Kuliner Bali Wajib Coba Saat Pertama ke Pulau Dewata, Catat Ya!

Adakah di antara Teman Traveler, yang berencana untuk jelajah kuliner Bali? Selain alamnya yang indah, Pulau Dewata memang punya banyak sajian khas yang menarik untuk dicicipi. Nah, agar kalian tak bingung memilih berikut ada rekomendasi kuliner Bali wajib dicoba.

Semuanya enak dan punya karakter kuat. Mencicipi deretan makanan ini dijamin bakal menyempurnakan petualangan rasa Teman Traveler. Yuk, kita simak bersama apa saja kuliner Bali yang dimaksud.

Nasi Ayam Men Weti (Halal)

men_weti_oH4.jpg
Nasi Ayam Men Weti (c) Daniel Weldy/Travelingyuk

Setelah bangun super pagi untuk mengejar matahari terbit di Sanur, jangan lupa mampir ke Warung Nasi Bali Men Weti. Cicipi mencicipi nasi ayamnya yang begitu legendaris. Yap, itulah menu andalan yang membuat tempat makan satu ini begitu populer.

Warung Men Weti biasanya buka mulai pukul 07.00 sampai habis. Tapi jangan kaget jika sejak pukul 06.30 sudah terlihat banyak orang mengantre di sini.

Tips buat Teman Traveler yang ingin makan di tempat, langsung saja duduk di kursi dan tunggu sampai makanan datang. Lain cerita jika ingin dibungkus, kalian harus ikut antre bersama para driver ojek daring.

Saking legendarisnya, warung yang sudah berjualan sejak 1970 ini sempat diulas oleh salah seorang food vlogger kenamaan, Mark Wiens. Sepiring nasi ayam di sini dibanderol Rp30.000 saja. Jika penasaran, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Jalan Segara Ayu, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar.

Babi Guling Pak Malen (Non Halal)

pak_malen_GhM.jpg
Babi guling (c) Daniel Weldy/Travelingyuk

Buat pecinta kuliner legandaris di Bali seperti babi guling, kedai Pak Malen wajib dikunjungi jika sedang jalan-jalan di Bali. Di sini kalian bisa rasakan sensasi mantap kulit babi crispy dan daging juicy menyatu dalam mulut. Oh ya, jangan lupa pesan sate babinya yang tak kalah fenomenal.

Kedai Pak Malen sangat mudah dijangkau, terutama jika Teman Traveler menginap di sekitaran Seminyak atau Legian. Jika ingin dibawa pulang, tempat ini juga sediakan wadah take away. Pastikan nasi dan sayurannya dipisah agar tidak cepat basi.

Seporsi babi guling komplet di sini dibanderol antara Rp50.000 hingga Rp60.000. Jika tak sabar ingin mencoba, Teman Traveler bisa langsung bergerak ke Jalan Sunset Road No.554, Seminyak, Kuta, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung. Mereka biasanya buka antara pukul 08.30 hingga 19.00.

Tipat Tahu (Halal)

tipat_lY3.jpg
Tipat Tahu (c) Daniel Weldy/Travelingyuk

Selain nasi campur, Bali juga terkenal dengan tipat tahu-nya yang nikmat. Buat Teman Traveler yang belum terlalu familiar, hidangan khas ini sebenarnya hampir mirip ketoprak. Seporsinya terdiri dari ketupat, tahu, telur dadar, bihun, dan siraman bumbu kacang plus kecap manis.

Salah satu penjual tipat tahu terkenal di Bali adalah Warung Tipat Tahu Grenceng. Di sini yang bikin istimewa adalah bumbu kacangnya. Terasa begitu nikmat dan khas. Tahunya juga terasa lembut ketika digigit. Jika Teman Traveler sedang berada di sekitar Denpasar, jangan sampai tidak mampir ke sini.  

Seporsi Tipat Tahu Grenceng dibanderol Rp12.000 saja. Cukup terjangkau bukan? Kedainya sendiri beralamt di Jalan Dr. Sutomo, Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Denpasar, Bali. Mereka beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 20.00.

Bubuh Bali (Halal)

bubuh_bali_Qwp.jpg
Bubuh Bali (c) Daniel Weldy/Travelingyuk

Bubuh Bali merupakan salah satu sarapan favorit warga lokal. Hidangan bubur ini biasanya ditawarkan sekitar pukul 05.00 hingga 19.00. Memang mulai susah menemukannya, apalagi di daerah turis seperti Kuta, Seminyak, dan sekitarnya.  

Bubuh Bali yang sempat saya cicipi ini adalah hasil kreasi Warung Tekso yang ada di sekitaran Jalan Raya Mas, Ubud. Rasanya benar-benar nikmat, sangat cocok untuk mengisi perut di pagi hari. Seporsinya dibanderol Rp15.000, disajikan lengkap dengan bumbu khas Bali, sayur urap, kacang goreng, dan telur rebus. Jika penasaran ingin mencoba, Teman Traveler bisa langsung mampir ke warung yang buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 ini.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner Bali yang patut Teman Traveler coba jika baru pertama kali datang ke Pulau Dewata. Semuanya lezat dan dijamin takkan bikin lidah kecewa. Bagaimana, kalian mau cicipi yang mana dulu nih?

Tags
Bali Indonesia kontributor kuliner bali Travelingyuk
Share