Asia Camera Museum, Surga Pecinta Fotografi di Penang

Jika Teman Traveler berkesempatan menyambangi wisata di Penang, ada banyak hal menarik yang bisa kalian temukan. Salah satunya adalah museum dengan beragam tema, mulai dari sejarah, seni, dan fenomena modern. Salah satu yang cukup recommended adalah Asia Camera Museum.

Sesuai namanya, Asia Camera Museum memiliki ratusan koleksi kamera dari masa ke masa. Teman Traveler bahkan bisa melihat unit kamera dari era 1800-an di sini. Sungguh sebuah surga bagi para pecinta fotografi! Yuk, simak cerita saya saat jalan-jalan di sini.

Berada di Kawasan George Town

x21__1_of_1__uOC.JPG
Beragam koleksi menarik ada di sini (c) Helga Christina/Travelingyuk

Asia Camera Museum menyimpan koleksi tua hingga aneka perlengkapan fotografi dari beberapa dekade silam. Mulai dari peralatan lighting hingga meja rias, semua bisa dilihat di sini. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau karena berada di kawasan George Town Malaysia.

Alamat tepatnya ada di 71, Armenian Street, 10200, George Town, Penang, Malaysia. Begitu sampai di tempat yang buka mulai pukul 10.00 hingga 18.00 ini, Teman Traveler langsung saja naik ke lantai dua. Tiket masuknya hanya berkisar antara RM15 hingga RM20.

Koleksi Kamera Tua dan Aksesori

Asia Camera Museum
Banyak koleksi kamera antik di sini (c) Helga Christina/Travelingyuk

Asia Camera Museum dibuka pertama kali pada awal 2004. Tempat ini menyimpan lebih dari 1.000 koleksi kamera dan aksesorinya. Beberapa di antaranya sangat antik dan mungkin belum pernah Teman Traveler lihat sebelumnya.

Tak hanya dari Malaysia, beberapa barang koleksi di Asia Camera Museum juga didatangkan dari penjuru dunia. Jenisnya pun beragam, mulai dari perekam video dari era 1980-an, hingga kamera jadul dengan cermin besar dari era 1800-an.

x19__1_of_1__X2I.JPG
Banyak peralatan unik ada di sini (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain itu masih ada beberapa produk lawas dari Leica dan Zeiss, dua produsen yang tentu sudah tak asing di telinga para penggemar fotografi. Teman Traveler juga bisa melihat beberapa aksesori unik seperti lampu-lampu dan lainnya.

Oh ya, tak perlu khawatir jika berkeliling di sini karena Teman Traveler akan ditemani seorang guide. Dia akan menjelaskan secara detail mengenai tiap koleksi yang dipajang. Jika ada yang menarik perhatian, kalian bisa langsung bertanya.

Ada Banyak Spot Keren

x14__1_of_1__ZHf.JPG
Banyak koleksi jadul (c) Helga Christina/Travelingyuk

Asia Camera Museum juga punya banyak sudut keren yang bisa Teman Traveler jadikan latar belakang berfoto. Salah satunya adalah meja perbaikan kamera, yang dihiasi beragam peralatan reparasi dari era 60-an. Berfoto dengan pose memperbaiki kamera di sini tentu akan menarik.

x12__1_of_1__kWq.JPG
Surganya pecinta kamera dan fotografi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Selain itu masih ada spot studio foto ala zaman dulu, lengkap dengan meja riasnya. Sudut ini dihiasi beberapa koleksi foto lawas, bahkan ada sebuah foto yang diklaim tertua di Penang. Sayang, pengunjung tidak diperkenankan mengambil gambar karena ada hak cipta dari pemiliknya.

Tak sekedar melihat, Teman Traveler juga bisa mencoba beberapa kamera lawas yang masih berfungsi di sini. Sangat menarik, lho.

Ruang Gelap

x22__1_of_1__31v.JPG
Ruang gelap untuk memroses foto (c) Helga Christina/Travelingyuk

Spot menarik lain yang pantang dilewatkan adalah Dark Room alias ruang gelap. Tempat ini digunakan untuk mencuci foto hasil jepretan kamera analog. Teman Traveler bisa mendapat sedikit gambaran mengenai bagaimana proses cetak foto sebelum era digital.

x17__1_of_1__CEG.JPG
Berpose di ruang gelap (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sebagai oleh-oleh, Teman Traveler bisa membeli beragam aksesori lucu. Salah satu yang cukup menarik perhatian saya adalah gantungan kunci berbentuk kamera. Jika tombolnya ditekan, bisa mengeluarkan suara serta flash mirip kamera asli. Harganya hanya RM20, lho.

Asia Camera Museum
Gantungan kunci kamera yang lucu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Asia Camera Museum. Buat Teman Traveler yang hobi fotografi atau punya minat besar terhadap sejarah teknologi, bisa coba mampir ke sini. Dijamin kalian bakal mendapat banyak pengalaman menarik dan tak terlupakan.

Tags
Asia Camera Museum kontributor Luar negeri Penang Travelingyuk Wisata wisata penang
Share