Banda Neira, Keindahannya Bagai Surga di Timur Indonesia

Advertisement

Tanah Indonesia memang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Pesona luar biasa menjadikan banyak traveler mancanegara selalu membanjiri sektor pariwisata Indonesia. Mulai dari pulau Bali, Lombok, Labuan Bajo, Raja Ampat, Pulau Kei, Komodo hingga lainnya. Semua ini justru berada diwilayah Timur Indonesia. Nah, ada salah satu pulau cantik yang perlu kamu jelajahi yaitu Banda Neira.

Banda Neira dengan sejuta keindahan bak surga dunia
Banda Neira dengan sejuta keindahan bak surga dunia. Foto via alonesia.com

Pulau ini berada di Kepulauan Banda Maluku Tengah, Meski tak setenar Labuan Bajo ataupun Raja Ampat, Pulau penghasil rempah-rempah terbesar ini ternyata menyuguhkan pemandangan yang super menakjubkan. Tak banyak traveler yang berdatangan lantaran jarak pulau memang tergolong jauh.

Dari kota Ambon kamu harus melakukan perjalanan dengan kapal laut yang memakan waktu 6 hingga 8 jam dengan biaya Rp. 450.000 hingga Rp. 650.000 per orang. Jadi coba untuk bersabar ya! Untuk kamu yang ingin perjalanan lebih cepat dapat menggunakan pesawat seperti susi air dengan harga mulai dari Rp. 700.000 hingga Rp. 900.000 dan mendarat di Bandara Banda Neira Rajawali.

Benteng Belgica salah satu peninggalan peninggalan Belanda yang masih terjaga dengan baik
Benteng Belgica salah satu peninggalan peninggalan Belanda yang masih terjaga dengan baik. Foto via getlost.id

Nah, ada beberapa tips ketika ingin menjelajah Banda Neira. Kamu harus berkeliling di kota kecil Banda Neira terlebih dahulu. Meski dengan berjalan kaki kamu cukup menghabiskan 3 jam saja dari ujung hingga ujung kota. Banyak sekali wisata sejarah peninggalan Belanda yang masih terjaga dan terawat dengan baik. Mulai dari Gunung Api banda, Benteng Belgica, Gereja Tua Hollandische Kerk, Rumah Budaya, Istana Mini hingga yang lainnya. Ini menunjukkan bahwa masa penjajahan Belanda di tanah Banda Neira sangat maju pesat.

gugusan pulau dan gunung api purba Neira menjadi pemandangan paling menakjubkan
gugusan pulau dan gunung api purba Neira menjadi pemandangan paling menakjubkan. Foto via come2indonesia.com

Puas berwisata sejarah, saatnya menikmati keindahan gugusan pulau kecil yang berpanorama indah. Pulau cantik seperti Pulau Hatta, Pulau Rhun dan pulau kecil lainnya sangat merugi untuk ditinggalkannya. Kegiatan air yang biasa dilakukan digugusan pulau kecil ini adalah diving dan snorkeling. Spot terbaik lainnya adalah Lava Flow tepat di dermaga Banda Neira. Namun kamu wajib memakai life jacket dan tetap berhati hati agar tidak menginjak terumbu karang disana.

Keindahan terumbu karang di Banda Neira yang sangat terjaga dengan baik
Keindahan terumbu karang di Banda Neira yang sangat terjaga dengan baik. Foto via idntimes.com

Rasanya tak cukup kalau hanya semalam di Banda Neira. Tenang, Banda Neira menyuguhkan penginapan yang cocok untuk traveler backpacker kok. Harga permalam berkisar dari Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 saja. Masalah kuliner, papeda adalah makanan paling khas di area kepulauan Maluku. Makanan ini terbuat dari bubur sagu yang bertekstur lengket yang disuguhkan dengan ikan tongkol dan dibumbui kuntit. Cocok untuk kamu yang menghindari makanan kolesterol.

Papeda menjadi makanan khas Maluku dan Papua
Papeda menjadi makanan khas Maluku dan Papua. Foto via triptrus.com

Sebelu pulang, rasanya kurang pas ketika tidak membawa oleh-oleh khas Banda Neira. Pala adalah salah satu oleh-oleh terpopuler di tanah Banda Neira. Rasa yang manis dan bertekstur empuk ini sangat menggoda hari santaimu sebagai camilan sore hari.

Advertisement
Tags
Banda Neira tips dan inspirasi tips traveling wisata maluku wisata nusantara
Share