Rujak Cingur Mak Soerip di Maospati Magetan, Jalan-jalan Tetap Kenyang

Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya yang juga tersebar di daerah lainnya di Jawa Timur. Misalnya saja Magetan, daerah yang mendapat julukan sebagai Kota Kaki Gunung ini juga menyuguhkan rujak cingur dengan rasa yang mak nyus dan bikin terbius. Tempatnya adalah Rujak Cingur Mak Soerip yang sangat legendaris dan berdiri beberapa dekade yang lalu. Apa keistimewaan dari rujak cingur Mak Soerip ini? Mari ikuti ulasan menariknya seperti berikut ini.

Lokasi Rujak Cingur Mak Soerip

Lokasi Rujak Cingur Mak Soerip, Via Instagram heruindrojuwono
Lokasi Rujak Cingur Mak Soerip, Via Instagram heruindrojuwono

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kelezatan dari Rujak Cingur Mak Soerip, mari lebih dahulu mengetahui lokasinya. Tempat kuliner Magetan ini berada di Jl. Raya Maospati No. 71, Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Rute termudah yang bisa kamu tempuh untuk bisa ke sini adalah dari Terminal Maospati ke arah timur menuju kota Madiun. Posisinya berada di seberang jalan Landasan Udara (Lanud) Iswahyudi.

Daya Pikat yang Ditawarkan Rujak Cingur

Rujak cingur Maospati, Via Instagram silvyartandsouvenirs
Rujak cingur Maospati, Via Instagram silvyartandsouvenirs

Karena rasanya yang sangat mak nyus, rujak cingur di sini banyak diburu oleh para pengunjungnya. Karena hal itulah, para pengunjung yang datang ke sini seringkali kehabisan. Jika datang terlalu sore bisa-bisa sudah habis. Nah, salah satu hal yang membuat banyak orang kembali datang adalah cingurnya yang sangat kerasa dan bumbunya yang mantap sekali. Biasanya, orang-orang membeli rujak cingur dengan es dawet, perpaduan yang sangat endes.

Rujak Mak Soerip, Via Instagram ferdini_nst
Rujak Mak Soerip, Via Instagram ferdini_nst

Dalam satu porsi rujak cingur biasanya akan ada irisan cingur, beberapa buah mentimun, mangga muda, nanas, bengkuang, kedondong lalu ditambah dengan tempe, tahu, bendoyo lalu sayuran. Untuk jenis sayurannya mulai dari taoge, kangkung dan juga kacang panjang. Semua bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya kemudian disiram dengan bumbu kental yang terbuat dari petis udang, gula merah, cabe, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, irisan tipis pisang klutuk dan kemudian ditambah air matang.

Menu Selain Rujak Petis Mak Soerip

Rujak di Maospati, Via Instagram rina_ekawati87
Rujak di Maospati, Via Instagram rina_ekawati87

Selain rujak petis, warung makan yang berlokasi di Maospati ini ini juga menyuguhkan menu lainnya. Sebut saja lotek dan jug nasi rawon. Lalu untuk minumannya juga cukup beragam, ada es dawet, es campur, es jeruk, es teh, dan juga es soda gembira. Rujak Cingur Maospati Mak Soerip ini buka setiap Selasa sampai Minggu setiap pukul 09:30 sampai 15:30 WIB.

Harga Rujak Petis Mak Soerip

Bumbunya yang sangat melimpah, Via Instagram zendyhardianto
Bumbunya yang sangat melimpah, Via Instagram zendyhardianto

Sementara itu untuk harganya sendiri cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kenikmatan rasa dari rujak cingurnya. Untuk seporsi rujak cingur di sini dibanderol dengan harga Rp21.000, lalu es dawet Rp10.000 per sajiannya. Harga tersebut berlaku saat artikel ini dibuat sekitar bulan Juni 2018.

Buat kamu yang memutuskan untuk jalan-jalan di sekitaran Madiun, Magetan ataupun juga Ngawi, jangan lupa mampir mencicipi kelezatan dari rujak cingur Mak Soerip ini ya.

Tags
Jawa Timur kuliner Indonesia Magetan rujak cingur mak soerip
Share