Beragam Air Terjun di Kuantan Singingi, Mana Ya yang Paling Menakjubkan?

Provinsi Riau memang selalu ada saja cerita tentang keindahan alamnya. Bahkan, bisa dibilang pesona alamnya dapat diadu dengan Bali atau Lombok. Salah satu contohnya yang sangat menarik banyak peminat adalah air terjun di Kuantan Singingi. Mau tahu seperti apa? Ikuti terus perjalanan Traveling Yuk di bawah ini. 

Air Terjun Guruh Gemurai 

air terjun kuantan singingi
Air Terjun Guruh Gemurai via instagram/r.mutiarasalshabil

Berada di perbatasan Sumatera Barat dan Riau, terdapat air terjun eksotis yang dapat memikat wisatawan. Air terjun tersebut bernama Guruh Gemurai. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat dengan ketinggian berbeda-beda, sehingga lintasan airnya cukup tinggi. Di sini Teman Traveler dapat mendengarkan irama percikan air yang indah. Selain itu, jangan lupa membawa kamera, karena banyak spot menarik di sini.

Spot foto yang paling digandrungi wisatawan adalah tangga yang jaraknya sangat berdekatan dengan aliran air terjun. Ini karena dari tangga tersebut, air terjun akan terlihat hampir keseluruhan dan pemandangan sekitarnya juga memuaskan. Apabila kalian ingin ke sini, Air Terjun Guruh Gemurai berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi , Provinsi Riau. 

Air Terjun Batang Koban 

Air Terjun Batang Koban via instagram/fan_graph

Selain Guruh Gemurai, ada lagi air terjun bertingkat di Kuantan Singingi bernama Batang Koban. Ia memiliki tujuh tingkatan dan setiap tingkatannya memiliki ketinggian yang bervariasi. Nah, yang paling difavoritkan oleh wisatawan adalah di tingkatan ke tiga dan empat.

Ini dikarenakan di bawah air terjun ini terdapat kolam yang cukup besar dan dalam, lalu ditambah pemandangannya yang sangat mempesona. Untuk Teman Traveler yang ingin datang ke air terjun ini bisa langsung ke Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. 

Air Terjun Hulu Lombu 

air terjun kuantan singingi
Air Terjun Hulu Lombu via instagram/oktaariadi

Tak kalah dengan dua air terjun di atas, Hulu Lombu juga punya daya tariknya tersendiri. Meskipun hanya mempunyai dua tingkatan, air terjun yang berlokasi di Kelurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi tersebut, di tingkatan pertama terdapat kolam, sehingga bisa digunakan para wisatawan untuk mandi. Selain itu kelebihan lainnya ada di bagian tengah kolamnya. Di sana terdapat pohon melintang yang membuatnya memiliki ciri khas khusus. 

Dulu, wisata ini sangat susah untuk dijangkau, karena selain letaknya tersembunyi, jalur menuju ke air terjun sangat terjal. Tapi, jangan khawatir Teman Traveler, lantaran saat ini pemerintah daerah sudah memperbaiki jalurnya, supaya para wisatawan bisa menikmati keindahan dari Air Terjun Hulu Lombu ini. 

Air Terjun Sungai Dangku 

Air Terjun Sungai Dangku via instagram/widawardialis22

Bagi yang ingin melihat air terjun dengan kesan alami, bisa datang ke Air Terjun Sungai Dangku. Pepohonan besar menjulang tinggi, bebatuan yang berada di pinggiran sungai semakin menambah eksotisme Air Terjun Sungai Dangku. Hal yang membuatnya unik adalah adanya batang kayu besar yang melintang di air terjun. Kayu inilah yang menjadi spot terbaik wisatawan untuk selfie

Tempat wisata di Riau ini sekarang semakin ramai dikunjungi wisatawan, karena aksesnya bisa dibilang cukup mudah. Lokasi wisata Air Terjun Sungai Dangku ini berada di Kecamatan Pucuk Rantau, tepatnya di Desa Lubuak Ramo.

Begitulah gambaran indahnya air terjun yang ada di Kuantan Singingi. Jadi, tak perlu ragu lagi deh untuk berkunjung ke kabupaten satu ini demi menikmati keindahan wisata airnya. Yuk rencanakan liburan ke Kuantan Singingi, dijamin tidak akan kecewa. 

Tags
air terjun kuantan singingi Indonesia Kuantan Singingi Riau
Share