74 Kuliner Legendaris Indonesia, Mana Favoritmu?

Indonesia tak hanya terkenal dengan beragamnya suku dan budaya. Namun, aneka kuliner yang tersebar di berbagai daerah Tanah Air juga menjadi daya tarik kuat. Nah, sesuai dengan usia Kemerdekaan Tanah Air tercinta kita, TravelingYuk memberikan rekomendasi 74 kuliner legendaris Indonesia, tersebar dari Sabang hingga Merauke. Penasaran? Catat daftarnya, ya.

1. Sate Apaleh

kuliner legendaris indonesia
Sate Apaleh via instagram/dkesumajaya14

Aceh punya kuliner yang paling dicari wisatawan. Namanya adalah Sate Apaleh yang terletak di Pasar Geuregok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Aceh. Didirikan sejak tahun 1990-an, rasa sate tidak pernah berubah hingga saat ini. Teman Traveler yang ingin berkunjung, bisa datang kapan saja lantaran Warung Sate Apaleh buka 24 jam. 

2. Mie Razali 

kuliner legendaris
Mie Razali via instagram/ria_gp

Bagi Teman Traveler yang ingin mencicipi mie khas Aceh, bisa datang ke Mie Razali. Kalian bisa memesan mie dengan isian yang disukai. Misalnya seafood atau daging sapi. Tempat makan yang sudah ada sejak tahun 1967 ini juga bisa menyediakan mie tanpa kuah, apabila kalian memesannya secara khusus. Untuk dapat menikmatinya, dapat langsung meluncur ke Jl. Panglima Polem No. 83-85, Kuta Alam, Banda Aceh.  

3. Rumah Makan Hasan 

kuliner legendaris
Rumah Makan Hasan via instagram/danielaudi

Berbagai kuliner legendaris Indonesia bagian Aceh bisa dinikmati di Rumah Makan Hasan. Berlokasi di Jl. Laksamana Malahayati, Lamnyong, Banda Aceh, kalian bisa mencicipi mulai dari Ayam Tangkap, Sie Kameng, Pliek U dan lain sebagainya. Tempat makan ini disebut legendaris, karena sudah berdiri sejak tahun 1989. 

4. Canai Mamak Kuala Lumpur 

kuliner legendaris
Canai Mamak via instagram/teukumuda

Banyak yang mengira, Canai Mamak Kuala Lumpur berada di Malaysia. Faktanya, rumah makan ini berada di Jl. Teuku Umar No. 51 Setui, Banda Aceh. Menyediakan menu roti canai dengan aneka rasa. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner Malaysia, seperti Nasi Lemak, Nasi Briyani sampai Teh Tarik. 

5. RM Bu Sie Itek Bireuen

kuliner legendaris
RM Bu SIe Itek Bireuen via instagram/williamwongso

Para penggemar gulai bebek bisa mengunjungi RM Bu Sie Itek Bireuen. Kelezatannya yang sudah ada dari bertahun-tahun silam, tidak pernah berubah sampai saat ini. Jadi, wajar saja tempat makan yang berada di Peunayong, Kuta Alam, Banda Aceh ini tidak pernah kehilangan para penggemarnya. 

6. Soto Sinar Pagi 

Soto Sinar Pagi via instagram/meufood

Menikmati Soto Medan paling enak berada di Soto Sinar Pagi. Kedai yang berdiri dari tahun 1962 tersebut menyediakan soto dengan kuah kental dan kaya akan rempah. Kelezatannya tak perlu diragukan lagi, lantaran tempat makan ini pernah didatangi beberapa artis dan juga mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Apabila tertarik, bisa langsung datang ke Jl. Sei Deli No. 2, Silalas, Medan Barat, Medan. 

7. Mie Aceh Titi Bobrok 

Mie Aceh Titi Bobrok via instagram/Vicky.siregar13

Medan juga punya rumah makan legendaris lain yang tak kalah enak. Yaitu Mie Aceh Titi Bobrok yang sudah ada dari tahun 1994. Ada beragam Mie Aceh yang bisa dinikmati di sini, seperti Mie Aceh Kuah, Mie Aceh Udang, Mie Aceh Daging dan masih banyak lagi. Datanglah ke Jl. Setia Budi No. 17C untuk dapat menikmati kuliner legendaris Indonesia satu ini.

8. Pokat Kocok Bu Lia 

Pokat Kocok Bu Lia via youtube/Arie Zokhi Namamura Rangkuti

Tak hanya makanan, Medan juga punya minuman legendaris bernama Pokat Kocok Bu Lia. Konon kabarnya, minuman satu ini menjadi pelopor alpukat kocok di Medan. Di sini, pokat kocoknya diberi tambahan santan, gula cair dan gula merah. Pasti kalian penasaran kan nikmatnya minuman yang telah ada sejak 1948 ini? Kunjungi saja ke Jl. Putri Hijau, Simpang Glugur, Medan. 

