Pancur Telaga Bidadari, Tempat Wisata Batam yang Tersembunyi

Advertisement

Batam dikenal sebagai salah satu tempat berburu oleh-oleh. Di kota ini pula bertebaran toko serta pusat perbelanjaan dengan beraneka ragam barang. Tidak sedikit yang menyebutnya sebagai surganya belanja. Di balik fakta tersebut, ternyata ada banyak objek wisata Batam yang masih tersembunyi. Bahkan ada sebuah air terjun yang tetap terjaga keasriannya.

1. Wisata Tersembunyi di Dalam Hutan

Perjalanan ke Air Terjun Pancur
Perjalanan ke Air Terjun Pancur [image source]
Tujuan utama para traveler yang berkunjung ke Batam tidak pernah lepas dari pantainya. Benar saja, banyak sekali pantai menarik dengan panorama sempurna di kawasan yang berdekatan dengan Singapura ini. Karena itu pula, tidak sedikit yang tahu jika Batam punya hutan lindung yang menyimpan banyak objek tersembunyi di dalamnya. Ialah Taman Wisata Alam Muka Kuning atau Hutan Pancur yang kini mulai dieksplor oleh anak muda sekitar.

Telaga Bidadari
Telaga Bidadari [image source]

2. Air Terjun Pancur yang Masih Terjaga Keasriannya

Papan Nama Pancur Telaga Bidadari
Papan Nama Pancur Telaga Bidadari [image source]
Terletak di kawasan Simpang Dam, Muka Kuning, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, taman wisata Muka Kuning bukan hanya menyajikan keindahan hutan lindung yang hijau dan rimbun. Di dalamnya juga terdapat sebuah air terjun yang masih terjaga keasriannya. Ialah Air Terjun Pancur Telaga Bidadari yang masih tersembunyi karena letaknya di dalam hutan.

Keindahan Pancur Telaga Bidadari
Keindahan Pancur Telaga Bidadari[image source]

3. Wana Wisata Seru yang Penuh Tantangan

Air Terjun Batam
Air Terjun Batam [image source]
Untuk dapat menikmati air terjun tersebut, para traveler bisa memulai perjalanannya di Kampung Aceh. Letaknya di seberang jalan pintu masuk kawasan industri Batamindo, Muka Kuning. Dari sana, pengunjung harus menyusuri jalan perkampungan hingga memasuki kawasan hutan dan melewati jalan setapak. Setidaknya waktu yang dihabiskan sekitar 1,5 jam hingga dapat bertemu dengan air terjun yang pasti membuat siapapun terbelalak.

Air Terjun Mini
Air Terjun Mini [image source]

4. Pancuran Air yang Cocok Untuk Snorkeling

Pancur Telaga Bidadari
Pancur Telaga Bidadari [image source]
Sedikit berbeda, bukan air terjun dengan ketinggian puluhan meter yang bakal didapatkan saat berkunjung ke sini. Ternyata Air Terjun Pancur ini hanya memiliki ketinggian tidak sampai 3 meter. Tentu saja melompat di sana tidak akan berbahaya sama sekali. Pun demikian, wahana ini benar-benar asyik untuk menghabiskan akhir pekan di Batam. Airnya yang bersih dan segar membuat siapapun bakalan betah berlama-lama. Ditambah lagi hutan di sekeliling objek ini rimbun dan enak dipandang.

Spot Foto Air Terjun Pancur
Spot Foto Air Terjun Pancur[image source]

5. Kemping Gratis dan Menyenangkan

Tempat Aman Untuk Kemping
Tempat Aman Untuk Kemping [image source]
Meski masih tersembunyi, ternyata tidak sedikit pengunjung yang datang ke Air Terjun Pancur Telaga Bidadari. Mereka bukan hanya ingin menikmati keindahan air dari akar pohon tetapi juga bermalam bareng sahabat di sana. Selain aman, ternyata kemping di kawasan hutan Pancur ini masih gratis dan pastinya bakal menyenangkan.

Kemping di Telaga Bidadari
Kemping di Telaga Bidadari [image source]
Nama : Air Terjun Pancur Telaga Bidadari
Alamat : Simpang Dam, Muka Kuning, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

Percayakan jika objek wisata Batam juga punya air terjun cantik? Nah, kini giliran kamu kapan ke liburan ke sana.

Advertisement
Tags
air terjun Pancur Explore Batam
Share