Ayam Calabay Jember, Kuliner Serbuan Para Mahasiswa Jember

Advertisement

Rasanya dunia kuliner tidak bakal lepas dari kehidupan manusia. Kebutuhan pokok satu ini pasti menjadi hal wajib yang tidak bisa ditunda. Banyak warung bertebaran menjajakan masakan yang beraneka ragam hidangan, hingga tak cukup untuk dicobain satu-satu. Bagi kalangan traveler low-budget pastinya cukup mencari kulineran dengan harga yang ramah dikantong. Ini juga berlaku bagi anak kost kuliahan. Keterbatasan biaya menjadi salah satu untuk tetap mencari kulineran murah meriah.

Warung Ayam Calabay Jember menjadi serbuan kalangan mahasiswa
Warung Ayam Calabay Jember menjadi serbuan kalangan mahasiswa. Foto via GoFood.com

Nah, begitu kamu berkunjung ke kota Jember, tidak ada salahnya menyusuri kuliner dengan harga yang cukup meriah. Langsung saja datangi kedai Ayam Calabay, salah satu warung serbuan kalangan mahasiswa yang selalu ramai lantaran memiliki harga yang sangat murah meriah. Ayam Calabay ini menjual sajian dari lalapan ayam yang digeprek atau dipenyet dengan sambal khas Calabay.

Nasi Ayam Lalapan dengan tambahan es teh manis cukup dengan Rp. 12.000 saja
Nasi Ayam Lalapan dengan tambahan es teh manis cukup dengan Rp. 12.000 saja. Foto via restaurantguru.com

Bagi mahasiswa, harga menjadi tolak ukur nomor satu. Satu paket ayam Calabay beserta es teh segelas cukup dihargai sebesar Rp. 12.000 saja. Nasi putihnya yang hangat, teksturnya punel dan pastinya pas banget membuat perut kenyang. Tidak hanya itu, jejeran lalapan seperti irisan mentimun dan daun kemnagi yang sangat menyegarkan serasa semangat untuk melalapnya. Nah, untuk ayamnya, sangat empuk, tersedia juga ayam krispi. Kadang ketika digeprek tulangnya pun ikut ambyar, maklum ayam calabay memang sangat empuk.

Warung Calabay dengan area interior yang luas
Warung Calabay dengan area interior yang luas. Foto via restaurantguru.com

Nah, yang paling nampol di ayam calabay ini adalah sambalnya. Sambal ijo yang super lezat dan gurih khas Calabay ini menjadi incaran bagi siapapun yang menyukai masakan pedas. Pilihan sambal lainnya adalah sambal plecing, tingkat kepedasannya lebih tinggi. Cocok untuk kamu yang ingin makan masakan pedas dengan sensari keringat mencucur. Namun untuk kamu yang tidak menyukai pedas, jangan khawatir, Ayam Calabay siap menyediakan sambal tidak pedas.

Sambal ijo khas Calabay super lezat pantas saja selalu diserbu banyak kalangan
Sambal ijo khas Calabay super lezat pantas saja selalu diserbu banyak kalangan. Foto via masakapahariini.com

Kebanyakan para mahasiswa ini membeli paket ayam bungkus atau dibawa pulang ke kost, dalam istilah kerennya adalah Take Away. Namun, untuk kamu yang buru-buru kelaperan, langsung saja makan ditempat atau dine-in. Untuk es tehnya pun juga sudah disediakan didalam gelas dan gelas plastik untuk yang pesan bungkus. Jadi sangat praktis dan pastinya tidak memerlukan antrian yang lama.

Menu ayam Calabay dibungkus siap dibawa pulang ke kost
Menu ayam Calabay dibungkus siap dibawa pulang ke kost. Foto via restaurantguru.com

Harga ayam Celebay ini memiliki beberapa menu paket. Untuk paket 1 dengan harga Rp. 12.000 dengan isi Nasi Ayam Penyet Lalapan + Sambal Ijo/Sambal Plecing dan Es Teh. Untuk Paket 2 dihargai sebesar Rp. 17.000 meliputi Nasi + Ayam Potong goreng Lalapan + Sambal ijo/Sambal Plecing + Es Teh. Paket 3 dihargai Rp. 20.000 karena menggunakan ayam kampung. Dan Paket 4 seharga Rp. 23.000 karena menggunakan Bebek Goreng.

Warung Ayam Calabay bakal ramai ketika jam-jam makan siang dan makan malam
Warung Ayam Calabay bakal ramai ketika jam-jam makan siang dan makan malam. Foto via restaurantguru.com

Nah, penasaran kan dengan Ayam Calabay? Kamu cukup datang ke lokasi Ayam Calabay yang memiliki dua cabang di Jember, yang pertama berlokasi di Jalan Jawa, Jember, tepat disebelah Barat SMA negeri 2 Jember. Dan cabang ke dua berlokasi di Jalan Karimata, Jember, Sisi Selatan Geprek Bensu Jember. Kondisi warung sangat luas dan tentunya bersih membuat banyak pengunjung merasa nyaman. Bagi kamu yang ingin mengadakan acara makan-makan bareng murah meriah, Ayam Calabay adalah juaranya. Jam operasional warung ini buka setiap hari sejak pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Untuk hari Minggu buka mulai dari jam 15.00 hingga jam 22.00 WIB.

Advertisement
Tags
ayam kuliner jember kuliner murah Kuliner Nusantara lalapan sambal
Share