Waduh, Donald Trump Bangun Hotel di Indonesia dan Diprediksi Akan Merusak Lingkungan

Advertisement

Siapa yang tak mengenal sosok Donald Trump? Salah satu orang terkaya ini menghebohkan dunia dengan kemenangannya terpilih menjadi presiden di negara adi daya, Amerika Serikat. Berbagai kebijakan mengejutkan pun langsung diambil oleh Trump. Misalnya, membangun tembok di perbatasan negeri Paman Sam dengan Meksiko, juga penelitian ketat mengenai latar belakang warga dari negara-negara tertentu.

Rupanya presiden yang juga seorang pengusaha ini tak bisa jauh-jauh dari bisnis yang telah membuatnya jadi miliarder. Di tengah tanggung jawabnya yang begitu besar sebagai orang nomor satu di negara paling kuat di dunia, rupanya suami dari Melania Knauss ini sedang menyiapkan proyek besar. Masalahnya, kali ini Trump melirik Indonesia sebagai lokasi menanam dollar.

Proyek Donald Trump dan Hari Tanoe
Proyek Donald Trump dan Hari Tanoe [image source]
Dilansir dari The Inertia, dengan menggandeng jutawan di Indonesia, yaitu Hary Tanoesoedibyo, pimpinan MNC Corporation, Trump akan dibangun 2 mega proyek yang berlokasi di Lido, Jawa Barat. Rencananya, dua orang kaya ini akan membangun lapangan golf 18 lubang dan resort mewah yang dilengkapi taman bermain mewah sekelas Disneyland di atas tanah seluas 3000 hektar. Pembangunannya pun sudah dimulai.

Pembangunan proyek sudah dimulai
Pembangunan proyek sudah dimulai [image source]
Yang menjadi persoalan, lokasi pembangunan bersebelahan dengan Taman Nasional Pangrango, yang merupakan hutan tak terjamah terakhir yang ada di Indonesia. Para aktivis lingkungan mengaku khawatir akan pembangunan yang jelas akan memberi dampak bagi ekosistem yang ada di dalamnya.

Taman Nasional Gede Pangrango
Taman Nasional Gede Pangrango [image source]
Di kawasan konservasi Taman Nasional Gede Pangrango, terdapat lebih dari 250 spesies burung, dan hewan lainnya, bahkan macan tutul. Polusi, juga aktivitas yang ada tak jauh dari mereka pasti mengakibatkan perubahan, entah perilaku pada satwa, atau keadaan hutan. Di taman ini juga merupakan habitat dari 2000 jenis tumbuhan.

Yang paling dikhawatirkan adalah suplai air bersih dari kasawan Gunung Pangrango akan terganggu. Padahal seluruh Jawa Barat dan DKI Jakarta mendapatkan air bersihnya dari daerah tersebut. Resort mewah yang berisi villa, hotel, kondominium jelas akan menyedot air yang luar biasa banyak.

Donald Trump dan Hari Tanoe
Donald Trump dan Hari Tanoe [image source]
Ternyata, Lido bukan satu-satunya area Indonesia yang dilirik. Kabarnya, Donald dan Hari Tanoe juga sedang membangun villa mewah di Tanah Lot, lho. Memang, jika tanah indah Indonesia yang dilengkapi akomodasi kelas atas bisa menarik para turis kakap untuk berkunjung, itu akan menguntungkan tanah air. Namun, apakah harus sampai merusak alam? Bagaimana menurutmu?

Advertisement
Tags
proyek Donald Trump dan Hari Tanoe Taman Nasional Pangrango
Share