5 Negara Ini Sediakan Air Minum Gratis Langsung dari Keran

Advertisement

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki pasokan air yang sangat banyak. Sayangnya, tidak sedikit loh saudara kita yang kekurangan air bersih bahkan mengalami kekeringan. Jangankan mandi, untuk minum saja mereka harus mengonsumsi air kotor dan tidak higienis. Kenyataan tersebut sangat berbeda dengan beberapa negara di bawah ini. Meski luasnya tidak ada setengah tanah air kita, mereka mampu menyediakan air minum gratis yang tinggal ambil di keran.

1. Singapura

Singapura
Singapura [image source]
Singapura adalah salah satu negara favorit turis asal Indonesia yang memiliki sedikit sungai dan sumber air. Sementara kebutuhan air bagi warganya sekitar 1,8 juta juta meter kubik setiap harinya. Meski kebutuhannya besar dan airnya terbatas, pemerintah di sana masih menyediakan air keran gratis untuk minum. Soal kehigienisannya, dijamin aman untuk tubuh tanpa perlu penyaringan lebih lanjut. Nah, kalau kamu tengah liburan dan kehabisan air minum di negara yang terkenal dengan Patung Merlionnya tersebut, bisa isi botolmu di keran beberapa tempat seperti Bandara Changi, loh.

Singapura Tap Water
Singapura Tap Water [image source]

2. Swiss

Swiss
Swiss [image source]
Tidak hanya Singapura, Swiss juga menyediakan air minum berkualitas terbaik bagi warga serta wisatawan. Berdasarkan berbagai sumber, air keran di negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pegunungan Alpen ini kualitasnya sebaik air mineral, sehingga aman diminum. Tidak heran, keran di sana ramai diserbu orang. Sampai saat ini, Swiss masih menduduki posisi negara pemilik air terbersih di dunia, bersumber dari pegunungan.

tap water di zurich
tap water di zurich [image source]

3. Selandia Baru

New Zealand
New Zealand [image source]
Orang Indonesia pasti akan berpikir dua kali ketika berniat untuk meminum air dari keran. Namun, tidak dengan warga di Selandia Baru. Mereka bukan hanya berniat, tapi sudah terbiasa merasakan kesegaran air keran di pinggir jalan. Bahkan, ada pula yang membawa botol ke mana-mana. Sementara di rumah, mereka sudah memiliki alat penyaring sendiri sehingga airnya aman untuk digunakan. Seperti Swiss, Selandia Baru juga dianggap sebagai negara dengan air terbersih di dunia. Dijamin, liburan di sana serasa berada di negeri dongeng.

tap water di Auckland [image source]

4. Swedia

Perairan di Swedia
Perairan di Swedia [image source]
Swedia merupakan negara maju di bidang ekonomi, politik dan sosial. Tidak hanya itu, negara yang berada di benua Eropa ini juga dikenal bersih. Air di sana jernih dan bisa dikonsumsi langsung dari keran. Kehigienisan tentu sudah terjamin lantaran Swedia memiliki dua pabrik pengolahan air di Norsborg dan Lovo. Keduanya menggunakan teknologi terbaru dan mampu memasok air bersih untuk 1,3 juta penduduk setemat. Wah, para backpacker yang berkunjung ke kota Stockholm bakalan lebih hemat. Tinggal bawa botol kosong, langsung isi saat merasa haus.

tap water di tempat umum
tap water di tempat umum [image source]

5. Kolombia

Cartagena, Kota di Kolombia
Cartagena, Kota di Kolombia [image source]
Negara yang terletak di ujung Amerika Selatan ini juga menyedikan air minum terbaik untuk penduduk maupun wisatawan. Dengan luas wilayah sekitar 2,5 kali pulau Sumatra, mereka mampu mengolah air dengan baik. Kebersihan dijamin sampai di tangan warganya. Sementara itu, air hasil olahan limbah dirawat dan diolah kembali untuk keperluan pertanian. Wah, sangat berbeda jauh dengan pengolahan air di negara kita.

Minum Langsung dari Tap Water
Minum Langsung dari Tap Water [image source]
Beruntungnya mereka yang tinggal di Swiss atau Singapura. Selain bisa membawa botol kosong kemana-mana tanpa takut kehausan, mereka tidak perlu membeli air minum kemasan yang harganya sangat mahal. Andai saja di Indonesia seperti di sana, ya. Semoga saja negara kita bisa melakukan perbaikan untuk pengolahan air bersih.

Advertisement
Tags
mancanegara
Share