Menyibak Pesona Parapat, Gerbang Menuju Pulau Samosir

Jika berbicara soal wisata Sumatra Utara, umumnya kebanyakan orang akan langsung memikirkan Danau Toba atau Pulau Samosir. Namun demikian, ternyata masih ada satu tempat lagi yang menyimpan potensi luar biasa sebagai destinasi traveling. Tempat yang dimaksud tak lain adalah Kota Parapat.

Kota Parapat sendiri merupakan salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik asing maupun domestik, jika kebetulan mereka datang ke Sumatra Utara. Salah satu daya tarik terbesar di wilayah yang berada d selatan Kota Medan ini adalah ragam kebudayaannya. Total tedapat empat suku di Parapat, yakni Batak Toba, Pakpak, Karo, dan Simalungun. Selain itu masih ada juga pendatang dari Sunda, Jawa, Padang, dan etnis Tionghoa.

Keberagaman bidaya tersebut terlihat begitu jelas dalam gaya arsitektur beberapa bangunan rumah ibadah di kota kecil ini. Namun selain itu, masih ada banyak potensi wisata alam dan kuliner yang patut untuk dijelajahi lebih dalam. Daripada penasaran, berikut TravelingYuk sajikan beragam spot menarik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Kota Parapat.

1. Batu Gantung Parapat

Keindahan pemandangan di sekitar Batu Parapat via Instagram andrareandra

Batu Gantung Parapat kerap ramai dikunjungi turis karena punya bentuk yang unik. Jika diperhatikan, bebatuan di sini tampak mirip dengan sesosok manusia yang digantung dalam kondisi terbalik. Usut punya usut, ternyata ada sebuah mitos menarik dibalik fenomena menarik ini.

Menurut legenda yang beredar turun-temurun di masyarakat Simalungun, terdapat seorang gadis yang dijodohkan dengan pria yang tidak ia cintai. Tak mau hidup dengan perasaan terbelenggu, ia memutuskan terjun ke dalam sebuah lubang dengan bebatuan di sekitarnya. Sembari melompat, sang gadis berteriak, ‘Parapat batu’, yang artinya ‘merapatlah batu’.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Bung Karno kala diasingkan di Parapat via Instagram atmazone

Selain punya pemandangan alam yang elok, Parapat ternyata juga menjadi saksi sejarah kehidupan salah satu tokoh penting dalam kemerdekaan Indonesia. Kota kecil dekat Medan ini ternyata menjadi lokasi rumah Ir Soekarno alias Bung Karno, Sang Proklamator, ketika ia sedang diasingkan oleh Belanda. Rumah bergaya Eropoa tersebut sudah dipugar beberapa kali dan sekarang dijadikan sebagai objek wisata sejarah.

Di sini para pengunjung bisa coba masuk dan melihat indahnya pemandangan Danau Toba dari lantai dua. Selain itu mereka juga bisa membayangkan seperti apa kehidupan Putra Sang Fajar dulu dengan melihat barang-barang perabotan yang masih disimpan dan tertata rapi. Beberapa koleksi buku dan foto Bung Karno juga dipajang di sini.

3. Sibaganding

Sibaganding miliki Taman Wisata Kera via Instagram dhev_bakkara

Tak jauh dari Kota Parapat, terdapat sebuah tempat unik yang diberi nama Sibaganding. Di sini para wisatawan biasanya datang untuk menyaksikan langsung tingkah polah para monyet dan kera di habitat asli mereka. Namun Sibaganding juga memiliki koleksi flora dan fauna lain yang menarik untuk disimak.

Salah satu atraksi menarik dari Sibaganding adalah proses pemberian makan pada monyet dan kera. Namun jangan khawatir menjadi korban ulah kenakalan mereka, karena semua primata yang ada di sini tergolong cukup tenang. Meski demikian, disarankan tidak membawa barang-barang yang berbau tajam, seperti parfum maupun permen.

4. Pelabuhan Ajibata

Pemandangan di sekitar Pelabuhan Ajibata via Instagram chefrudi

Sebenarnya tidak ada yang terlalu menonjol dari Pelabuhan Ajibata. Namun demikian, lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menyebrang dari Kota Parapat ke Pulau Samosir. Selain itu, pemandangan yang tersaji di sekitar Ajibata juga sangat menarik untuk diabadikan.

Jika jeli melihat ke sekeliling, Anda akan dengan mudah menyaksikan tingkah polah bocah-bocah daerah sekitar sini asyik melompat ke laut untuk berebut koin. Berburu pemandangan matahari terbit maupun terbenam juga asyik. Namun jangan lupa siapkan kamera dalam kondisi prima agar momen unik tersebut tak sampai terlewatkan.

Itulah tadi beberapa lokasi wisata menarik yang bisa dikunjung di Kota Parapat. Bukan hanya Danau Toba dan Pulau Samosir, Sumatra Utara ternyata juga punya destinasi menarik lain yang bisa memanjakan para traveler. Setuju?

Tags
Sumatra Utara Wisata
Share