9. Kedai Kopi Apek 

Kedai Kopi Apek via instagram/Hangout.mdn

Untuk para pecinta kopi, wajib datang ke Kedai Kopi Apek yang ada di Jl. Hindu No. 37. Kedai kopi yang ada di Medan ini menyediakan banyak sekali menu kopi. Mulai dari kopi panas sampai es kopi. Adapula roti bakar dan menu camilan lainnya yang cocok untuk teman minum kopi. Nah, perlu kalian tahu, kalau kedai kopi satu ini sudah eksis dari tahun 1922. 

10. Lontong Kak Lin 

Lontong Kak Lin via instagram/Lontong_kaklinmedan

Kuliner Medan legendaris yang tidak boleh dilewatkan oleh pelancong adalah Lontong Kak Lin. Lontong yang ada di sini cukup unik, lantaran isiannya tak pernah ditemukan di mana-mana. Contohnya bihun, kerupuk, telur dan tak lupa kuah kentalnya yang maknyus. Kedai yang sudah terkenal dari tahun 1994 ini berada di Jl. Cik Ditiro, tepat di depan SMAN 1 Medan. 

11. Mie Celor 26 

Mie Clelor 26 via instagram/vivieclabert

Menu mie legendaris juga bisa Teman Traveler santap di Palembang, tepatnya di Jl. Merdeka No. 54. Namanya adalah Mie Celor 26 yang telah populer dari tahun 1950. Mie di sini memiliki keistimewaan, ukurannya tebal dan besar, serta bertekstur lembut. Selain itu, makanan tersebut disiram kuah kaldu yang dicampur santan dan udang kering, sehingga membuat tekstur mie tampak lengket. 

12. Warung Aba 

Warung Aba via instagram/deddyhuang

Menyantap makanan khas Palembang bisa Teman Traveler lakukan di Warung Aba. Rumah makan yang didirikan oleh keturunan Arab tersebut menyediakan beberapa menu andalan khas Palembang, seperti ragit, burgo, lakso dan lain sebagainya. Apabila kalian tertarik mengunjungi warung yang sudah ada sejak tahun 1981 ini, bergegaslah ke Jl. Dr. M. Isa No. 26, Kelurahan Kuto, Batu, Palembang. 

13. Angkringan Mang Pen

Angkringan Mang Pen via instagram/dentist.chef

Kalau ingin kuliner dengan budget minim, Angkringan Mang Pen jadi pilihan yang tepat. Sejak tahun 2003 lalu, angkringan satu ini selalu membanderol harga menunya di bawah Rp50 ribu. Jadi, tak heran kalau rumah makan ini tidak pernah sepi pembeli. Nah, untuk menu yang ditawarkan semuanya dibentuk bertusuk. Ada sate cumi, sate tempe, sate telur dan masih banyak lagi. Kalian bisa datang ke Jl. Segaran No. 163, Ilir, Palembang kalau penasaran dengan harga murahnya. 

14. Pempek Candy 

Pempek Candy via instagram/tonguestories

Tak sah rasanya, apabila berkunjung ke Palembang tidak mencicipi Pempek. Di Palembang, ada Pempek yang berdiri dari tahun 1993 bernama Pempek Candy. Toko makanan satu ini paling dicari karena kelezatannya yang tak perlu diragukan lagi. Kalau tertarik, kalian dapat berkunjung ke Pempek Candy yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman 21, Palembang. 

15. Martabak Har 

Martabak Har via instagram/diantikapoppyharun

Palembang juga punya martabak khas yang berbeda dengan biasanya. Martabak ini disiram kuah kental, sehingga menambah kenikmatannya. Nah, untuk yang ingin mencicipinya, bisa datang ke Martabak Har yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 537. Martabak Har sudah ada sejak tahun 1947, jadi tak perlu ragu soal rasanya. 

16. Mi Khodon Teluk Betung 

Mie Khodon via facebook/Erfano Nalakiano

Beralih ke Lampung, ada kuliner legendaris nikmat yang wajib dirasakan oleh Teman Traveler. Adalah Mie Khodon yang terletak di Jl. Ikan Bawal No. 23-24, Teluk Betung, Bandar Lampung. Kedai yang sudah berdiri dari tahun 1965 ini menyediakan mie dengan porsi besar dan bertekstur kenyal. Biasanya dihidangkan dengan cara ditumis dan dicampur sayur kol serta taburan ebi. 

17. Bakso Sony 

Bakso Sony via instagram/ Bakso.haji.sony.santa

Di Lampung juga terdapat kuliner bakso legendaris bernama Bakso Son Haji Sony atau Bakso Sony. Bakso di sini rasanya sangat lezat dengan daging giling yang dominan. Kenikmatan ini bisa kalian dapatkan di Jl. Wolter Monginsidi 42 A, Bandar Lampung yang buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai 9 malam. 

