Agrowisata Pango-pango, Nikmati Indahnya Alam Makele

Syandi Saputra R

Syandi Saputra R

On Indonesia
Kabut pagi di Pango-Pango Kabut pagi di Pango-Pango

Jika Teman Traveler mampir ke daerah Makele, Tana Toraja, ada sebuah destinasi alam menakjubkan yang pantang dilewatkan. Bernama Agrowisata Pango-Pango, wisata dataran tinggi ini banyak dijuluki ‘Negeri di Atas Awan‘ oleh penduduk sekitar.

Wisata Pango-Pango (c) Syandi Saputra R/Travelingyuk

Panorama di sekitarnya sangat indah, pas buat Teman Traveler yang mencari tempat rekreasi untuk hilangkan rasa penat. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Pesona Alam Memanjakan

Pemandangan di dalam hutan (c) Syandi Saputra R/Travelingyuk

Pepohonan dan semak hijau rindang bakal menyambut Teman Traveler begitu sampai di lokasi. Tak perlu bingung menjelajah, sudah ada jalan khusus yang akan membantu kalian mengakses tiap sudut agrowisata ini. Teman Traveler bakal menemukan beberapa gazebo sederhana untuk beristirahat.

Dari sini, kalian bisa menyaksikan indahnya panorama alam indah sambil melepas lelah dan menikmati hembusan angin sepoi-sepoi. Ingin berfoto? Boleh juga. Pemandangan alam sekitar sini sangat indah, amat layak dijadikan sebagai spot foto bertema natural.

Cuaca Sekitar Bisa Sangat Dingin

Kabut di sekitar agrowisata (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Menurut data administratif, Agrowisata Pango-Pango berada di ketinggian antara 1600 hingga 1700mdpl. Sudah pasti suhu udara di sekitar sini sangat dingin. Oleh karena itu sebaiknya Teman Traveler membawa jaket untuk menghangatkan tubuh, apalagi jika mampir di pagi hari.

Agrowisata Lengkap

Salah satu gazebo untuk beristirahat (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Sebagai salah satu agrowisata andalan di Tana Toraja, Pango-Pango menawarkan sejumlah pesona menarik buat Teman Traveler yang hobi bertualang. Pengunjung juga bisa belajar lebih dalam soal pembibitan, penanaman, hingga pemetikan buah.

Salah satu produk unggulan di sini adalah kopi. Mungkin sebagian Teman Traveler sudah tahu bahwa kopi Tana Toraja sudah disuplai hingga ke seluruh pelosok Nusantara. Selain itu, masih ada hasil perkebunan lain seperti sayur-mayur, enau, buah coklat, tamarillo dan masih banyak lagi.

Ada Beragam Wahana Permainan

Deretan pohon pinus (c) Syandi Saputra/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang ingin menikmati pemandangan gunung, datang ke sini adalah keputusan tepat. Kawasan Makale ditumbuhi banyak pohon
pinus berukuran besar-besar dan tinggi menjulang. Kehadiran tumbuhan ini membuat suasana sekitar jadi lebih teduh. Kalian bisa nikmati pemandangan dengan nyaman, tanpa takut kepanasan.

Demi makin memuaskan wisatawan, pengelola sudah menyediakan beragam wahana permainan. Salah satunya adalah Flying Fox dengan lintasan sepanjang 120-15- meter. Butuh waktu kurang lebih 20 detik sebelum peserta bisa mencapai titik finish. Bagi Teman Traveler yang ingin menguji adrenalin, sangat wajib mencoba.

Kegiatan menarik lain yang bisa Teman Traveler lakukan adalah berkeliling di sekitar kawasan perkebunan. Kalian juga boleh memetik buah-buahan maupun sayuran di situ, namun harus bayar sesuai harga yang ditentukan ya.

Soal biaya, tarif masuk Agrowisata Pango-pango tergolong murah. Masing-masing pengunjung hanya perlu membayar tiket Rp10.000. Sangat terjangkau bukan?