Tak Perlu ke Arab, Kebun Kurma Kini Ada di Pasuruan

Di awal tahun 2017 tepatnya pada bulan Januari lalu, dibuka tempat wisata Pasuruan yang baru. Sebuah tujuan rekreasi unik yaitu Duta Wisata Kebun Kurma. Digagas oleh H. M. Roeslan yang juga merupakan pemilik Saygon Water Park. Terletak di Desa Sukorejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kebun yang berdiri di atas lahan seluas 3,7 hektar ini telah memiliki sekitar 150 pohon kurma. Tak sulit untuk menemukan lokasinya karena berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan raya dan telah dilengkapi papan petunjuk.

Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan [via]

Ide menciptakan agrowisata kebun kurma muncul setelah lahan tersebut tak kunjung berfungsi secara optimal. Pada awalnya sang pemilik berpikir bahwa tanah tersebut akan dijadikan kawasan industri. Namun sayangnya belum ada pengembang yang melirik lokasi tersebut. Tak kehabisan akal, Pak Roeslan pun menyulapnya menjadi sebuah tempat wisata sekaligus edukasi.

Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan [via]

Dalam kurun waktu yang terbilang sangat singkat sejak Agustus 2016 lalu, beliau berhasil membangun tempat rekreasi yang kini telah menarik minat banyak pengunjung. Kehadiran lokasi wisata ini seakan mematahkan kabar yang selama ini beredar bahwa kurma tidak dapat tumbuh di Indonesia. Bahkan telah ada beberapa pohon yang berhasil berbuah dan berbunga. Rencananya akan ditambah hingga sekitar 400 pohon di lokasi ini dengan jenis yang berbeda mulai dari  kurma lokal, lulu, ajwah, sultana, barhee, hingga Thailand.

Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan [via]

Di dalam kebun yang dikelilingi pagar beton setinggi 3 meter ini selain terdapat ratusan pohon kurma, pengunjung juga dapat melihat beragam tanaman lainnya yaitu pohon delima, tin, siwak, dan zaitun. Berbagai fasilitas menarik pun telah dihadirkan di sini seperti pesawat boeing 737 bekas milik maskapai Bouraq yang dapat dinaiki untuk berfoto sekaligus menikmati panorama dari ketinggian, miniatur ka’bah lengkap dengan jalan dari Shafa ke Marwah, beberapa stand makanan, pondok-pondokan yang terbuat dari kayu dan kontainer, serta arena permainan. Demi kenyamanan pengunjung yang ingin berkeliling dengan berjalan kaki, dibangun jalur khusus di sisi kebun agar wisatawan juga bisa melihat tanaman lebih dekat. Jika tak ingin kelelahan, bisa juga jalan-jalan dengan menggunakan andong atau motor ATV.

Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan [via]

Tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Selain menarik untuk rekreasi, Duta Wisata Kebun Kurma juga sarat akan nilai edukasi. Meski proses pembangunan belum sepenuhnya selesai, namun berbagai fasilitas keunikan yang disuguhkan di sini mampu menarik minat pengunjung. Selain itu di kota lain pun belum ada yang menawarkan agrowisata kebun kurma semacam ini.

Duta Wisata Kebun Kurma Pasuruan [via]

Kedepannya sang pemilik berharap bahwa Duta Wisata Kebun Kurma tak hanya menjadi tempat wisata Pasuruan saja, tapi juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak hingga bahan penelitian untuk berbagai institusi, serta lokasi pelaksanaan manasik haji dan umroh. Selain itu akan dihadirkan stand makan khas Timur Tengah untuk membuat suasana semakin terasa khas. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp5.000,- saja, lho. Murah banget kan! So, tunggu apa lagi segera ajak keluarga dan temanmu berselfie ria disini!

 

Tags
Indonesia Jawa Timur Kebun Pasuruan
Share