18. Nasi Uduk Toha 

Nasi Uduk Toha via instagram/Bakso.haji.sony.santa

Terkenal sejak tahun 1990-an, Nasi Uduk Toha selalu membuat ketagihan para pengunjungnya. Nasi dan perpaduan lauk pauk yang pas sangatlah memanjakan lidah para penikmatnya. Kalau ingin menikmatinya, bisa datang ke Jl. RA. Kartini no. 156, Bandar Lampung. 

19. Warung Nasi Lele Bu Gendut 

Warung Nasi Lele Bu Gendut via facebook/Alejenes

Warung Nasi Lele Bu Gendut adalah salah satu kuliner legendaris di Lampung karena sudah buka sejak tahun 1990-an. Bertempat di Jl. Kyai Maja, Perumnas Way Halim, Bandar Lampung, hidangannya berbeda dengan rumah makan lainnya.  Sajiannya seperti nasi pecel, di mana lele disajikan di atas cobek bersama dengan sambalnya. 

20. Mie Asang 

Mie Asang via instagram/Tetsumeals

Bagi yang ingin mencicipi Mie Ayam, bisa mampir ke Mie Asang. Di Mie Asang juga ada menu andalan bernama Locupan, yang merupakan mie kenyal dan mirip seperti udon. Untuk kalian yang tertarik dengan Locupan, bisa ke Jl. Raden Ajeng Kartini, No. 179, Bandar Lampung. 

21. Mie Belitung Atep 

Mie Belitung Atep via instagram/Johnthore

Belitung juga punya mie legendaris, bernama Mie Belitung Atep. Sejak tahun 1973, mie yang dilengkapi dengan udang, potongan tahu, tauge dan emping melinjo ini sangat dicari-cari para wisatawan. Jadi, bagi Teman Traveler yang ingin ke sana, datanglah ke Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan, Belitung. 

22. Warung Kopi Ake 

Warung Kopu Ake via instagram/shikirayaunisia

Di Jl. KV Senang No. 57, Tanjung Pandan, Belitung ada Warung Kopi Ake yang sudah populer dari tahun 1922. Pengunjung bisa memesan beragam jenis kopi di sana. Seperti kopi hitam, kopi susu dan masih banyak lagi yang bisa dihidangkan panas maupun dingin. 

23. Warung Kopi Kong Djie 

Warung kopi Kong Djiie via instagram/Xiaoculinary 

Warung kopi lainnya yang sama legendarisnya dengan Warkop Ake adalah Kong Djie. Berlokasi di persimpangan Jl Siburik Barat dan Jl. Kemuning, warung kopi ini telah dibuka dari tahun 1943. Hal yang sedikit berbeda, di Warung Kopi Kong Djie menyediakan kudapan-kudapan ringan seperti gorengan, donat, dan nasi gemuk. 

24. Warung Kopi Tung Tau 

Warung Kopi Tung Tau via instagram/Juliandinata96

Masih ada lagi warung kopi terakhir di Belitung yang sangat legendaris. Bernama Warung Kopi Tung Tau yang terkenal dari tahun 1938. Menu andalan di sini adalah Kopi O, kopi susu dan juga roti panggang telur. Untuk lokasinya berada di lima tempat, namun yang sudah ada sejak dulu ada di Jl.Toniwen. 

25. Mie Linggarjati, Bandung

Mie Ayam Linggarjati via Instagram @koh_amiing

Mie Linggarjati merupakan kuliner legendaris Indonesia yang berada di Bandung. Tempat makan yang berada di Jalan Balonggede Nomor 1, Balonggede, Regol ini sudah ada semenjak tahun 1950an. Salah satu menu yang patut dicoba adalah mie ayam bertoping irisan babat, harganya sekitar Rp40 ribuan.

26. Tahu Campur Cak Kahar, Surabaya

Tahu Campur Cak Haru via Instagram/ @rosan1209

Kuliner Surabaya cukup banyak yang menggunakan petis sebagai bumbu utama, salah satunya tersedia di Tahu Campur Cak Kahar. Teman Traveler yang pengin makan langsung saja ke Jalan Embong Malang Nomor 78G, Genteng, Surabaya. Satu porsi tahu campur dihargai kira-kira Rp20 ribuan.

27. RM Sate H. Moei, Brebes 

Sate H. Moei via Instagram @hendrikferaldy

Rumah Makan H. Moei menawarkan sate yang disajikan di atas hotplate. Kuliner legendaris Indonesia ini eksis semenjak tahun 1970an. Teman Traveler bisa menjajalnya di Jalan Raya Kaligangsa Wetan, Brebes. Jangan lupa sediakan budget kurang lebih Rp40 ribuan untuk seporsi sate kambing.

28. Soto Mie Sarodja, Jakarta

Kuliner Legendaris Indonesia
Mie Sarodja via Instagram @supergirlism

Penggemar soto dan mie, patut mampir ke Jalan Tondano Nomor 27, Pejompongan, Jakarta Pusat. Di sana ada tempat makan Soto Mie Sarodja yang sudah menemani pelanggannya semenjak tahun 1970an. Satu mangkuknay berisi mie, bihun, daging sapi, kentang, risol, dan irisan tomat. Harganya sekitar Rp40 ribuan.

