Air Terjun Kuda Sembrani, Keindahan Berwarna Tosca di Rimba Rinjani

Lombok memang terkenal dengan keindahan pantai dan gili-nya. Namun jangan salah, di sini Teman Traveler juga bisa mengunjungi banyak air terjun Lombok menakjubkan. Bisa jadi alternatif bagi kalian yang bosan dengan suasana pantai. Salah satu yang layak disambangi adalah Air Terjun Kuda Sembrani.

Air Terjun Kuda Sembari berwarna tosca (c) Rosita/Travelingyuk

Destinasi di kaki Gunung Rinjani ini menawarkan pemandangan luar biasa menakjubkan. Pantang dilewatkan jika Teman Traveler sedang berada di Pulau Seribu Masjid.

Keindahan di Kaki Gunung Rinjani

Jalan setapak menuju air terjun (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti disinggung sebelumnya, Air Terjun Kuda Sembrani merupakan salah satu objek wisata di kaki Rinjani. Meski begitu, masih belum banyak orang mengetahui panorama menakjubkannya karena terletak di tengah-tengah di rimba.

Uniknya lagi, warna aliran air di Kuda Sembarni bergantung pada aktivitas di sekitar kawah Rinjani. Terkadang bisa berwarna jernih agak
kehijauan. Tak jarang berwarna tosca karena tingginya kandungan
belerang dari gunung api tertinggi kedua Indonesia tersebut.

Sangat Terjangkau dari Mataram

Warna air tergantung aktivitas di sekitar gunung (c) Rosita/Travelingyuk

Air Terjun Kuda Sembrani berjarak sekitar 92 km dari pusat Kota Mataram. Bisa dijangkau dengan perjalanan kurang lebih dua setengah jam perjalanan. Dari arah timur, Teman Traveler bisa berkendara ke arah Jalan Raya Masbagik atau jalur utara Lombok. Wisata Lombok ini sendiri masuk dalam wilayah Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Jika Teman Traveler berangkat dari arah Sembalun, jalan masuk menuju Kuda Sembrani akan berada di sisi kiri. Sangat mudah ditemukan karena terdapat gambar air terjun lumayan besar. Dari pintu gerbang ini kalian masih harus menempuh jarak sekitar 3 km sebelum menemukan area parkir yang cukup luas.

Agar lebih mudah, Teman Traveler bisa mengikuti petunjuk arah menuju Air Terjun Mangku Sakti. Pasalnya, posisi Kuda Sembrani berada tepat di bawah aliran air di Mangku Sakti.

Siapkan Stamina Cukup

Perjalanan membutuhkan stamina ekstra (c) Rosita/Travelingyuk

Lantaran letaknya cukup tersembunyi, Teman Traveler bakal membutuhkan stamina ekstra untuk mencapai destinasi ini. Sebelumnya, kalian harus melewati Mangku Sakti, air terjun yang berada tepat di atas Kuda Sembrani.

Perjalanan bakal melewati rimba yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Kira-kira 100 meter dari Mangku Sakti, barulan Teman Traveler akan sampai di Kuda Sembrani.

Jalan setapak yang dilalui tak bakal mudah. Dari Mangku Sakti
Teman Traveler harus mengikuti jalan turun menuju arah hilir. Namun tak perlu khawatir tersesat karena jalur setapak di sini sudah terlihat jelas.

Begitu sampai di tempat tujuan, Teman Traveler bakal dibuat kagum dengan indahnya dinding tebing batu, bongkahan batu besar, serta corak indah aliran air di Kuda Sembrani. Dibandingkan dengan destinasi serupa, air terjun ini memang tidak terlalu tinggi. Namun begitu, bentuknya lumayan unik dan akan sulit kalian temui di tempat lain.

Gunakan Pemandu Lokal

Kuda Sembrani memiliki bentuk khas (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa menggunakan bantuan pemandu atau guide lokal, mengingat lokasi air terjun ini lumayan tersembunyi. Kalian bisa meminta tolong pada pemuda ramah yang biasanya menjaga area parkir sekitar sini. Kehadiran guide bakal sangat membantu mengingat kondisi di sekitar masih sangat alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

Tips berikutnya adalah jangan lupa menyiapkan perbekalan air minum yang cukup, karena perjalanan bakal sangat menguras tenaga. Selain itu, sebaiknya kalian tak berkunjung ke sini saat musim hujan. Jalan setapak bakal lebih sulit dilewati dan sangat berbahaya jika tiba-tiba terjadi longsor.

Itulah sekilas ulasan mengenai Air Terjun Kuda Sembrani, pesona indah yang tersembunyi di kaki Rinjani. Memang, butuh perjuangan keras untuk bisa mencapai destinasi ini. Namun jangan khawatir, semua lelah bakal terbayar dengan panorama yang luar biasa menajkubkan.

Tags
air terjun kuda sembrani kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share