Kumpulan Air Terjun di Riau, Mau Berkunjung ke Mana Dulu?

Wisata Riau memang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Kalau sudah berkunjung, rasanya betah berlama-lama. Nah, kali ini Travelingyuk akan mengulas satu persatu pesona dari air terjun di Riau. Mau tahu seperti apa kemolekannya? Simak ulasan di bawah ini.

Air Terjun Batang Kapas yang Terdapat Ukiran-ukiran

air terjun di riau
Air Terjun Batang Kapas via instagram/ _baratdaya 

Air Terjun Batang Kapas ini digadang-gadang menjadi salah satu air terjun tertinggi di Sumatera, dengan ketinggian sekitar 150 meter. Terletak di Desa Lubuk Bigau, Kenagarian Pangkalan Kapas, Kampar kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, keindahan luar biasa nampak dari berbagai sudut air terjun.

Dari dasar air terjun sudah terlihat lanskap yang indah. Melihat ke arah bukit di antara air terjun, terlihat seperti ukiran-ukiran membentuk relief dengan garis-garis dari lapisan batu.

Sedangkan di tengah bukit terdapat celah yang sering dijadikan tempat bermalam oleh para pendaki atau warga yang berburu burung di sekitar air terjun. Lalu, di atas langit-langit bukit, terdapat puluhan sarang lebah yang menjadi salah satu komoditi unggulan dari masyarakat sekitar Desa Lubuk Bigau.

Air Terjun Batang Koban yang Miliki 7 Tingkat

air terjun di riau
Air Terjun Batang Koban via Instagram @febryan.photo.wedding

Air Terjun Batang Koban terletak pada Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Wisata air ini diberi nama Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran Sungai Kuantan. Ketinggiannya bervariasi untuk setiap tingkatnya.

Nah, untuk menikmati serta menyaksikan pesona dari masing-masing tingkatan padaAir Terjun Batang Koban, Teman Traveler harus berjalan menyusuri lintasan di bawah pepohonan. Kegiatan ini dipastikan akan memberikan sensasi serta keseruan berpetualang di alam terbuka.

Demi mencapai lokasi air terjun tingkat pertama, hingga tingkat ketujuh, tersaji berbagai rintangan alam dengan beberapa tantangan tersendiri. Pastinya akan memberikan sebuah pengalaman yang begitu luar biasa.

Air Terjun Aek Martua yang juga Disebut Air Terjun Tangga Seribu

Air Terjun Aek Matua via instagram/ _badakjawa

Air terjun Aek Martua merupakan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Rokan Hulu, berlokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba. Destinasi ini terletak di pegunungan Bukit Barisan sehingga tak heran jika memiliki kejernihan dan pemandangan indah.

Seperti kebanyakan air terjun lainnya, lokasi kesejukan hutan yang rindang bisa dirasakan saat berada di kawasan Aek Martua. Ketinggian yang ditawarkan setiap tingkat berbeda-beda.

Tingkat yang paling rendah setinggi 15 meter, sementara yang paling tinggi setinggi 41 meter. Melihat ketinggiannya yang beragam, ada juga yang menyebut destinasi wisata di Riau ini sebagai air terjun tangga seribu. 

Air Terjun Denalo yang Alirannya Kembar 

Air Terjun Denalo via instagram/ krikkrik.__

Air Terjun Denalo berada di Desa Alim,  Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau. Wisata ini dikenal dengan panorama gabungan dua air terjun yang indah.

Dua sisi air terjun memiliki keunikan masing-masing.  Satu sisi terlihat lebar dan menyentuh dinding tebing. Sedangkan lainnya terlihat kecil dan langsung jatuh pada dasar kolam. Di tempat inilah, Teman Traveler bisa menikmati dinginnya air terjun dengan mandi atau sekedar bermain-main. 

Itu tadi adalah sekumpulan air terjun yang berada di Provinsi Riau. Semuanya indah, sehingga layak untuk dikunjungi. Teman Traveler mau berkunjung ke mana dulu nih?

Tags
air terjun di riau Indonesia Riau Wisata
Share