Asem-asem Koh Liem di Semarang, Tawarkan Konsep Cina-Jawa Tradisional dari Tahun 1978

Advertisement

Semarang menawarkan banyak sekali destinasi wisata kuliner yang enak. Tidak salah jika di tahun 2015 yang lalu, Kementerian Pariwisata menetapkan Semarang sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan. Dari sekian banyak daftar makanan enak, pastikan Asem-asem Koh Liem ada di dalamnya. Asem-asem ini merupakan kuliner legendaris yang menawarkan cita rasa Cina-Jawa Tradisional yang juga masuk dalam jajaran warung tertua di Semarang. Penasaran rasanya?

Warung yang Legendaris Sejak 1978

Asem-asem Koh Ling, Via Instagram/foodiary_semarang
Asem-asem Koh Ling, Via Instagram/foodiary_semarang

Warung Asem-Asem Koh Liem ini sudah ada sejak 1978. Hal tersebut juga tertera di tulisan tembok yang berada di dalam warung. Pemilik warungnya bernama Pak Swie Liem atau yang akrab disebut dengan Koh Liem. Meskipun sudah berusia 3 dekade, wisata kuliner di Semarang ini tetap tidak membuka cabang. Jadi, pastikan untuk tidak keliru di tempat atau kota lainnya, ya.

Rahasia Kelezatan dari Asem-asem Koh Liem

Bikin air liur mengucur, Via Instagram/surabayafoodies
Bikin air liur mengucur, Via Instagram/surabayafoodies

Seperti namanya, menu utama yang ditawarkan di sini adalah asem-asem. Banyak pengunjung mengakui jika asem-asem di sini memiliki rasa yang sangat pas. Rahasia kelezatannya terletak dari campuran tiga bumbu dapur andalan, yakni asem jawa, belimbing wuluh dan juga tomat. Selain itu, pemilihan daging dan urat yang memang menjadi komponen utama sayur ini.

Sensasi rasa yang menggugah selera, Via Instagram/cicikokobuncit
Sensasi rasa yang menggugah selera, Via Instagram/cicikokobuncit

Asem-asem di sini memiliki isian yang sederhana, ada daging sapi bagian sendoro yakni daging dalam, urat, daging usus, urat dan juga potongan cabai Jepang.

Asem-asem Koh Liem
Asem-asem Koh Liem (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Meskipun isiannya sederhana, semangkuk asem-asem disini memiliki memiliki rasa yang begitu kaya. Ada rasa asam mencolok yang diseimbangkan dengan belimbing wuluh dan tomat.

Menu yang rekomended dicoba, Via Instagram/nyonyalydia
Menu yang rekomended dicoba, Via Instagram/nyonyalydia

Daging dalam asem-asem di sini juga memiliki tekstur yang empuk karena dimasak selama kurang lebih dua jam. Ditambah lagi, rasa dari asem-asemnya yang segar. Plus kuahnya memiliki cita rasa manis lantaran memanfaatkan kecap asli Semarang, Kecap Mirna. Seporsi asem-asem hangat dipadu dengan nasi yang uapnya masih mengepul akan sangat nikmat.

Juga tawarkan menu lain, Via Instagram/gitoeste
Juga tawarkan menu lain, Via Instagram/gitoeste

Selain menu utama, di sini juga menawarkan banyak masakan lainnya yang tidak kalah lezatnya. Jumlah menunya mencapai 50 jenis. Contohnya saja sayur tahu, capcay, udang goreng, sayur lodeh, telur gimbal, sayur bening, dan ragam kuliner rumahan yang lain.

Mari dicoba, Via Instagram/bandungfoodie
Mari dicoba, Via Instagram/bandungfoodie

Alamat Warung Asem-asem Koh Liem

Warung Asem-asem Koh Liem, Via Instagram/jeng_irene
Warung Asem-asem Koh Liem, Via Instagram/jeng_irene

Jika Teman Traveler ingin menjajal kesegaran dan kenikmatan asem-asem Koh Liem bisa langsung melipir ke warungnya. Lokasinya berada di Jl. Karang Anyar No. 28/C4, Semarang. Tempatnya berdekatan dengan SMA Kolese Loyola Semarang. Buka setiap hari mulai jam 07:00 sampai dengan pukul 20:00 WIB. Untuk rentang harganya, mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp50.000. Untuk asem-asemnya sendiri, harganya Rp33.000, per Juli 2018.

Semarang memang menyuguhkan banyak lokasi kuliner yang layak banget buat dikunjungi. Maka dari itu jika sedang jelajah Kota Lumpia, jangan lupa untuk mencoba kelezatan dari asem-asem Koh Liem ya. Bagaimana, Teman Traveler ada yang sudah pernah mencicipi sendiri masakan luar biasa ini?

Advertisement
Tags
asem-asem koh liem Indonesia Jawa Tengah kuliner semarang
Share