Kuliner Bakso Raksasa di Indonesia, Kuat Ngabisinnya?

febri rama

febri rama

On Kuliner

Bakso adalah nama makanan yang sebenarnya diidentikkan dengan Malang atau Solo, namun sebenarnya bisa dibilang sebagai hidangan sejuta umat. Dari Sabang sampai Merauke, Bakso tersebar dan menjaring penggemar dari berbagai kalangan, mungkin ada juga di luar negeri. Karena orang Indonesia itu beragam, sajian bakso juga akhirnya bermacam-macam. Bahkan konon katanya, racikan kuah bakso antara satu orang adegan yang lainnya itu berbeda-beda.

Inovasi untuk santapan yang umumnya terbuat dari daging sapi ini terus saja berkembang. Misalnya saja dari segi ukuran, ada yang kecil-kecil seperti kelereng dan besar layaknya bola . Ada juga yang sampai memenuhi mangkoknya. Melihatnya saja bisa langsung bikin kenyang, namun jika kamu adalah pencinta bakso sejati pasti nggak nolak diberi beberapa bakso raksasa berikut ini.

1. Bakso Astagfirullah

Bakso Astagfirullah [image source]
Bakso Astagfirullah [image source]

Ukuran bakso di tempat ini memang bikin kaget karena nggak umum alias besar sekali. Kabarnya sampai sekarang belum ada yang bisa menghabiskan satu porsi bakso besar ini. Pemilik warung bersama dengan suaminya sengaja memilih cara yang berbeda agar usahanya lancar dan terkenal. Selain itu, bakso Astagfirullah memang legendaris dan telah ada sejak tahun 80an. Awalnya hanya sebesar kepalan tangan, namun terus diperbesar susuai dengan permintaan para pembeli. Satu bakso besar bisanya dihargai Rp. 150 ribu. Sebagai pilihan dijual juga bakso ukuran normal, semuanya dibuat dengan tangan dan menggunakan bahan tanpa pengawet.

Alamat : Jalan Sukawarna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

2. Bakso Klenger

Bakso Klenger [image source]
Bakso Klenger [image source]

Nama lainnya adalah Bakso Ratusari dan dikenal sebagai tempat tongkrongannya penggemar bakso di Jogja. Bukan hanya menyajikan bakso biasa, namun ada juga yang ukurannya tak lazim. Cukup besar bahkan beratnya mencapai 5 kg. Jangan coba-coba menghabiskannya sendiri ya, namun kalau sanggup sih tidak apa-apa karena selama ini untuk ukuran yang sedang saja kebanyakan orang hanya mampu melahap separuhnya . Sejak memilih inovasi menjual bakso besar, kedai milik Achmad Fardiansyah Taufik ini dikenal sebagai Bakso Klenger.

Alamat : jalan Wahid Hasyim no. 296 Nologaten, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Bakso Klenger Surabaya

Bakso Klenger Surabaya [image source]
Bakso Klenger Surabaya [image source]

Kota Pahlawan juga punya kedai bakso andalan yang didatangi para pengunjung untuk menuntaskan rasa penasaran mereka dengan ukuran bakso yang jumbo. Normalnya, dalam satu mangkuk ada kuah, bakso, tahu, dan pelengkap lainnya. Yang ini tidak begitu, dalam satu mangkuk dipenuhi oleh satu butir bakso. Ya, hanya satu saking besarnya. Ada beberapa pilihan ukuran. Untuk level 1 diameternya sekitar 15 cm, terus membesar hingga level 6 dengan diameter mencapai 40 cm. Harganya tentu beragam disesuaikan dengan ukuran dan jumlah bakso yang kamu makan. Kisarannya antara Rp. 15 ribu hingga Rp. 300 ribu.
Alamat : Jl. Rembang Utara Blok Tuban No. 8, Bubutan, Jepara, Bubutan, Kota SBY,

4. Bakso Raksasa Pondok Gizi

Bakso pondok gizi [image source]
Bakso pondok gizi [image source]

Warung Bakso ini benar-benar pas untuk memperbaiki gizi, coba saja membeli menu andalannya berupa bakso raksasa. Bukan hanya kenyang yang kamu dapatkan, tapi juga sehat dan puas. Letaknya ada di jalur yang menghubungkan Depok dan Jakarta. Jika kamu lewat di sana, sempatkan untuk mampir. Rasa baksonya mantap sampai ke dalam-dalamnya meski berukuran besar. Satu porsi biasa dihargai Rp 25 ribu. Ada juga pilihan makanan lain seperti mie ayam.

Alamat : Jl. Raya Grogol, Grogol, Limo, Kota Depok, Jawa Barat

5. Bakso Buto Mamank Tse

Bakso Buto [image source]
Bakso Buto [image source]

Solo adalah gudangnya bakso, ada banyak pilihan tempat. Nah jika kamu ingin mencari yang teksturnya begitu mantap dan rasa dagingnya terasa masukan Warung Bakso Buto Mamank Tse dalam daftar teratasmu. Nggak heran juga sih karena kabarnya pembuatan bakso di tempat ini menggunakan ukuran 90 persen daging sapi pilihan dan 10 persen tepung. Biar puas, coba beli bakso buta yang paling besar dengan kisaran harga Rp 60 ribu. Sebagai pelengkap disajikan juga Mie Ayam, Mie Bakso, Mie Urat, dan Mie So Urat.
Alamat : Kadipiro, Surakarta, Jawa Tengah

6. Bakso Setan Puncak

Bakso Setan Puncak [image source]
Bakso Setan Puncak [image source]

Sesuai namanya, siapapun yang melihat penampakan Bakso Setan akan begidik ngeri, bukannya takut tapi nggak kebayang bagaimana cara menghabiskan satu porsi jumbo sendirian. Nggak usah terlalu dipikirkan, ajak saja teman-temanmu untuk menikmatinya bersama-sama pasti akan lebih seru. Hidangan yang besarnya seperti bola takraw ini beratnya bisa sampai setengah kilogram. Cara memasak yang khusus, membuat kelezatannya merata dan tidak membuat konsumen kesulitan melahapnya.

Alamat : Jl. Raya Puncak – Cianjur, Cisarua, Bogor,

Itulah beberapa penampakan bakso raksasa yang dijual di seantero Nusantara. Apakah kamu kuat menghabiskannya sendiri?