Wah, Keganasan Badai Irma Hisap Sebuah Lautan di Karibia

Amerika Serikat sedang berduka karena serangan Badai Irma. Penasaran kenapa dinamakan seperti nama orang? Ternyata badai-badai yang datang ke Amerika Serikat sudah diberi nama sesuai alfabet, juga yang dipilih adalah nama yang halus dan lembut. Jika saat menyerang, badai menelan banyak korban ( seperti Badai Katrina), maka nama tersebut akan dipensiunkan.

Badai Irma ini sudah memporak-porandakan Florida, bahkan di daerah yang tak pernah terkena badai sejak tahun 1921, yaitu Tampa Bay. Dilansir dari www.bbc.com, lokasi paling parah selain Tampa adalah St. Petersburg karena berada di jalur badai.

Badai Irma di Florida
Badai Irma di Florida [image source]
Ribuan orang di Florida mengungsi dan hidup seadanya, juga tanpa listrik. Sebelumnya, Badai Irma juga melewati Karibia. Saat lewat, topan ini ternyata menghisap lautan Bahama. Seperti yang diketahui, Laut Karibia merupakan salah satu yang terindah di dunia. Meski dulunya termasuk surga dunia yang dihindari, karena banyaknya cerita tentang perompak paling ganas di lokasi.

Long island, Bahama
Long island, Bahama [image source]
Namun, cerita tinggal cerita. Laut Karibia menjadi destasi impian selain Maldives. Sayangnya, kecantikan surgawi laut ini sekarang hanya tinggal kenangan. Sekitar minggu lalu, hampir seluruh air laut dihisap ke pusat badai Irma dan dibawa berkeliling. Dilansir dari international.sindonews.com, fenomena aneh tersebut ramai dibicarakan di sosial media.

Pantai Bahama, Karibia
Pantai Bahama, Karibia [image source]
Angela Fritz, editor cuaca dari Washington Post, menulis; ”Pada dasarnya, Badai Irma begitu kuat dan tekanannya sangat rendah, menyedot air dari sekitarnya ke inti badai.” Meski begitu, air diramalkan akan kembali, meski tak langsung dalam skala besar. “Bagaimanapun, ini bukan tanda tsunami. Air akan kembali ke Long Island, dan mungkin tidak akan terburu-buru kembali dengan kekuatan yang besar. Mungkin akan kembali pada hari Minggu sore,” jelasnya.

Bahama Beach mengering
Bahama Beach mengering [image source]
Hingga sekarang, sudah ada sekitar 20 korban jiwa di kawasan Karibia. Semoga badai ini cepat berlalu dan korban yang mengungsi bisa segera kembali ke rumah.

Tags
Amerika Serikat Bencana Alam Luar negeri
Share