dijajah belanda, Indonesia sedikit banyak masih menyisakan beberapa peninggalan zaman kolonial. Salah satunya adalah bangunan-bangunan dengan arsitektur klasik yang bisa kamu temui di negara kita. Bahkan kebanyakan menjadi cagar budaya dan dilindungi keberadaannya. Di bawah ini, Travelingyuk memberikan daftar tempat dengan bangunan yang memukau.

1. Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta [image source]
Nama Museum Fatahillah pasti sudah tidak asing lagi di telinga traveler dan sering dibahas dalam buku sejarah di sekolah-sekolah. Museum yang memiliki nama asli Museum Sejarah Jakarta ini menyimpan benda-benda bersejarah terkait Kota Jakarta dan Indonesia. Pada tahun 1707, bangunan ini berfungsi Balai Kota.

Situasi di sekitar Museum Fatahillah [image source]

2. Situs Warungboto, Jogja

Bagian dalam Situs Warungboto [image source]
Situs Warungboto adalah bangunan peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono II yang telah berumur ratusan tahun. Tempat ini sebenarnya tidak terlalu kalah jauh apabila dibandingkan dengan Kompleks Istana Air Taman Sari. Bahkan bentuk bangunannya lebih keren dan foto-able. Dengan latar belakang tempat ini, kamu bisa berfoto seperti berada dalam sebuah bangunan di Amerika Latin.

Panorama Situs Warungboto [image source]

3.  Lawang Sewu, Semarang

Bagunan Lawangsewu yang ikonik [image source]
Pada era Hindia Belanda, Lawang Sewu merupakan bangunan yang berfungsi sebagai kantor dari perusahaan kereta api swasta. Setelah sempat tak terurus, pada tahun 2011 tempat ini selesai dipugar. Walaupun banyak cerita mistis yang beredar, hal tersebut tak membuat pengunjung yang datang ke Lawang Sewu menjadi berkurang. Malah saat ini Lawang Sewu semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Panorama Lawang Sewu saat malam hari [image source]

4. Gereja Gothic Sayidan, Jogja

Tempat tinggal keluarga terpandang [image source]
Gereja Gothic muncul dari sebutan masyarakat karena bentuknya menyerupai gereja. Padahal, bangunan ini adalah sebuah hunian yang telah lama ditinggalkan. Dibangun pada tahun 1979 dengan bentuk rumah konvensional, bangunan ini kemudian dipugar dengan rupa seperti saat ini sekitar tahun 1986. Penggunaan menara-menara dan patung menambah kuat arsitektural Eropa bangunan ini.

Peninggalan keluarga Tionghoa [image source]
Peninggalan-peninggalan indah ini menjadi kekayaan sejarah Indonesia yang harus dipertahankan. Tak hanya menjadi tempat wisata, tempat-tempat di atas juga sering menjadi spot untuk berfoto, baik untuk prewedding maupun sekedar berswafoto. Mana tempat yang pernah kamu kunjungi?

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Tengah peninggalan sejarah Wisata Yogyakarta
Share