Deretan Balkondes di Sekitar Borobudur yang Sajikan View Menawan

Oktaffyani Puji

Oktaffyani Puji

On Indonesia
Balkondes Balkondes

Pernah dengar Balkondes? Yap, singkatan dari Balai Ekonomi Desa ini adalah program yang dibentuk oleh BUMN dan diharapkan dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Indonesia. Tak hanya alam, kuliner dan kerajinan tangan dikenalkan dalam Balkondes di sekitar Candi Borobudur ini. Menariknya tempat menginao tersebut tidak hanya satu tempat, tapi banyak. Wah, penasaran dengan wajah deretan balkondes di Magelang ini kan? Yuk, intip penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Oktaffyani Puji.

1. Balkondes Wringinputih

Balkondes wringinputih
Balkondes Wringinputih(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Desa Wringinputih dikenal sebagai desa wisata bambu. Bekerja sama dengan Pertamina, Wringinputih mengembangkan wisata Bale Bambu Klatakan yang jadi tempat wisata. Di dalamnya juga terdapat spot foto dengan tema unik dari bambu bernama Omah Guyub. Nah, lokasinya salah satu Balkondes di Sekitar Borobudur berjarak kisaran 2,5 km.

2. Balkondes Wanurejo

BALKONDES WANUREJO
Balkondes Wanurejo(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Wanurejo sudah terkenal sebagai desa wisata seni di sekitar Borobudur. Letaknya berada sekitar 2 km dari candi dan unik karena diapit oleh dua sungai yaitu Progo dan Sileng. Di Wanurejo, Teman Traveler bisa mengunjungi Museum Gunoroso Pondok Tingal dan beberapa pusat seni lainnya. Di sebelahnya juga ada wisata yang tergolong baru yaitu Junk Yard Auto Park.

3. Balkondes Majaksingi

BALKONDES MAJAKSINGI
Bakondes Majaksingi(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Pernah dengar Rumah Kamera Borobudur? Nah, Balkondes Majaksingi berada tepat di sebelahnya, sekitar 3 km dari kompleks candi. Saat ini akses masuk ke sini pun masih melalui rumah kamera. Selain keindahan pegunungan yang menawan, di Balkondes di Sekitar Borobudur satu ini, Teman Traveler juga melihat habitat dari monyet ekor panjang.

4. Balkondes Duta Menoreh

BALKONDES DUTA MENOREH
Balkondes Duta Menoreh(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Balkondes di sekitar Borobudur berikutnya adalah Duta Menoreh yang berada di Desa Tanjungsari. Di sini tersaji pemandangan indah perbukitan Menoreh yang menawan. Selain alam, Tanjungsari menyimpan beberapa potensi wisata sejarah. Pastinya tak akan bosan jelajah tempat wisata di Magelang ini

5. Balkondes Tuksongo

BALKONDES TUKSONGO
Bakondes Tuksongo(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Desa Tuksongo menyajikan berbagai variasi wisata berupa budaya, kesenian, pendidikan, dan juga agrowisata. Pengalaman berbeda yang bisa Teman Traveler dapatkan saat ke sini adalah pelayanannya sudah berbasis teknologi digital. Seperti tiket wisata yang bisa dipesan melalui online serta pembayaran menggunakan digital cash. Pemandangan alam dari Balkondes Tuksongo juga tidak kalah keren, berupa gunung Merapi-Merbabu dan Sumbing-Sindoro.

6. Balkondes Kebonsari

BALKONDES KEBONSARI
Balkondes Kebonsari(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Balkondes Kebonsari memang masih sedikit asing di telinga kita. Namun, Teman Traveler yang berencana membeli oleh-oleh kerajinan bambu, biasanya barang tersebut diproduksi dari Desa Kebonsari. Nah, jika ingin melihat pembuatannya, langsung saja mampir ke Desa Kebonsari yang terletak sekitar 5 km dari Candi Borobudur.

7. Balkondes Karanganyar

BALKONDES KARANGANYAR
Balkondes Karanganyar(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Desa Karanganyar sendiri sudah terkenal sebagai daerah penghasil gerabah. Sesuai dengan potensi desa yang ada, Balkondes Karanganyar dikembangkan menjadi Pottery Academy. Pengunjung dapat belajar bagaimana membuat gerabah dari tanah liat. Hasil karya ini bisa dibawa pulang.

8. Balkondes Giritengah

BALKONDES GIRITENGAH
Balkondes Giritengah(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Balkondes Giritengah saat ini masih dalam proses pembangunan, namun digadang-gadang akan menjadi tempat wisata unik dan menarik. Lokasinya dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Punthuk Mongkrong, Pos Mati, Punthuk Sukomojoyo, hingga Gupakan Kendhil. Meski pembangunan belum rampung, namun pengunjung sudah bisa berkunjung ke balkon utama atau sekedar berfoto di sekitarnya.

9. Balkondes Candirejo

BALKONDES CANDIREJO
Balkondes Candirejo(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Balkondes Candirejo memiliki paket wisata menarik yang belum ada di tempat lain yaitu sensasi rafting di Kali Progo. Bukan dengan perahu karet biasa, di sini menawarkan rafting menggunakan gethek, sejenis perahu bambu sederhana. Teman Traveler mau coba?  Datang saja ke Candirejo yang berada sekitar 4 km dari Candi Borobudur.

10. Balkondes Ngadiharjo

BALKONDES NGADIHARJO
Balkondes Ngadiharjo(c)Oktaffyani Puji/Travelingyuk

Terakhir, Balkondes Ngadiharjo yang paling terkenal dan digadang-gadang sebagai balkondes dengan pemandangan terbaik. Dari sini Teman Traveler bisa melihat indahnya matahari terbit dan terbenam sekaligus diantara perbukitan Menoreh. Lokasinya berjarak sekitar 5 km dari Borobudur.

Nah, itu dia 10 Balkondes di sekitar Borobudur yang menarik untuk dijadikan tujuan berwisata. Pastikan tempat-tempat di atas masuk dalam daftar destinasimu, ya. Jadi, kapan nih liburan ke Magelang?