29. Nasi Goreng Babat Akbar, Semarang

Kuliner Legendaris Indonesia
Babat Gongso via Instagram @gamarosi_

Nasi Goreng Babat Akbar adalah makanan tepat buat Teman Traveler yang suka jeroan. Kuliner legendaris Indonesia satu ini sejak tahun 1968an ini berada di Jalan Anjasmoro Tengah 1 Nomor 16, Karangayu, Semarang Barat. Teman Traveler bisa merasakan nikmatnya nasi goreng babat ini dengan biaya kurang lebih Rp25 ribuan.

30. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno, Solo

Gudeg Ceker Bu Kasno via Instagram @separuhakulemak
Gudeg Ceker Bu Kasno via Instagram @separuhakulemak

Teman Traveler yang kelaparan tengah malam saat berada di Solo, bisa melipir ke Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno. Kuliner legendaris Indonesia inisudah ada sejak tahun 1970an dan buka mulai pukul 01.30.

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno berada di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 41-43. Satu porsi gudeg berisi ayam kampung, sambal krecek, telor bacem, ceker, dan siraman kuah kaldu. Harganya sekitar Rp25 ribuan.

31. Gudeg Pawon, Jogja

Gudeg Pawon via Instagram @tumbarmerica
Gudeg Pawon via Instagram @tumbarmerica

Penjual gudeg tersebar di penjuru Jogja, namun ada yang begitu melegenda sejak tahun 1958an. Ia adalah Gudeg Pawon di Jalan Janturan Nomor 36-38, Warungboto. Teman Traveler yang mau mencobanya harus antri di dalam pawon alias dapur tradisional.

Satu porsi gudeg basah ini berisi ayam kampung dan sambal krecek pedas. Siapkan budget Rp10 ribuan sampai Rp25ribuan demi dapat menikmatinya.

32. Ayam Betutu Men Tempeh, Jembrana

Kuliner Legendaris Indonesia
Ayam Betutu Men Tempeh via Instagram @deliciousbali

Belum ke Bali kalau tidak mencoba ayam betutu. Teman Traveler dapat menemukan yang legendaris sejak tahun 1978an di Ayam Betutu Men Tempeh. Lokasinya berada di Terminal Lama, Gilimanuk, Melaya, Jembrana. Harga satu porsi ayam betutu sekitar Rp50 ribuan hingga Rp100 ribuan.

34. Sate Babi Bawah Pohon, Badung

Sate Babi Bawah Pohon via Instagram @julianvankusty

Sate Babi Bawah Pohon ialah kuliner legendaris di Jalan Campuhan I-Dewi Sri Nomor 4, Legian, Kuta, Badung. Satu porsi berisi 10 tusuk sate babi ditambah nasi putih. Teman Traveler sekalian saja pesan sate babi, soto babi, dan air mineral dengan harga kira-kira Rp45 ribuan.

35. Warung Mak Beng, Denpasar

Ikan Makbeng Bali via Instagram @deliciousbali

Teman Traveler pecinta ikan sempatkan mampir ke Warung Mak Beng di Jalan Hang Tuah Nomor 45, Sanur Kaja, Denpasar. Kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1941an ini menyajikan nasi, ikan goreng, dan sup. Satu porsinya seharga kurang lebih Rp35 ribuan.

36. Nasi Bali Men Weti, Denpasar

Nasi Bali Men Weti via Instagram @nusabali_com

Kulineran di Bali harus menyempatkan mencoba Nasi Bali Men Weti yang melegenda mulai tahun 1970an. Satu porsinya berisi nasi, suwiran ayam, telur, urap Bali, dan sambal merah. Harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp20 ribuan. Boleh juga tambah sate lilit seharga Rp5 ribuan per porsi. Kuliner legendaris Indonesia satu ini berada di Jalan Letda. Reta Nomor 52, Dangin Puri Klod, Denpasar.

37. Warung Asri Jambe, Tabanan

Daging tusuk Warung Asri Jambe via Instagram @warung_asri_jambe

Warung Asri Jambe mempunyai menu andalan nasi lawar babi yang disajikan dengan semangkuk sup hangat. Seporsinya dihargai sekitar Rp15ribuan. Tempat makan ini berada di Jalan Jalak Putih Nomor 1, Dajan Peken, Tabanan.

38. Bubur Mandala, Jayapura

Bubur Mandala via Instagram @bubur_mandala

Bubur Mandala dapat dijadikan menu sarapan saat berada di Jayapura. Tempat makan yang berada di kawasan Pasifik Permai Blok G Nomor 7 ini menyajikan bubur dengan taburan daging ayam serta cakwe. Harga seporsi bubur sekitar Rp15 ribuan sampai Rp20 ribuan.

