Bakso Krikil Pak Supri, Kuliner Jogja Lezat Wajib Mampir

Advertisement

Apa sih yang tidak ada adi Yogyakarta? Wisata kota, seperti Tugu dan Malioboro sudah menjadi lokasi yang harus dikunjungi saat berada di wilayah ini. Selain itu, alam indah yang ada di Kaliurang dan Gunung Kidul pun tak boleh dilewatkan begitu saja. Tak hanya itu, kuliner Jogja juga beragam dan luar biasa enaknya. Contohnya yang satu ini.

Bakso Inovasi Baru

Berukuran seperti kerikil
Berukuran seperti kerikil [image source]
Makan-makan di Yogyakarta bisa membuatmu lupa dengan diet atau kolesterol, lho. Gudeg dan sate klathak sudah menjadi menu yang harus dinikmati selagi berkunjung ke kota asal band Sheila on 7 ini. Selain itu, ada juga bakso enak yang menjadi favorit orang di semua kalangan. Masih ingat dengan bakso mangkok juga yang berbentuk kuburan mantan? Nah, kali ini ada yang paling baru, yaitu berbentuk seperti batu kecil-kecil, makanya disebut Bakso Krikil.

Warung Bakso Krikil Pak Supri
Warung Bakso Krikil Pak Supri [image source]

Murah Meriah dengan Rasa Wah

Berisi 50 hingga 60 bakso kecil
Berisi 50 hingga 60 bakso kecil [image source]
Namanya Bakso Krikil, usaha yang dimiliki oleh Pak Supri ini merupakan cabang dari yang ada di Magelang. Namun, bakso ini yang pertama di Yogyakarta. Hanya dengan 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati 50 hingga 60 bakso kecil-kecil, lengkap dengan mie kuning dan juga irisan tahu. Pak Supri juga menambahkan satu buah pentol yang ukurannya lebih besar. Jangan lupa kuahnya yang segar dan gurih. Meski tergolong baru, warung sederhana ini sudah diserbu banyak pelanggan, lho. Apalagi kalau bukan karena murah dan rasanya yang wah.

Bakso krikil Pak Supri
Bakso krikil Pak Supri [image source]

Lokasi Bakso Krikil Pak Supri

Dengan potongan tahu dan juga kuah yang gurih
Dengan potongan tahu dan juga kuah yang gurih [image source]
Warung sederhana milik Pak Supri ini terletak di Jalan Godean, Km 5, No. 105, Gamping. Rutenya gampang saja. Dari Tugu, ikon terkenal Jogja, langsung ambil arah barat ke jalan Kyai Mojo. Dari situ, lurusa saja hingga bertemu dengan jalan Godean. Bakso Krikil berlokasi sekitar 50 meter setelah lampu merah pertama dan ada di sebelah kanan jalan. Karena jalanan yang ramai dan tidak ada lahan parkir yang disediakan, lebih baik menggunakan motor saat berkunjung ke sini, ya.

Bakso krikil Pak Supri, Jogja
Bakso krikil Pak Supri, Jogja [image source]

Mampir di Es Buah untuk Pereda Pedas

Es Buah PK
Es Buah PK [image source]
Menyantap bakso memang paling nikmat ditemani oleh minuman dingin. Warung milik Pak Supri memang sederhana, dan hanya menyediakan teman makan yang standar seperti es jeruk dan es teh. Namun jangan khawatir, tak jauh dari sini ada Es Buah PK yang terkenal segar dan dijamin bisa meredakan pedasmu karena bakso krikil yang disantap sebelumnya. Buahnya lengkap, dari alpukat hingga sawo yang disajikan dalam kuah susu dengan bongkahan es yang melegakan. Mantap abis!

Es Buah PK Godean
Es Buah PK Godean [image source]

Gudeg Song Djie untuk Oleh-oleh

Gudeg Song Djie
Gudeg Song Djie [image source]
Selagi menuju jalan pulang, boleh nih membungkus kudapan sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah. Tepat di seberang Es Buah PK, ada Gudeg Song Djie Bu Atmo yang kenikmatannya sudah melegenda. Di sini, juga tersedia bubur gudeg, lho. Lauknya sangat lengkap, ayam, telur, tahu, dan tempe. Tak hanya itu, Song Djie juga bisa mengirim masakannya sehari sampai untuk saudara atau teman tersayang yang ada di luar kota. Nah, jadi tidak kenyang sendirian, nih.

Oleh-oleh Gudeg Song Djie
Oleh-oleh Gudeg Song Djie [image source]
Jadi bertambah satu lagi alasan untuk berkeliling Jogja. Tak hanya ke pantai dan gunung, berpetualang dari makanan enak satu ke santapan nikmat lainnya juga perlu dicoba. Bagaimana, ada yang sudah mencicipi bakso krikil ini?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner Jogja wisata jogja
Share