Indahnya Air Terjun Situmurun, Mengalir Langsung ke Danau Toba

Advertisement

Aliran air terjun pada umumnya berasal dari air sungai maupun anak sungai yang mengalir dari tempat tinggi. Namun, berbeda dengan Air Terjun Situmurun yang mengalir langsung ke Danau Toba. Pesonanya dapat dinikmati dari atas kapal maupun berenang langsung di sekitar aliran. Pengin tahu bagaimana cara ke sini? Simak ulasan berikut.

Air Terjun 7 Tingkat

Air Terjun Situmurun toba
Air Terjun Situmurun (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Air Terjun Situmurun begitu istimewa. Tingginya saja mencapai 70 meter dengan 7 tingkatan. Tak heran bila pesonanya membuat pelancong rela menempuh perjalanan jauh. Air terjun yang oleh warga setempat disebut juga Binangalom ini berjarak kurang lebih 70 kilometer dari Kota Balige.

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Jalu, Kabupaten Toba Samosir. Airnya mengalir langsung menuju Danau Toba. Berkunjung ke sini, Teman Traveler dapat sekalian menyaksikan lanskap Danau Toba.

Berangkat dari Medan

lrm_export_351060207025174_20190811_212923525_uQp.jpeg
Perbukitan hijau sekitar Danau Toba (c) Elizabeth Situmorang/ TravelingYuk

Air Terjun Situmurun atau Binangalom tergolong lumayan jauh dari perkotaan jadi dijamin di tempat ini masih asri. Apabila anda dari Medan atau dari Bandara Internasional Silangit anda hanya menuju Kota Parapat. 4-5 Jam perjalanan dari Medan dan sekitar 2 jam dari Bandara Internasional Silangit.

Setiba di Parapat anda bisa turun di Pantai Atsari Hotel, Di Pelabuhan Tigaraja, dan pelabuhan Ajibata untuk menyewa kapal. Namun lebih baik jika sudah membooking kapal dari jauh-jauh hari agar lebih efektif dan itinerary lebih terjadwal. Lama perjalanan untuk ke tempat ini sekitar 45 menit. 

Akses Menuju Air Terjun Situmurun

lrm_export_3010279378588_20190822_110204911_Ejk.jpeg
Bersama teman lebih seru (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Akses menuju ke tempat ini hanyalah melalui jalur transportasi air. Untuk ke tempat ini juga biasanya dengan menyewa kapal yang harganya mulai dari Rp 1.000.000,- sampai 2.500.000 tergantung kapasitas dan besar kecilnya kapal tersebut. Namun kapal tersebut sudah dapat mengangkut penumpang sekitar 50 sampai 100 orang. Jadi disarankan Teman Traveler datang ke tempat ini bersama rombongan agar biaya terasa ringan.

Apabila masih tersisa banyak waktu kita bisa juga loh meminta awak kapal untuk berkeliling-keliling di sekitar Danau Toba. Seperti ke Desa Sigapiton, Batu Gantung, Tomok, Ambarita serta Tuk-tuk tergantung kesepakatan dengan pihak awak kapal. Jangan khawatir akan keselamatan penumpang karena di setiap kapal selalu disediakan pelampung. Dan juga di kapal kita bisa barbeque-an serta karaoke-an bersama teman.

Air Terjun Situmurun toba
Air Terjun Situmurun (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Emang bisa? Danau Toba kan mistis! Biasanya orang-orang yang hanya mendengar kabar burung akan berkata seperti itu. Namun saya rasa setiap tempat selalu mempunyai penghuni namun itu tidak menjadi masalah asalkan kita selalu menjaga kebersihn dan sikap saat mengunjungi suatu tempat terlebih yang bukan tempat kita sendiri. Jadi tidak perlu takut untuk berkunjung ke tempat ini.

Berenang di Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun toba
Air Terjun Situmurun (c) Elizabeth Situmorang/ TravelingYuk

Nah, di Air Terjun Situmurun atau Binangalom ini Teman Traveler bisa berenang di tempat ini. Airnya sangat segar namun sangat disarankan agar tidak terlalu dekat dengan area jatuhnya air terjun karena biasanya di tempat tersebut putaran air sangat kuat. Di setiap kapal juga akan disediakan pelampung untuk para penumpang jadi jangan khawatir untuk keamanan.

lrm_export_3095571843920_20190822_110330204_r41.jpeg
Bersama teman lebih seru (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Selain itu, Teman Traveler juga bisa memancing ditempat ini dengan membawa perlengkapan memancing karena di lokasi ini tidak disediakan
sewa atau jual beli alat memancing. Biasanya untuk biaya masuk ke tempat
ini, Teman Traveler tidak perlu membayar retribusi lagi karena sudah menjadi tanggung jawab dari awak kapal.

Air Terjun Situmurun toba
Air Terjun Situmurun (c) Elizabeth Situmorang /TravelingYuk

Nah, apakah teman traveler tertarik untuk melihat langsung  keindahan Air Terjun Situmurun sekaligus Danau Toba? Jangan sampai terlewatkan saat anda berlibur ke Pulau Samosir.

Advertisement
Tags
Air Terjun Situmurun danau toba kontributor Sumatra Utara Toba Samosir Travelingyuk Wisata Toba
Share