39. RM Nusantara, Jayapura 

Mujair RM Nusantara via Instagram @udihartono_022

Rumah Makan Nusantara mempunyai menu andalan mujair bakar yang dihargai sekitar Rp50 ribuan. Tempat makan ini berada di APO, Bayangkara, Jayapura Utara, Jayapura. Selain dibakar, Teman Traveler bisa mencoba mujair rica-rica yang juga lezat.

40. Rumah Makan Blambangan, Wamena

Udang Selingkuh via Instagram @lets.e47

Udang selingkuh adalah menu yang patut dicoba saat mampir ke Rumah Makan Blambangan. Demi menikmati satu porsi penganan enak tersebut, siapkan budget kira-kira Rp100 ribuan hingga Rp300 ribuan. Tempat makan ini berada di Jalan Trikora Nomor 99, Wamena.

41. Rumah Makan Pangkep, Manokwari

Ikan Bakar Manokwari via Instagram @ivannie293

Kuliner legendaris Indoensia yang bisa masuk daftar saat keliling Papua adalah ikan bakar Manokwari di Rumah Makan Pangkep. Tempat makan ini berada di Jalan Trikora Wosi, Wosi, Manokwari Barat, Manokwari. Teman Traveler bisa datang mulai pukul 12.00.

42. Kue Lontar Prima Garden, Jayapura 

Kue Lontar via Instagram @sukma_aqilah

Teman Traveler bisa menjadikan kue lontar sebagai makanan penutup saat kulineran di Jayapura. Salah satu tempat yang cukup populer adalah Prima Garden Jayapura di Jalan Ahmad Yani Nomor 28, Gurabesi, Jayapura Utara. Jajanan manis ini juga bisa dijadikan oleh-oleh.

43. Warung Artis Kuah Asam Tenau, Kupang

Kuah Asam via Instagram @adeyuniaputeri

Warung Artis mempunyai menu andalan ikan kuah asam Tenau yaitu sup ikan berkuah bening dengan citarasa asam. Tempat makan yang menjadi langganan pejabat ini berada di Jalan M Praja, Alak, Kupang. Lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Tenau. Harga satu porsinya sekitar Rp20 ribuan.

44. Rujak Manis Urip Sumoharjo, Kupang

Rujak Manis Kupang vian Instagram @andanarfruitcafe

Pengin menikmati kuliner manis? Teman Traveler harus cobain rujak manis di Jalan Urip Sumoharjo, Kampung Solor, Kota Lama, Kupang. Satu porsi rujak berisi potongan buah segar disiram saus gula merah Rote kental dicampur tumbukan kacang. Harganya kira-kira Rp10 ribuan.

45. Se’i Babi Baun

Kuliner Legendaris Indonesia
Se’i Babi via Instagram @seiasekata.sei

Se’i Babi Baun berjarak kurang lebih 30 menit berkendara dari pusat Kota Kupang. Kalau biasanya pesan makanan dihitung per porsi, maka di sini hitungannya adalah kiloan. Demi menikmati daging asap khas ini, sediakan budget sekitar Rp200 ribuan per kilogram.

46. Warung Sate dan Gule 10 Oebufu, Kupang

Kuliner Legendaris Indonesia
74 Kuliner Indonesia Sate 10 Oebufu via Instagram @hanifditya

Warung Sate dan Gule 10 Oebufu berada di Jalan W.J. Lelamentik, Oebufu, Oebobo, Kupang. Teman Traveler bisa pilih antara daging ayam atau kambing. Satu porsinya berisi 10 tusuk sate dan lontong dengan harga Rp20 ribuan.

47. Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok Tengah

Kuliner Legendaris Indonesia
Nasi balap puyung inak esun via instagram- @nbpinaqesun1970

Kuliner legendaris Indonesia yang berada di Lombok ada banyak, salah satunya adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Sudah ada semenjak tahun 1973an. Lokasinya berada di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Lombok Tengah.

Satu porsinya berisi nasi putih, suwiran daging ayam berbumbu pedas dengan taburan kedelai goreng serta sambal; disajikan di atas daun pisang. Harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 20 ribuan.

48. Ayam Rarang, Lombok Timur

Kuliner Legendaris Indonesia
Ayam Rarang via instagram @foodjournal_daily

Ayam Rarang merupakan kuliner legendaris Indonesia yang berada di Desa Rarang, Lombok Timur. Tempat makan ini sudah eksis selama sekitar 50 tahunan. Sekilas sajian ayam Rarang mirip dengan ayam Taliwang, hanya saja ia lebih berkuah. Kekhasannya adalah bumbu pedasnya yang menggunakan cabai kering khas Lombok atau disebut juga sebiye gero. Harganya kria-kira Rp35 ribuan per porsi.

49. Ayam Taliwang Ifa, Mataram

Kuliner Legendaris Indonesia
Ayam Taliwang Ifa via Instagram @esternugroho

Ayam Taliwang Ifa juga bisa masuk list kulineran saat berada di Mataram, tepatnya Jalan Selaparang Nomor 66, Mayura, Cakranegara. Teman Traveler dapat menikmati ayam taliwang di sini dengan harga Rp50 ribuan, bisa untuk berdua. Walau tempatnya sederhana namun ia cukup populer.

