Keindahan Air Terjun Bertingkat di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

Kabupaten Lahat adalah salah satu daerah yang patut dikunjungi saat singgah di Sumatera Selatan. Wilayahnya yang dikelilingi oleh pegunungan membuat Lahat memiliki banyak keindahan yang memesona. Salah satunya adalah air terjun yang banyak tersebar di kabupaten ini. Di antara keindahan tersebut, terdapat air terjun bertingkat dengan keunikan tersendiri. Seindah apa pesonanya?

1. Wisata Tangga Manik

Destinasi favorit wisatawan lokal [image source]
Walaupun tergolong spot wisata baru, Green Water Tangga Manik tidak kalah dengan tempat wisata lain yang ada di Kabupaten Lahat. Di sini kamu dapat melihat keindahan alam sambil bermain di air terjun mini yang berundak-undak. Debit airnya yang cukup rendah dan dangkal membuat tempat ini aman untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Air terjun di Wisata Tangga Manik [image source]

2. Curup Buluh

Curup Buluh dengan bambu di sekitarnya [image source]
Nama Curup Buluh diambil karena banyak buluh (bambu) yang tumbuh di antara batuan padas. Terdapat juga pohon bambu yang tertanam dan condong ke arah curup. Berbeda dengan air terjun yang memiliki satu aliran, di sini kamu dapat melihat air terjun jatuh dan terpecah oleh tingkatan-tingkatan batu.

Cughup Buluh [dokumentasi Dinas Pariwisata Sumatera Selatan]

3. Curup Maung

Tebing bertingkat di Curup Maung [image source]
Curup Maung memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir menyamai tingginya. Tingkatannya mendekati vertikal dan curam. Pecahan jalur air terjun ini juga muncul dari sela-sela tanaman yang tumbuh di batu. Karena tergolong baru, pemandangan di sekitar air terjun masih sangat hijau dan alami.

Tingkatan vertikal [Dokumentasi Dinas Pariwisata Sumatera Selatan]

4. Curup Bale

Tingkatan di aliran Curup Bale [image source]
Jatuhan utama air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 100 meter dengan debit air yang cukup deras. Karena debit yang begitu banyak, terdapat aliran yang cukup lebar dan memiliki tingkatan yang cukup datar. Airnya yang jernih dan dingin membuat suasana di tempat ini terasa begitu sejuk.

Debit air Curup Bale yang deras [image source]
Air terjun memang dapat ditemukan dengan mudah. Namun tak semua memiliki tingkatan-tingkatan yang indah seperti empat destinasi yang disebutkan di atas. Tertarik mencoba?

Tags
Indonesia lahat Sumatera Selatan Wisata
Share