Indah dan Kaya Sejarah, Perkenalkan Banda Neira

Destinasi wisata yang memukau bukan hal yang sulit untuk ditemukan di Indonesia. Terlebih lagi di bagian timur nusantara, berbagai macam keindahan alam dapat dengan mudah ditemukan. Banda Neira adalah salah satu contohnya. Daerah yang masih tergabung dalam Kepulauan Maluku ini memiliki pesona wisata yang luar biasa. Mulai dari keindahan bawah lautnya, hingga bangunan-bangunan bersejarahnya.

Benteng Belgica

Bentuk bangunan Benteng Belgica yang mirip dengan Pentagon via instagram
Bentuk bangunan Benteng Belgica yang mirip dengan Pentagon via instagram/@mirzachld

Benteng yang sering dijuluki sebagai Indonesian Pentagon ini dibangun oleh Portugis pada abad ke-16. Kemudian pada tahun 1611, tempat ini diduduki dan dibangun oleh oleh VOC. Terdapat sebuah menara di setiap sisi benteng ini. Dari situ, pengunjung dapat melihat panorama Kepulauan Banda. Mulai dari perairan di Teluk Banda, sunset, hingga pohon pala yang rimbun di Pulau Banda Besar.

Istana Mini

Pengunjung sedang berfoto di bagian depan Istana Mini via instagram
Pengunjung sedang berfoto di bagian depan Istana Mini via instagram/@rhiaalemout

Bentuknya yang mirip dengan Istana Negara di Jakarta, membuat tempat ini dijuluki dengan nama Istana Mini. Namun dalam skala yang lebih kecil. Istana Mini merupakan replika dari bangunan yang berada di dalam Benteng Nassau. Karena bangunan asli di dalam benteng dirasa tidak aman dihuni karena gempa, pemerintah membangun ulang tempat yang dulunya berfungsi sebagai kantor gubernur tersebut.

Rumah Budaya Banda Neira

Bagian dalam Rumah Budaya yang menyimpan banyak benda peninggalan sejarah via instagram
Bagian dalam Rumah Budaya yang menyimpan banyak benda peninggalan sejarah via instagram/@dharafsa

Tempat ini berisi berbagai macam peninggalan sejarah. Di dalamnya terdapat catatan sejarah tentang Banda Neira di masa penjajahan. Barang-barang peninggalan VOC juga dapat ditemukan di dalam Rumah Budaya Banda Neira. Mulai dari furniture, lukisan masa kolonial, hingga meriam.

Rumah Pengasingan Bung Hatta dan Sutan Sjahrir

Pengunjung sedang membaca informasi di depan Rumah Pengasingan Bung Hatta via instagram
Pengunjung sedang membaca informasi di depan Rumah Pengasingan Bung Hatta via instagram/@cecisusanto

Kepulauan yang berada di dalam provinsi Maluku ini memiliki komoditas rempah seperti pala dan cengkeh yang menjadi incaran VOC. Selain itu, kepulauan yang memiliki biota laut yang indah ini menjadi tempat pembuangan untuk beberapa politikus Indonesia. Seperti Bung Hatta, Sutan Sjahrir, dan Dr. Tjipto Mangunkusumo. Sebelum diasingkan di Banda Naira, Hatta dan Sjahrir sempat dibuang ke Boven Digoel.

Indonesia memang negara yang menarik. Baik alam, budaya, maupun sejarahnya. Tak heran jika sebelum kemerdekaan banyak negara yang memperebutkan Indonesia. Seperti Banda Neira yang dulu diincar karena produksi pala yang berlimpah. Mana tempat yang paling ingin kamu kunjungi di Indonesia?

Tags
Banda Neira Indonesia Kepulauan Banda Maluku Wisata
Share