50. Sate Bulayak Suranadi, Lombok Barat

Kuliner Legendaris Indonesia
sate bulayak via- nstagram Instagram @alimmaheswari-2

Sate bulayak adalah salah satu kuliner legendaris Indonesia yang wajib dicoba saat traveling di Lombok. Melipir saja ke Sate Bulayak Suranadi yang berada di Narmada, Lombok Barat. Bulayak sendiri merupakan sebutan untuk lontong yang dibungkus dengan janur. Teman Traveler bisa menikmati satu porsi sate sapi plus bulayak dengan harga Rp25 ribuan.

51. Plecing Kangkung Majapahit, Mataram

Kuliner Legendaris Indonesia
Plecing Kangkung via Instagram @berbagiresep

Lombok punya sayuran khas yang tidak pernah absen saat menikmati ayam Taliwang yaitu plecing kangkung. Teman Traveler bisa mejajal plecing kangkung di Jalan Majapahit, dekat dengan Kantor Wilayah Perbendaharaan Negara. Biaya yang dikeluarkan untuk menikmasi satu porsi plecing kankung tidak sampai Rp15 ribuan.

52. Sop Konro di Gang BCA, Balikpapan

Sop Konro (c) Travelingyuk/yuniastutik

Rasanya belum ke Balikpapan, kalau tak mencoba Sop Konro. Salah satu food youtubers, Nex Carlos merekomendasikan Sop Konro yang ada di Gang BCA.

Kuliner legendaris Indonesia satu ini sudah terkenal sejak tahun 1984. Meski tempatnya kecil, namun rasa Sop Konro-nya sangat khas dan membuat ketagihan. Kamu bisa temukan di Jl. Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan, Balikpapan.

53. Waroeng Banjar Bahari, Balikpapan

Pisang Epe via Instagram/@dapurbalikpapan

Mirip dengan pisang epe, namun kuliner ini memiliki saus yang berbeda karena memakai gula merah dan potongan nangka. Pisang gapit dalam bahasa Kutai atau Banjar artinya pisang dijepit. Nantinya setelah dijepit, pisang ini akan dibakar untuk mengeluarkan aroma yang menggoda.

Salah satu kuliner pisang gapit yang melegenda adalah Waroeng Banjar Bahari. Berdiri sejak 40 tahun lalu, warung ini beralamat di dekat perempatan antara Jl. Letjen Suprapto dan Jl. Mekar Sari, Balikpapan. Tepatnya berada di sebelah Supermarket Giant Kebun Sayur.  

54. Soto Banjar Kuin Abdhu, Kalimantan Timur

Soto banjar via Instagram/@zenoah_ipay

Sebenarnya Soto Banjar berasal dari suku Banjar, namun karena banyak yang bermigrasi ke Kalimantan Timur maka makanan ini menjadi ciri khas Balikpapan. Salah satu Soto Banjar yang berhasil melegenda adalah Soto Banjar Kuin Abdhu yang terletak di Jl. A. Yani, Gunungsari, Balikpapan.

Penyajian berbeda dengan Soto Banjar lainnya, karena terdapat perkedel singkong dan sate ayam sebagai tambahan. Soto Banjar ini paling pas kalau dimakan bersama ketupat.

55. Nasi Kuning Haji Daud, Balikpapan

Nasi kuning via Instagram/@dapurbalikpapan

Nasi Kuning merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Balikpapan. Lokasi Nasing Kuning Haji Daud ini berada di Jl. Jenderal Suprapto, di samping Kantor Pos Kebun Sayur. Didirikan Haji Daus sejak tahun 1970. Jika ingin mencicipinya kamu harus datang lebih pagi karena biasanya cepat habis. Kamu bisa memilih daging rendang, ikan, ayam, dan telur sebagai lauknya.

56. Warung Kopi Nam Min, Balikpapan

Kopi Nam Min via Instagram/@bpnfoodies

Warung kopi tertua, Warung Kopi Nam Min ini sudah berdiri sejak 1985. Sudah turun temurun, warung ini masih terus buka di jalan Pandan Sari RT 17 No. 32, Balikpapan. Nama Nam Min berasal dari dari Bahasa Mandarin yang berarti pendatang dari Selatan. Sang pemilik ternyata merupakan salah satu pendatang dari Tiongkok.

Jika kamu ingin mencoba sarapan di sini, jangan lupa menikmati kopi bersama camilan, seperti Roti Bakar Srikaya atau Kue Pia. Semunya dibuat fresh dan tanpa bahan pengawet.

