Bakmi Jowo Bu Citro di Solo, Kuliner Legendaris Asli Kota Kelahiran Jokowi

Advertisement

Solo, kota kelahiran Presiden Joko Widodo memang menyimpan beragam kuliner enak. Apalagi kota ini terkenal dengan makanan murah meriah. Salah satu yang legendaris dan laris manis dikunjungi adalah Bakmi Jowo Bu Citro. Buat kamu yang gemar menyantap beragam olahan mie, yuk merapat ke sini!

Sejarah Terciptanya Mie Jowo Bu Citro

Kuliner legendaris Solo, via Instagram/nonabudianto
Kuliner legendaris Solo, via Instagram/nonabudianto

Bakmi Jowo Bu Citro merupakan tempat legendaris di Solo yang awalnya dirintis oleh Pak Citro Puspito dan istrinya. Awalnya, Pak dan Bu Citro ini berjualan nasi goreng di sekitaran Jl. Veteran, Kelurahan Tipes, Solo dengan memanfaatkan gerobak yang bisa dibongkar pasang.

Usaha ini dimulai pada tahun 1970. Gerobak bongkar pasang pun akhirnya berganti dengan tempat makan permanen. Awalnya hanya berdua, kemudian ada karyawan dan karyawati untuk dilatih dengan resep dari Pak dan Bu Citro.

Rahasia Kekezatan Bakmi Jowo Bu Citro

Citarasa enak yang bikin terpikat, via Instagram/catraagfa
Citarasa enak yang bikin terpikat, via Instagram/catraagfa

Banyak orang menyebutkan jika Bakmi Jowo Bu Citro adalah salah satu yang terenak di Solo. Rahasianya adalah saat masak menggunakan anglo atau tungku dari tanah liat dengan bahan bakar arang. Karena menggunakan cara yang masih tradisional inilah, aroma bakminya begitu khas.

Satu porsi bakmi hangat akan memberikan cita rasa gurih, dan lezat. Ada rempah-rempah yang bikin tubuh jadi hangat. Ditambahkan dengan potongan sayur sawi dan taburan bawang goreng, rasanya makin nikmat.

Menu bakmi godog, via Instagram/kezianisa
Menu bakmi godog, via Instagram/kezianisa

Tidak hanya bakmi Jawa, ada beberapa menu lain yang bisa dicoba. Contohnya adalah nasi goreng yang sederhana namun citarasanya istimewa. Seporsi nasi goreng akan dilengkapi dengan telur orak-arik dan ayam suwir yang menggoda. Bumbunya terasa kuat, serta pedasnya begitu kuat.

Alamat Bakmi Jowo Bu Citro

Pilihan kuliner yang enak, via Instagram/cadokgembul
Pilihan kuliner yang enak, via Instagram/cadokgembul

Buat kamu para penggemar bakmi, tempat makan di Solo ini bisa banget jadi rekomendasi. Ada dua cabang yang bisa kamu datangi, yang pertama di Jl. Pulanggeni, Tipes, Solo. Lainnya ada di Jl. Wijayakusuma yang sebenarnya tidak jauh dari cabang yang pertama.

Pusat Bakmi Jowo Bu Citro berada di Jl. Pulanggeni No. 40, Tipes, Serengan, Solo. Bukanya mulai dari jam 16:00 hingga pukul 23:00 WIB. Satu porsi bakmi dibanderol Rp17.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

Kuliner Solo memang kerap menyuguhkan rasa-rasa yang pas di lidah. Pastikan mampir ke Bakmi Jowo Bu Citro saat liburan ke kota asal Jokowi ini, ya?

Advertisement
Tags
Bakmi Jowo Bu Citro Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo
Share