4 Tempat Makan Legendaris di Solo, Rasa Menu Andalannya Bikin Melongo

Advertisement

Solo merupakan salah satu tempat sempurna untuk liburan. Tidak hanya keindahan alam, budaya di kota ini juga masih kental. Namun, terasa ada yang kurang jika tak sekalian berburu kuliner. Apalagi berkunjung ke tempat makan legendaris di Solo yang menjadi buruan banyak orang. Bingung di mana saja? Berikut rekomendasinya.

1. Sate Buntel Bu Bejo

Sate Haji Bejo
Sate Haji Bejo via instagram/@thoryc.id

Siapa yang tak tergiur dengan sate buntel. Kuliner yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak ini memiliki rasa spesial yang susah untuk dijelaskan. Nah, menu ini dapat kamu temukan di Solo. Salah satu tempat yang terkenal dan legendaris adalah Warung Haji Bejo di Jalan Sungai Sebakung No 1, Kedung Lembu, Pasar Kliwon. Tidak hanya sate, di sini juga ada tongseng, tengkleng dan gulai yang tak kalah nendang. Jangan kaget, untuk mendapatkan seporsinya kamu harus sabar untuk mengantre.

Tengkleng H Bejo
Tengkleng H Bejo via instagram/@homeykitchen_

2. Timlo Sastro

Timlo Sastro Solo
Timlo Sastro Solo via instagram/@jajansolo

Bingung mau sarapan apa di Solo? Jika ingin makanan berkuah, cobalah Timlo Sastro yang sudah terkenal kelegendarisannya. Tempat makan yang berada di Pasar Gede ini buka dari jam 6 hingga 3 sore. Seporsi timlo ini berisikan daging ayam suwir, potongan telur pindang, hati dan ampela, serta sosis Solo. Selain itu, kamu bisa memesan sesuai seleramu dengan menambah atau mengurangi isian. Untuk kuahnya juga tak kalah lezat. Apalagi disajikan saat masih hangat-hangatnya.

Timlo Sastro
Timlo Sastro via instagram/@jajansolo

3. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi Solo
Tengkleng Klewer Bu Edi Solo via instagram/@mlipirjajan

Tak hanya di Warung Haji Bejo, kamu juga bisa merasakan tengkleng istimewa yang juga cukup legendaris di Solo. Apalagi kalau bukan Tengkleng Bu Edi yang berada di kawasan Pasar Klewer. Tidak hanya soal rasanya, penyajian menu ini juga unik menggunakan alas daun pisang. Cara tersebut agar membuat aroma tengkleng makin wangi. Meski Bu Edi telah berpulang, tapi cita rasa dari menu di sini tak berubah. Masih enak seperti dulu.

Tengkleng Klewer Bu Edi
Tengkleng Klewer Bu Edi via instagram/@widjonoahmad

4. Selat Solo Mbak Lies

Warung Selat Mbak Lies Solo
Warung Selat Mbak Lies Solo via instagram/@sbyfoodhunter

Berikutnya, tempat makan legendaris yang bisa kamu coba adalah Warung Selat Solo Mbak Lie. Letaknya di Jalan Yudhistira Gang II No 42 Serengan. Buka dari tahun 1987, menu andalan di sini terdiri dari dua varian, yaitu selat bistik dan selat galatin. Untuk seporsi selat bistik yang difavoritkan banyak orang, menu ini terdiri dari daging sapi iris, paduan kentang goreng, telur pidang, selada, buncis, serta acar bawang.

Warung Selat Mbak Lies
Warung Selat Mbak Lies via instagram/@solo.ngangeni

Nah, itulah empat rekomendasi tempat makan legendaris di Solo. Bagaimana, kapan nih berangkat ke kota kelahiran Presiden Joko Widodo?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share