57. Mie Tiaw Apollo, Pontianak

Mie Tiaw via Instagram/@mesingiling

Pontianak punya kuliner legendaris yang terkenal yaitu Mie Tiaw Apollo. Mie Tiaw ini berdiri sejak tahun 1986an dan menjadi ikon kuliner Pontianak. Kamu bisa menemukan kuliner legendaris Indonesia ini di Jalan Patimura Nomor 63, Darat Sekip. 

58. Rumah Makan Ayong 999, Pontianak

Nasi telur via Instagram/@dimaspru

Siapa yang tak heran kalau nasi telur saja bisa terkenal? Rumah Makan Ayong 999 ini membuktikannya. Perpaduan nasi hangat serta telur setengah matang akan semakin nikmat dipadukan dengan kecap. Selain itu, ada juga tauge sayur, nasi goreng telur, dan juga kwetiauw goreng telur. Rumah makan Ayong 999 yang terletak di Gang Gajah Mada No. 15.

59. Bubur Ikan Ahian, Pontianak

Bubur Ikan Ahian via Instagram/@kulinerkotapontianak

Berbeda dengan bubur biasanya, Bubur Ikan Ahian ini menggunakan nasi biasa yang diberi potongan ikan fillet dan siraman kuah kaldu ikan. Satu porsi bubur ini sudah bikin kenyang lho. Jadi, jika tak sanggungp menghabiskannya, kamu bisa membungkusnya. Jika ingin sarapan di sini kamu bisa datang ke Jalan WR. Supratman A3/ 27.

60. Es Krim Petrus, Pontianak

Es krim Petrus via Instagram/@willgoz

Pontianak memiliki es krim legendaris yang bernama Es Krim Petrus. Ciri khas Es Krim yang berdiri sejak tahun 1950-an ini adalah menggunakan batok kelapa muda yang masih ada dagingnya sebagai wadah.

Varian rasanya pun cukup beragam mulai dari durian, cempedak, stroberi, nangka, vanila, coklat, dan lain-lain. Lokasinya berada di Jl. Karel Satsuit Tubun, No. 8, Akcaya, Pontianak Selatan, Pontianak, Kalimantan Barat.

61. Le Tau Suan, Pontianak

Le Tau Suan via Instagram/@shearlyhwang_168

Le Tau Suan adalah kuliner legendaris Indonesia dari Pontianak yang terbuat dari kacang hijau kupasan dan disiram dengan kuah kental bening. Biasanya hidangan ini disajikan dengan cakwe goreng yang dipotong kecil-kecil. Untuk menikmatinya kamu bisa datang ke sepanjang jalan Gajahmada Pontianak.

62. Pisang Epe Pantai Losari, Makassar

Pisang Epe Pantai Losari via Instagram @dtiwi57
Pisang Epe Pantai Losari via Instagram @dtiwi57

Saat berkunjung ke Pantai Losari, jangan lupa untuk mencicipi Pisang Epe. Jajanan ini terbuat dari pisang kepok atau pisang raja yang dijepit dan dibakar kemudian diolesi dengan gula aren. Kamu bisa menikmati keindahan sunset dan semilir angin yang sejuk di pantai sambil makan Pisang Epe. Tak hanya warga lokal, turis asing juga tertarik untuk mencicipi pisang terkenal ini.

63. Konro Karebosi, Makassar

Konro Karebosi via Instagram @enaknyong
Konro Karebosi via Instagram @enaknyong

Konro Karebosi berdiri sejak tahun 1968 dan telah membuka cabang di Jakarta dan Surabaya. Menu andalannya adalah konro bakar dan kuah sopnya yang memiliki warna kehitaman. Jika kamu tertarik untuk mencoba kuliner legendaris Indonesia satu ini, bisa datang ke Jalan Gunung Lompobattang, Makassar.

64. Mie Hengky, Makassar

Mie Hengky via Instagram @cerita_kulinerku
Mie Hengky via Instagram @cerita_kulinerku

Melegenda sejak tahun 1980, tak heran Mie Hengky menjadi kuliner primadona di Makassar. Hidangan ini merupakan olahan mie kering dan dicampurkan dengan kuah kental khas. Irisan ayam, hati, dan jamur menjadi pelengkap kelezatannya. Lokasinya terletak di Jalan Nusantara No. 354.

65. Pallubasa Samalona, Makassar

Pallubasa Samalona via Instagram @wahyuwiwoho
Pallubasa Samalona via Instagram @wahyuwiwoho

Pallubasa Samalona ini berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo dan telah berdiri sejak tahun 1970-an. Ciri khasnya adalah dagingnya yang empuk dan kuahnya yang tak terlalu kental sehingga pas di lidah masyarakat. Jika kamu ke Makassar coba yuk mampir ke sini!

66. Rumah Makan Muda-Mudi, Makassar

Rumah Makan Muda-mudi via Instagram @diana_dnc
Rumah Makan Muda-mudi via Instagram @diana_dnc

Kuliner yang diandalkan rumah makan ini adalah Es Pisang Ijo. Rumah Makan Muda Mudi ini berlokasi di Jl. Rusa No. 45 A, Maricaya, Kecamatan Makassar, Kota Makassar. Rumah makan di Makassar satu ini dibangun sejak tahun 1993 yang lalu. Menu andalannya adalah nasi campur dan pisang ijo yang bikin kamu pingin nambah terus.

