Cobain Ayam Taliwang H. Moerad Mataram, Eksis Selama Setengah Abad

Teman Traveler sedang berencana liburan ke Mataram, Lombok? Sempatkan buat icip ayam taliwang khas Lombok, ya. Salah satu gerainya adalah Ayam Taliwang H. Moerad yang jadi kuliner legendaris dan populer. Apa saja memang keistimewaannya? Pengin tahu? Langsung simak ulasan berikut.

Ayam Taliwang H. Moerad Dirintis Sejak 1965an

Lezatnya Ayam Taliwang via Shutterstock
Lezatnya Ayam Taliwang via Shutterstock

Ayam Taliwang H. Moerad ini telah ada semenjak tahun 1965an dan sampai sekarang masih eksis. Jadi sudah setia menemani para pelanggannya selama hampir setengah abad. Konon H. Moerad dan Hj. Salamian, sang istri, merupakan pelopor adanya ayam taliwang di Mataram.

Saat ini, gerai dikelola oleh generasi kedua. Mereka juga punya beberapa gerai lain di area Mataram, yang dikelola oleh cucu H. Moerad.

Pertahankan Teknik Membakar Khas Taliwang

Ayam Taliwang H.Moerad
Mengolah Ayam Taliwang via Facebook Taliwang H Moerad Online

Cara pembakaran pada menu di Ayam Taliwang H. Moerad ini dikatakan sebagai khas Taliwang. Di mana ayam dibelah bagian punggungnya, kemudian sayap dilipat ke belakang. Kemudian ayam tersebut dibakar setengah matang, barulah digoreng sebentar. Dilanjutkan lagi dengan membakarnya di atas arang sembari diolesi bumbu.

Tekstur ayam taliwang ini cenderung kering di luar namun lembut dan mudah disobek bagian dalamnya. Keistimewaan lain pada sajian kuliner ini terletak pada cita rasanya yang pedas menggugah selera. Sumbernya ada pada penggunaan cabai merah Lombok dan cabai kering. Terbayang bagaimana sedapnya?

Ayam Taliwang Kuliner Perdamaian Perang

Ilustrasi Ayam Taliwang Sebagai Kuliner Perdamaian via Shutterstock
Ilustrasi Ayam Taliwang Sebagai Kuliner Perdamaian via Shutterstock

Keberadaan ayam taliwang ini ternyata sebagai kuliner perdamaian perang. Dahulu, masing-masing bagian dari pasukan Kerajaan Taliwang diutus untuk membantu Kerajaan Selaparang dalam melawan Kerajaan Karangasem.

Juru masak dari Kerajaan Taliwang pun menyajikan sajian ayam yang bahannya diambil dari tempat sekitar. Ternyata disukai oleh pasukan dari kerajaan-kerajaan tersebut.

Seiring berjalannya waktu, sajian ayam taliwang disesuaikan dengan kesukaan masyarakat Sasak setempat yang suka cita rasa pedas.

Menjajal Ayam Taliwang H. Moerad

Cocok Buat Kulineran Rame-rame via Facebook Taliwang H Moerad Online
Cocok Buat Kulineran Rame-rame via Facebook Taliwang H Moerad Online

Teman Traveler yang pengin cobain lezatnya Ayam Taliwang H. Moerad bisa langsung melipir ke Jalan Pelikan Nomor 6 Kelurahan Pejanggik, Kecamatan Mataram. Letaknya tidak jauh dari Taman Sangkareang maupun Pura Dalem Karang Jangkong, cukup jalan kaki 10-15 menitan.

Terdapat setidaknya lima pilihan cara pengolahan ayam, seperti goreng, bakar, plecing, bakar kecap, dan bakar madu. Harga satu porsi di Ayam Taliwang H. Moerad kurang lebih Rp45 ribuan bisa dimakan bareng-bareng. Jangan lupa juga pesan plecing kangkung sebagai pendamping makan ayam taliwang.

Teman Traveler ada yang sudah pernah icip? Enak, kan? Jadi sudah siapkan itinerary liburan ke Mataram?

Tags
Ayam Taliwang H. Moerad Indonesia kuliner Kuliner Legendaris Lombok Mataram Nusa Tenggara Barat
Share