67. Rumah Es Miangas, Manado

Rumah Es Miangas salah satu rumah es tertua yang berada di kota Manado. Usaha ini berdiri sejak tahun 1970-an. Meski sederhana, namun cita rasanya yang khas selalu membuat pembeli selalu datang. Nama Miangas didapat dari Jembatan Miangas karena memang rumah es ini berada di samping jembatan tersebut. Kamu bisa temukan rumah es ini di Jl. Sudirman 2 No.1, Komo Luar, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. 

68. Rumah Kopi Tikala, Manado

Manado dikenal dengan sebagai gudang kopi di Sulawesi Utara. Salah satu rumah kopi pertama dan tertua di Manado adalah Tikala. Letaknya berada di Jalan Sudirman, Kelurahan Kumarata, Kecamatan Wenang, Manado.

Sejak tahun 1930-an, rumah kopi satu ini masih menjaga citarasa kopinya hingga sekarang. Jika ingin menikmati kopinya, kamu juga bisa memadukannya dengan kue Lalampa dan Panada. 

69. Soto Rusuk Ko Petrus, Manado

Soto rusuk Ko Petrus adalah salah satu kuliner legendaris Indonesia yang terletak di Jalan Achmad Yani No. 24, Karombasan Utara, Sario, Sario Tumpaan, Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara. Soto Rusuk Ba’ ini merupakan sebuah soto yang didalamnya menggunakan daging babi.

70. Tinutuan Wakeke, Manado

Kawasan Wakeke terletak di Jl. Wakeke No.1, Wenang Utara, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Di sana ada sebuah restoran bernama Dego-Dego yang terkenal dan direkomendasikan warga untuk mencicipi tinutuan. Kamu bisa menikmatinya dengan perkedel nike dan sambal roa, sambal khas Manado.

71. Colocolojo, Manado

Apakah kamu pecinta seafood? Jika iya kamu bisa mencoba kuliner Manado yaitu Colocolojo. Colocolojo adalah rumah makan di Manado yang menawarkan aneka hidangan laut segar dengan sambal yang khas. Kamu bisa mencoba ikan bakar dan dabu-dabu di rumah makan ini. Letaknya bisa kamu temukan di Jl. Piere Tendean, Marina Plaza.

72. Nasi Kuning Bagadang, Ambon

Nasi Kuning Bagadang via Instagram @sasmitaedo
Nasi Kuning Bagadang via Instagram @sasmitaedo

Nasi Kuning Bagadang terkenal populer di Ambon. Arti bagadang adalah begadang yang diartikan warungnya baru buka pada malam hari. Jika ingin mencicipinya kamu bisa datang ke kawasan jalan A M Sangadji. Kamu bisa memakannya dengan lauk seperti ikan cakalang, serundeng, bihun goreng, serta sayur kacang panjang.

73. Rumah Kopi Sibu-Sibu, Ambon

Rumah Kopi Sibu-sibu via Instagram @agnessilalahi
Rumah Kopi Sibu-sibu via Instagram @agnessilalahi

Nama kopi ini terbilang memiliki nama yang unik. Arti sibu-sibu adalah sepoi-sepoi. Hal inilah yang membuat kopi ini memiliki nama yang berarti sepoi sepoi. Letaknya berada di Said Perintah, Sirimau, Kel Ahusen, Sirimau, Kota Ambon, Maluku.

73. Rujak Natsepa, Ambon

Rujak Natsepa via Instagram @lingga.lily
Rujak Natsepa via Instagram @lingga.lily

Selain dikenal dengan keindahannya, kuliner Ambon juga tak kalah menarik untuk dicoba. Berbeda dengan rujak biasanya, Rujak Natsepa ini memiliki tambahan ubi jalar di dalamnya. Tak heran kalau rujak ini menjadi favorit wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Kamu pun bisa menikmati rujak ini saat datang ke Pantai Natsepa.

74. Rumah Makan Dua Ikan, Ambon

Rumah Makan Dua Ikan via Instagram @clanirella
Rumah Makan Dua Ikan via Instagram @clanirella

Terletak  di Jl. Wolter Monginsidi No. 1, Lateri, Baguala, rumah makan ini menyajikan menu ikan yang segar. Resto ini bangunannya di atas air sehingga dijuluki sebagai restoran apung. Kamu pun bisa nyaman di sini karena bisa melihat pemandangan Teluk Ambon. Serunya lagi kamu bisa memancing ikan sendiri sehingga kesegarannya terjamin.

Itulah 74 kuliner legendaris Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang wajib Teman Traveler coba. Dari sekian banyak pilihan, kuliner mana nih yang mau kamu coba?

Tags
74 tahun indonesia Indonesia kuliner Kuliner Legendaris
Share